Simak Cara Mengetahui User ID BNI Mobile Banking

4 Cara Mengetahui User ID BNI Mobile Banking, Cepat dan Praktis

Apakah kamu mengalami kesulitan saat login ke BNI Mobile Banking di HP baru karena lupa User ID? Jika iya, mari ikuti panduan dan cara mengetahui User ID BNI Mobile Banking berikut ini.

BNI Mobile Banking adalah aplikasi yang memudahkan nasabah BNI untuk mengelola rekening, bertransaksi, dan mengatur keuangan melalui perangkat seluler.

Namun, untuk mengakses layanan ini, dibutuhkan informasi penting berupa User ID dan password. Jika kamu lupa User ID, simak pembahasan berikut untuk mengatasinya!

Cara Mengetahui User ID BNI Mobile Banking

Cara Mengetahui User ID BNI Mobile Banking

Jika lupa User ID, maka kamu bisa dengan mudah mengetahuinya melalui aplikasi BNI Mobile. Pastikan nomor HP yang terdaftar masih aktif, dan smartphone memiliki koneksi internet yang stabil.

Setelah semuanya siap, ikuti panduan di bawah ini:

1. Buka BNI Mobile

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi BNI Mobile. Setelah itu, di halaman utama, tekan opsi “Lupa User ID” untuk memulai proses pemulihan.

2. Proses Verifikasi

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor rekening dan PIN ATM. Silakan masukkan dengan benar, lalu klik tombol “Lanjut“.

3. Masukkan Kode OTP

Tunggulah sebentar sampai kamu menerima SMS berisi kode OTP dari Bank BNI. Setelah mendapatkannya, masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang tersedia.

4. Tampilan User ID

Setelah verifikasi berhasil, aplikasi akan menampilkan User ID di layar. Gunakan User ID ini untuk login ke akun mBanking. Jangan lupa, catat dan simpan User ID dengan aman sebagai langkah keamanan tambahan, agar membantu jika lupa di kemudian hari.

Cara Membuat User ID BNI Mobile Banking

Cara Membuat User ID BNI Mobile Banking

Salah satu cara untuk membuat User ID BNI mobile banking adalah dengan membuka rekening melalui aplikasi. Setelah itu, kamu perlu melakukan aktivasi agar dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia di BNI mobile.

1. Cara Mendaftar User ID BNI Mobile

Sebelum kamu mendaftar akun, pastikan sudah mengunduh dan menginstal aplikasi BNI Mobile melalui Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi BNI Mobile.
  • Pilih menu “Register”.
  • Isi data dengan benar dan lengkap.
  • Klik “Daftar”.
  • Masukkan kode OTP dari email.
  • Selamat User ID berhasil dibuat.

Untuk pengisian data, harap disediakan informasi seperti nomor rekening, NIK, tanggal lahir, alamat email, nomor kartu debit, PIN kartu debit, pembuatan User ID, serta lokasi. Sementara itu, Kode referral bisa dibiarkan kosong.

2. Cara Aktivasi Akun BNI Mobile

Setelah berhasil mendaftar User ID, langkah berikutnya adalah melakukan aktivasi akun. Dengan mengaktifkan akun, kamu dapat menikmati semua fitur yang disediakan dalam aplikasi BNI Mobile.

Berikut cara melakukan aktivasi akun BNI Mobile:

  • Buka BNI mobile dan masukkan User ID.
  • Isi 8 digit nomor kartu debit, nomor rekening, dan PIN ATM.
  • Terima verifikasi via SMS.
  • Buat MPIN dan Password.
  • Aktivasi berhasil.

Sekarang, kamu bisa menggunakan BNI Mobile Banking untuk berbagai aktivitas transaksi. Mulai dari transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian dan pembayaran online, hingga top up e-money, serta pengecekan saldo dan mutasi rekening.

Tips Aman Bertransaksi dengan BNI Mobile

Setelah mengikuti cara mengetahui User ID BNI Mobile Banking di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar aktivitas menggunakan layanan mobile banking tetap lancar, di antaranya:

1. Jaga Kerahasiaan Akun

Salah satu kunci untuk menjaga keamanan BNI mobile adalah dengan kerahasiaan akun. Pastikan kamu tidak membagikan informasi sensitif seperti nomor rekening, PIN, dan kode keamanan (OTP) kepada siapapun.

Selain itu, hindari menyimpan informasi ini dalam bentuk fisik atau digital yang dapat diakses oleh orang lain. Jika kamu berbagi perangkat, pastikan untuk selalu keluar dari akunmu setelah selesai bertransaksi.

2. Gunakan Koneksi yang Aman

Saat ini, banyak fasilitas umum yang menawarkan Wi-Fi gratis, sehingga mengundang banyak orang untuk menggunakannya. Namun, hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak terenkripsi untuk mengakses layanan perbankan, karena dapat meningkatkan risiko kebocoran data pribadi.

Pastikan bahwa kamu bertransaksi melalui jaringan internet yang aman dan terpercaya. Disarankan untuk menggunakan jaringan pribadi atau Virtual Private Network (VPN) agar menjaga keamanan data selama bertransaksi.

3. Update Aplikasi Secara Berkala

Untuk meningkatkan keamanan layanan pada nasabah, biasanya BNI mobile melakukan pembaruan secara berkala. Oleh karena itu, pastikan kamu rutin mengupdate aplikasi ke versi terbaru, agar akun tetap aman.

Pembaruan perangkat lunak sering kali berisi perbaikan untuk masalah keamanan terbaru. Menggunakan versi terbaru penting untuk melindungi akun kamu dari risiko keamanan, dan juga untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru yang ditawarkan.

4. Cek Aktivitas Transaksi Secara Rutin

Hal lain yang tak kalah penting adalah melakukan pengecekkan transaksi secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua transaksi yang terjadi adalah sah dan sesuai dengan aktivitas transaksi kamu.

Selalu periksa riwayat transaksi secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan atau tidak diakui. Jika kamu menemukan aktivitas yang mencurigakan, segera hubungi layanan pelanggan BNI untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

5. Gunakan Fitur Autentikasi Ganda

BNI Mobile sering kali menawarkan fitur autentikasi ganda, seperti One-Time Password (OTP) yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi. Dengan mengaktifkan fitur ini dapat meningkatkan lapisan perlindungan pada akun kamu.

Autentikasi ganda adalah langkah ekstra setelah memasukkan PIN, yang diperlukan sebelum transaksi dapat dilakukan. Keamanan ini dapat mencegah upaya peretasan akun mobile banking, karena para peretas tidak memiliki akses langsung ke akun kamu.

6. Gunakan Aplikasi Resmi BNI

Meskipun terlihat sederhana, penting bagi pengguna untuk memastikan bahwa kamu menggunakan aplikasi mobile banking yang resmi dari BNI. Hal yang sama berlaku saat kamu mengakses internet melalui laman perbankan.

Dengan melakukan transaksi melalui aplikasi resmi, kamu dapat menjaga keamanan akun dari risiko pembobolan. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk menjamin perlindungan. Pastikan untuk mengunduh BNI Mobile melalui Play Store atau App Store.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan User ID BNI?

User ID BNI merupakan tanda pengenal yang diberikan kepada setiap pengguna layanan BNI, untuk mengidentifikasi dan mengakses akun atau layanan mereka. Biasanya, pengguna diminta untuk membuat kombinasi user ID berupa angka dan huruf sebanyak 7-13 karakter.

2. Bagaimana cara memindahkan m-Banking BNI jika ganti HP?

Jika kamu perlu memindahkan akun BNI Mobile ke HP baru atau HP lain, caranya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunduh kembali aplikasi BNI Mobile, dan melakukan aktivasi ulang menggunakan nomor HP yang sudah terdaftar sebelumnya.

3. Kenapa tidak bisa login ke BNI Mobile Banking?

Ada beberapa alasan mengapa pengguna mengalami kesulitan saat ingin masuk ke BNI Mobile. Beberapa di antaranya adalah belum mengupdate versi aplikasi, salah memasukkan User ID dan MPIN tiga kali, serta gangguan server akibat maintenance.

Kemudahan dan kenyamanan layanan perbankan melalui BNI Mobile dapat memberikan banyak manfaat bagi nasabah. Namun, untuk mengakses layanan ini, memiliki User ID adalah langkah penting.

Jika kamu lupa User ID, jangan khawatir. Dengan mengikuti panduan dan cara mengetahui User ID BNI Mobile Banking di atas, kamu bisa mendapatkan kembali akses ke akun dan mulai menggunakan layanan BNI Mobile Banking.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: