Cara Mengecek Akta Kelahiran Online

3 Cara Mengecek Akta Kelahiran Online Semua Wilayah

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini tentu segalanya terasa jauh lebih mudah. Seperti halnya ketika kamu ingin mengakses data pribadi layaknya akta. Kamu bisa mengecek akta kelahiran secara mudah via online. Tentunya cara mengecek akta kelahiran online amat praktis dilakukan.

Akta kelahiran merupakan sejenis dokumen identitas yang bersifat autentik dan hukumnya wajib dimiliki oleh warga negara Indonesia. Dokumen ini dapat dijadikan sebagai bukti sah mengenai status maupun peristiwa kelahiran dari seseorang.

Namun, seringkali seseorang melupakan dokumen penting ini. Bahkan ketika seseorang membutuhkan data penting di dalamnya, justru ia lupa. Maka dari itu, seseorang perlu mencari tahu akta kelahiran tersebut terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah via online.

Cara Mengecek Akta Kelahiran Online Sudah Terdaftar atau Belum

Akta kelahiran adalah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap WNI. Setelah kamu mempunyai akta kelahiran, barulah berikutnya kamu bisa melakukan pengecekan data yang dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan.

Bagi kamu yang suka lupa akta kelahiran, kini tidak perlu cemas lagi. Sebab, kamu bisa dengan mudahnya mengecek akta kelahiran secara online. Berikut adalah sejumlah cara mengecek akta kelahiran secara online yang perlu kamu tahu.

1. Website Dukcapil

Website Dukcapil

Cara termudah bagi kamu untuk mengecek akta kelahiran adalah melalui website Dukcapil. Cek akta kelahiran online ini sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan akses internet saja. Adapun detail cara yang bisa kamu terapkan untuk cek akta kelahiran online, diantaranya:

  • Silahkan buka terlebih dahulu halaman browser yang ada di PC, laptop maupun perangkat lain yang digunakan.
  • Kemudian, kunjungi situs resmi Dukcapil domisilimu.
  • Pada bagian halaman utama situs Dukcapil tersebut, bisa ketuk opsi Akta Kelahiran.
  • Silahkan isi NIK pada kolom yang tersedia.
  • Jika sudah, nantinya halaman Dukcapil tersebut akan menampilkan data akta kelahiranmu.
  • Silahkan ambil informasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan melalui akta kelahiran tersebut.

2. Email

Email

Siapa bilang cek akta kelahiran online sulit? Selain menggunakan situs resmi Dukcapil, kamu juga bisa cek akta kelahiran online via email. Cara ini terbilang sangat praktis dan mudah dilakukan. Adapun detail cara cek akta kelahiran online via email diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Email yang ada di devicemu.
  • Kemudian, silahkan Login menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Berikutnya, silahkan pilih menu Tulis Email.
  • Lalu, kirimkan email ke alamat Callcenter.dukcapil@gmail.com menggunakan subject Cek Akta Kelahiran.
  • Pada bagian isi email, silahkan input maksud serta tujuan kamu untuk mengirim email. Sampaikan bahwa kamu mau mengecek akta kelahiran. Jangan lupa juga masukkan Nama serta NIK.
  • Berikutnya, jangan lupa klik opsi Kirim.
  • Setelah mengirimkan email tersebut, biasanya kamu akan mendapatkan balasan dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Silahkan tunggu hingga mendapatkan balasan.
  • Jika sudah mendapatkan balasan akta kelahiran, silahkan dapatkan informasi apa saja yang dibutuhkan melalui dokumen penting tersebut.

3. QR Code

Bukan hanya bisa melalui halaman website resmi Dukcapil dan email call center saja. Namun, juga bisa mendapatkan informasi akta kelahiran secara online dengan QR Code. Di zaman serba canggih seperti sekarang ini tentu kamu tidak akan merasa asing dengan yang namanya QR Code.

Cara cek akta kelahiran secara online dengan QR Code sangat mudah dilakukan. Biasanya QR Code terletak pada bagian pojok kanan bawah dari dokumen akta kelahiran yang sudah dicetak. Kode ini merupakan tanda tangan elektronik sebagai bukti keaslian dokumen.

Selain itu, kode tersebut juga bisa sekaligus menjadi pengganti tanda tangan maupun cap tangan basah. Cara mengecek akta kelahiran online dengan QR Code dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana, diantaranya:

  • Silahkan aktifkan terlebih dahulu fitur QR Code yang terdapat di ponselmu.
  • Lalu, kamu bisa menghubungkannya dengan alamat website www.dukcapil.kemendagri.go.id.
  • Apabila akta kelahiran tersebut asli, maka nantinya akan muncul tanda centang hijau.
  • Akan tetapi, apabila dokumen akta kelahiran tersebut palsu, maka nantinya akan muncul tanda centang merah.

Rekomendasi Aplikasi Cek Akta Kelahiran Online

Sekarang ini segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah lewat online. Termasuk salah satunya tentu saja untuk cek akta kelahiran. Cara cek no akta kelahiran online dapat kamu lakukan menggunakan sejumlah aplikasi terpercaya. Salah satunya adalah aplikasi Dukcapil.

Selain aplikasi tersebut tentunya masih ada begitu banyak aplikasi online yang dapat dipakai untuk cek akta kelahiran. Jadi, hanya dengan menggunakan satu perangkat saja, kamu bisa cek akta kelahiran dengan sangat mudah.

1. Dukcapil Online

Dukcapil Online menjadi sebuah aplikasi yang bisa mempermudah kamu untuk cek akta kelahiran online. Aplikasi ini akan memberikanmu pengarahan serta informasi yang cukup jelas guna menemukan akta kelahiranmu.

2. VeryDS

Bukan hanya Dukcapil Online saja, kamu juga dapat cek akta kelahiran lewat VeryDS. Sebetulnya ini merupakan barcode yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan khususnya dokumen penting. Cara cek akta kelahiran online Jember ini dipakai untuk membuktikan legalitas Adminduk.

3. Sobat Dukcapil

Sobat Dukcapil juga dapat diandalkan untuk cek akta kelahiran online. Cara cek akta kelahiran online Kabupaten Tangerang ini dapat kamu lakukan dengan sangat mudah. Hanya dalam satu genggaman saja, bisa cek tentang keaslian akta kelahiran.

4. E-Open

Bagi masyarakat Bekas yang ingin mengecek akta kelahiran online bisa langsung menggunakan e-Open. Ini dapat menjadi alternatif cara cek akta kelahiran online Kabupaten Bekasi yang sangat mudah dan praktis digunakan. Penasaran? Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi ini sekarang.

5. ALPUKAT Betawi

Cara cek akta kelahiran online Jakarta dapat dilakukan dengan cara praktis via ALPUKAT Betawi. Sedikit unik namanya, namun fungsinya juga sama seperti aplikasi cek dokumen penting lainnya di kota-kota Indonesia lainnya. Jangan lupa untuk input NIK agar bisa cek akta kelahiran onlinemu.

6. Si Apel Malang

Persis seperti namanya, Si Apel Malang adalah alternatif cara cek akta kelahiran online Malang. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengecek akta kelahiranmu secara mudah dan praktis. Cukup tambahkan NIK saja dan silahkan lihat akta kelahiranmu.

7. E-Dukcapil Karawang

Jika kamu merupakan masyarakat Karawang yang juga ingin mengecek akta kelahiran, maka cobalah untuk menggunakan E-Dukcapil Karawang. Aplikasi ini juga dapat menjawab pertanyaan bagaimana cara cek akta kelahiran anak online. Pastikan kamu sudah menginput NIK terlebih dahulu.

8. Moci Legit Sukabumi

Untuk kamu yang berdomisili di Sukabumi dan berkeinginan cek akta kelahiran secara online, maka silahkan pakai aplikasi Moci Legit Sukabumi. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk cara cek no registrasi akta lahir. Cek akta kelahiran tersebut apakah asli atau palsu.

Apakah kamu mengalami kesulitan untuk cek akta kelahiran online? Cobalah terapkan beberapa rekomendasi cara di atas. Pastinya cara mengecek akta kelahiran online tidak sesulit yang kamu bayangkan. Bahkan tiap-tiap daerah juga memiliki aplikasi cek akta kelahiran tersendiri.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: