2 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Sudah dan Belum Dibayar

Saat berbelanja, pembeli seringkali merasa salah pilih atau tiba-tiba tidak ingin membeli barang tersebut. Lalu, langkah yang diambil adalah membatalkannya. Hal yang sama jika berbelanja di toko online, cara membatalkan pesanan di TikTok juga bisa dilakukan jika kamu berubah pikiran.

Terdapat langkah-langkah tertentu untuk melakukan pembatalan pesanan di setiap platform e-commerce. Namun, kamu juga tidak bisa seenaknya memesan lalu membatalkan tanpa alasan yang benar-benar akurat dan bisa dipercaya. Hal ini karena penjual bisa menolak pengajuan tersebut.

Pemilik bisnis akan menerima pengajuan pembatalan jika dinilai hal tersebut sesuai dengan syarat yang berlaku. Akan tetapi, akan menolak jika dianggap kelalaian pembeli itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dan pertimbangan yang penuh saat memutuskan untuk berbelanja online.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok

Saat memesan produk di aplikasi TikTok, terdapat beberapa metode pembayaran. Misalnya, membayar langsung atau membayar nanti (COD). Jika kamu ingin melakukan pembatalan pesanan, maka caranya pun akan berbeda-beda. Nah, berikut terdapat cara membatalkan pesanan di TikTok.

1. Pesanan Belum Dibayar

Berbelanja di TikTok memang membuat cenderung membuat ketagihan karena kemudahan prosesnya. Ketika kamu sudah memilih suatu produk dan klik tombol “Buy”, maka secara otomatis pesanan tersebut masuk ke penjual. Lalu, bagaimana jika kamu merasa ingin membatalkan?

Pesanan yang belum dibayar dapat dibatalkan dengan mudah melalui aplikasi tanpa membutuhkan banyak cara. Apalagi, jika penjual atau seller belum melakukan packing atau mengirim barang tersebut. Nah, langkah-langkah dalam melakukan pembatalan pesanan dalam kondisi tersebut yaitu:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Pilih halaman “Profil
  • Klik opsi “Pengaturan dan Privasi
  • Lanjutkan dengan memilih bagian “Pesanan
  • Cari produk yang ingin kamu batalkan pembeliannya
  • Pilih “Untuk Dikirim” atau “Belum Dibayar
  • Klik “Batal
  • Tulis “Alasan Pembatalan Pemesanan” produk
  • Klik “Kirim

Setelah mengirim permohonan pengajuan pembatalan, informasi tersebut akan diteruskan ke penjual. Hal ini tergantung sudah sejauh mana penjual memproses pesanan kamu. Jika barangnya belum dikirim dan alasannya disetujui, maka penjual akan segera menerima pembatalan itu.

Akan tetapi, jika keputusan untuk membatalkan pesanan memiliki rentang waktu yang cukup dan penjual sudah menyerahkan barang ke ekspedisi, maka tidak bisa dihentikan lagi. Pembatalan pemesanan bisa dilakukan, namun pasti barangnya akan tetap terkirim ke alamat kamu.

2. Pesanan Sudah Dibayar

Masalah lain yang sering ditemui saat berbelanja di TikTok adalah ingin membatalkan pesanan setelah membayarnya. Hal ini biasanya disebabkan karena berbagai hal, terutama kekeliruan pengguna dalam memilih produk. Nah, cara membatalkan pesanan di TikTok tergolong lebih rumit dari sebelumnya.

Alasannya karena kamu sudah mengirim uang dan proses pengembaliannya tidak bisa dilakukan dengan cepat. Pengguna atau pembeli harus mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak TikTok. Untuk aturan pembatalan pesanan, kamu bisa melihat cara-cara di bawah ini.

  • Buka aplikasi TikTok
  • Cek bagian “Pesanan
  • Pilih opsi “Sudah Dibayar
  • Cari jenis produk yang batal untuk dibeli
  • Buka halaman “Penjual (Toko)
  • Klik “Hubungi Penjual
  • Jelaskan alasan pembatalan pesanan kamu
  • Hubungi customer service TikTok

Jika barang yang ingin dibatalkan pembeliannya sudah dibayar, maka keputusannya ada di tangan penjual. Tugas kamu adalah memberikan penjelasan secara lengkap mengapa membatalkan pesanan dan bangun komunikasi yang baik dengan penjual atau admin yang memegang akun tersebut.

Setelah penjual setuju dengan alasan pembatalan pemesanan kamu, selanjutnya hubungi customer service. Kirimkan permintaan pembatalan produk pesanan beserta alasannya secara lengkap. Namun, kamu harus menunggu hingga pihak TikTok memberikan konfirmasi.

Alasan Pembatalan Pesanan di TikTok

Keputusan untuk membatalkan pesanan yang sudah di cek out di TikTok ada bermacam-macam. Sebagian besar dari penyebab dari pembatalan tersebut terletak pada pengguna yang kurang teliti. Nah, adapun beberapa alasan mengapa pembeli membatalkan pesanan di TikTok yaitu:

Salah Pilih Ukuran

Sebagian besar pengguna melakukan pembatalan pesanan karena salah memilih ukuran. Oleh karena itu, kamu wajib untuk memperhatikan ukuran yang sudah dicantumkan oleh penjual sehingga produk yang dipilih nantinya benar-benar pas.

Hal ini sebenarnya bisa diatasi jika pengguna menghubungi penjual untuk mengirimkan barang dengan ukuran yang berbeda. Namun, jika kamu tidak berhasil menghubungi, maka pembatalan pesanan adalah cara yang paling efektif untuk dilakukan dalam kondisi tersebut.

Voucher Diskon Tidak Berlaku

Kekeliruan selanjutnya yang sering terjadi pada pembeli adalah gagal menggunakan voucher diskon namun sudah terlanjur memilih tombol pesan. Alhasil, harga yang harus kamu bayar adalah normal tanpa adanya potongan harga atau bahkan menjadi lebih dari harga tersebut.

Setiap voucher diskon biasanya memiliki syarat dan ketentuan sendiri agar bisa digunakan. Pembeli yang bisa menggunakan voucher tersebut hanya yang memenuhi persyaratan. Dengan kata lain, jika kamu gagal mendapatkan diskon berarti tidak memenuhi persyaratan tersebut.

Waktu Pengiriman Terlalu Lama

Setiap membeli produk di TikTok akan terlihat estimasi waktu penerimaan barang. Sayangnya, pembeli seringkali mengabaikan hal tersebut saat memesan sehingga melakukan check out secara terburu-buru. Lalu, setelah memesan baru menyadari bahwa waktunya sangat lama.

Oleh karena itu, pembeli akhirnya mengambil keputusan untuk membatalkan pesanan produk tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut terjadi kemudian, cek setiap ekspedisi yang bisa mengantar produk dengan perkiraan waktunya masing-masing, lalu pilih sesuai keinginan.

Cara Menghindari Kesalahan Pesanan di TikTok

Cara Menghindari Kesalahan Pesanan di TikTok

Melakukan pembatalan pemesanan secara terus menerus merupakan hal yang kurang bagus dan membuat TikTok berpotensi untuk memblokir akun kamu. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting saat akan berbelanja, seperti:

Membaca Deskripsi Produk Dengan Baik

Setiap barang yang ditawarkan penjual di TikTok memiliki deskripsi masing-masing. Deskripsi tersebut menjelaskan ukuran, fungsi, jenis, varian, warna, harga, dan hal-hal penting terkait produk tersebut. Pastikan kamu membaca dan memahami deskripsi produk sebelum membelinya.

Membaca Ulasan Pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk menilai apakah suatu produk yang dijual oleh toko tertentu memiliki kualitas yang baik adalah dengan membaca ulasannya. Dengan membaca ulasan, kamu akan tahu pendapat orang-orang yang sudah lebih dulu membeli produk yang kamu inginkan.

Jika mereka memberikan penilaian yang bagus, maka akan meningkatkan kepercayaan kamu untuk membeli. Akan tetapi, jika banyak pelanggan yang merasa kecewa atau bahkan memberikan bintang yang sedikit, maka kamu harus lebih mempertimbangkan lagi produk tersebut.

Bertanya Pada Penjual

Jika deskripsi produk yang ditampilkan kurang memberikan informasi, kamu bisa bertanya langsung kepada penjual. Pilih menu “Hubungi Penjual” untuk bertanya lebih lengkap tentang produk yang ingin dibeli. Cari informasi yang kamu butuhkan sehingga merasa perlu membelinya.

Berbelanja di TikTok memang tergolong mudah sehingga membuat orang-orang kecanduan. Akan tetapi, kesalahan pemilihan produk seringkali membuat kamu harus membatalkan pesanan. Jika terjadi demikian, maka harus mengikuti cara membatalkan pesanan di TikTok sesuai arahan aplikasi.

Baca Juga: