Cara Mendinginkan HP yang Panas dengan Mudah dan Cepat

7 Cara Mendinginkan HP yang Panas Saat Dipakai & Main Game

HP yang panas tidak hanya membuat kinerja smartphone menurun, tetapi juga dapat merusak komponen di dalamnya, seperti baterai, chipset, atau layar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mendinginkan HP yang panas dengan cepat dan mudah

HP yang panas adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone, terutama saat menjalankan aplikasi atau game yang berat, menonton video streaming, atau menggunakan jaringan data.

Pentingnya menjaga HP agar bertahan lama dan tidak rusak salah satunya dengan melakukan cara-cara untuk mendinginkannya ketika panas. Apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

Faktor-Faktor yang Menyebabkan HP Panas

Faktor-Faktor yang Menyebabkan HP Panas

Sebelum mengetahui cara mendinginkan HP yang panas, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan HP panas, antara lain:

1. Main game terlalu lama

Game-game berat seperti PUBG atau Free Fire membutuhkan kinerja GPU yang tinggi, sehingga membuat HP cepat panas. Selain itu, game-game ini juga menguras baterai dengan cepat, yang juga dapat meningkatkan suhu HP.

2. Menggunakan aplikasi streaming terlalu lama

Aplikasi streaming seperti YouTube, Netflix, atau Spotify juga membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, yang dapat membuat HP cepat panas. Selain itu, aplikasi streaming juga memutar video atau audio dengan kualitas tinggi, yang membutuhkan kinerja CPU dan RAM yang tinggi.

3. Pengaturan yang belum optimal

Pengaturan HP yang belum optimal juga dapat membuat HP cepat panas, misalnya kecerahan layar yang terlalu tinggi, volume suara yang terlalu besar, atau mode hemat baterai yang tidak aktif. Pengaturan ini dapat membuat HP bekerja lebih keras dan menghasilkan panas lebih banyak.

4. Suhu lingkungan yang panas

Suhu lingkungan yang panas juga dapat mempengaruhi suhu HP, misalnya saat HP terkena sinar matahari langsung, diletakkan di atas permukaan yang panas, atau berada di dalam ruangan tanpa AC. Suhu lingkungan yang panas dapat membuat HP sulit mendingin dan beresiko rusak.

Cara Mendinginkan HP yang Panas dengan Mudah dan Praktis

Cara Mendinginkan HP yang Panas dengan Mudah dan Praktis

Untuk mengatasi masalah HP panas, berikut adalah beberapa cara untuk mendinginkan HP yang panas dengan mudah dan cepat:

1. Tutup semua aplikasi yang berjalan

Cara pertama untuk mendinginkan HP yang panas adalah dengan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Aplikasi-aplikasi ini dapat membuat HP bekerja terus-menerus dan menghasilkan panas lebih banyak.

Untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, kamu bisa membuka menu recent apps dan memilih close all. Jika ada aplikasi yang masih berjalan meskipun sudah ditutup, kamu bisa memaksanya berhenti melalui menu settings > apps > force stop.

2. Matikan HP sementara waktu

Cara kedua untuk mendinginkan HP yang panas adalah dengan mematikan HP sementara waktu. Mematikan HP dapat membantu mengistirahatkan chipset dan baterai dari beban kerja yang berlebihan.

Selain itu, mematikan HP juga dapat membuat kinerja HP menjadi lebih segar saat dinyalakan kembali. Kamu bisa mematikan HP selama beberapa menit atau sampai suhu HP kembali normal.

3. Lepas case atau sarung HP

Cara mendinginkan HP yang panas ketiga adalah dengan melepas case atau sarung HP. Case atau sarung HP dapat menghalangi sirkulasi udara di sekitar bodi HP, sehingga membuat suhu HP menjadi lebih tinggi.

Dengan melepas case atau sarung HP, kamu bisa membantu mendinginkan HP dengan lebih cepat dan mudah.

4. Jangan Gunakan Mobile Data dari Katu Seluler

Cara keempat untuk mendinginkan HP yang panas adalah dengan menghindari penggunaan jaringan data dari kartu seluler. Jaringan data dari kartu seluler dapat membuat antena dan modem HP bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, sehingga membuat suhu HP menjadi lebih tinggi.

Jika kamu ingin menggunakan internet saat HP panas, kamu bisa menggunakan jaringan Wi-Fi atau hotspot dari perangkat lain yang lebih stabil dan hemat baterai.

5. Gunakan aplikasi pendingin HP

Cara kelima untuk mendinginkan HP yang panas adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin HP. Aplikasi pendingin HP adalah aplikasi yang dapat membantu mengoptimalkan kinerja HP dan mengurangi suhu HP.

Aplikasi ini mendinginkan HP dengan cara membersihkan cache, mematikan aplikasi yang tidak digunakan, atau menurunkan kecerahan layar. Beberapa contoh aplikasi pendingin HP yang bisa kamu gunakan adalah Cooler Master, Phone Cooler, atau Cooling Master.

Berikut langkah-langkah mendownload dan menggunakan aplikasi tersebut:

  • Buka Google Play Store di HP kamu dan ketik nama aplikasi pendingin HP yang kamu inginkan, misalnya Cooling Master, Super Cooler, atau Smart Cooler. Kamu bisa melihat deskripsi, fitur, ulasan, dan peringkat aplikasi sebelum memilihnya.
  • Pilih aplikasi pendingin HP dan klik tombol Install. Tunggu sampai proses menginstall aplikasi selesai dan pilih tombol open untuk membukanya.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur penggunaannya. Biasanya, aplikasi akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur di HP kamu, seperti suhu, CPU, RAM, baterai, dan lain-lain. Berikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik.
  • Setelah itu, kamu bisa melihat suhu HP saat ini dan aplikasi-aplikasi yang menyebabkan HP panas. Kamu bisa memilih untuk menutup atau mengoptimalkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan menekan tombol yang tersedia, misalnya Cool Down, Optimize, atau Boost.
  • Selain itu, kamu juga bisa mengubah pengaturan aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu, misalnya mengaktifkan mode hemat baterai, mengatur interval pendinginan, atau mengubah tema tampilan.
  • Gunakan aplikasi secara rutin untuk mencegah HP kamu menjadi panas dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

6. Gunakan aksesoris pendingin HP

Cara mendinginkan HP yang panas dengan optimal adalah dengan menggunakan aksesoris pendingin HP. Aksesoris pendingin HP adalah aksesoris yang dapat membantu mendinginkan HP dengan cara memberikan hembusan udara atau cairan pendingin ke bodi HP.

Beberapa contoh aksesoris pendingin HP yang bisa kamu gunakan adalah phone cooler, cooling pad, atau cooling fan. Sudah banyak orang yang mencoba cara ini dan ampuh untuk mendinginkan HP ketika panas, kamu bisa membuktikannya sendiri.

7. Bawa ke service center

Cara ketujuh untuk mendinginkan HP yang panas adalah dengan membawa HP ke service center. Jika cara-cara di atas tidak berhasil mendinginkan HP yang panas, maka kemungkinan ada kerusakan pada komponen di dalam HP, seperti baterai, chipset, atau layar.

Untuk memperbaiki kerusakan ini, kamu perlu membawa HP ke service center resmi atau terpercaya agar mendapatkan perawatan yang tepat dan profesional.

Penutup

HP seringkali panas setelah digunakan terlalu lama atau digunakan dengan aplikasi yang berat. Bisa juga dikarenakan suhu ruangan yang sedang panas sehingga HP pun menjadi panas. HP yang sering panas bisa menyebabkan beberapa kerusakan jika dibiarkan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mendinginkan HP yang panas dengan ampuh melalui beberapa cara diatas. Pilihlah salah satu atau gunakan semua cara tersebut agar lebih optimal dalam mendinginkan suhu HP kamu.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: