Inilah Cara JNE Ambil Barang di Rumah yang Jarang Diketahui

Ini Cara JNE Ambil Barang di Rumah (Pick Up) dan Syaratnya

Ingin mengirimkan barang menggunakan jasa dari JNE tapi tidak sempat mengantarkannya ke counter? Anda bisa menggunakan layanan jemput barang di rumah. Namun masih banyak yang belum memahami bagaimana cara JNE ambil barang di rumah.

Jika Anda memang membutuhkan layanan penjemputan barang di rumah, silakan simak informasi pada artikel ini. Akan dijelaskan mengenai persyaratan, tata cara, dan hal detail lainnya mengenai penjemputan barang di rumah oleh JNE.

Adakah Cara Mengirim Paket JNE dari Rumah?

Adakah Cara Mengirim Paket JNE dari Rumah?

Di tengah persaingan dengan jasa ekspedisi lainnya, JNE sepertinya harus meningkatkan layanannya. Pasalnya, perusahaan ekspedisi yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini sampai sekarang belum memiliki layanan jemput paket ke alamat pelanggan.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan pelanggan jika ingin mengirimkan barang melalui JNE adalah mengantarkannya langsung ke counter. Meski tidak ada layanan pick up paket ke rumah, sebagian counter menawarkan pengiriman dengan cara JNE ambil barang di rumah secara mandiri.

Hal ini dilakukan oleh sebagian counter tersebut sebagai upaya untuk bersaing dengan ekspedisi lain yang sudah semakin banyak jumlahnya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa tidak semua counter JNE menyediakan layanan penjemputan.

Untuk mengetahui apakah counter melayani penjemputan barang ke alamat atau tidak, sebaiknya Anda tanyakan langsung kepada counter yang bersangkutan. Jika memang melayani penjemputan barang, Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk mempermudah pengiriman paket.

Terkadang, layanan jemput paket JNE justru ditawarkan oleh kurir yang sudah menjadi langganan konsumennya. Namun perlu diingat bahwa JNE sendiri tidak secara resmi menyediakan jasa pick up paket ke alamat pengirim.

Langkah-langkah Cara JNE Ambil Barang di Rumah

Langkah-langkah Cara JNE Ambil Barang di Rumah

Kalau counter atau kurir JNE langganan Anda menyediakan jasa ambil barang atau jemput paket ke rumah, hal ini jelas memberikan keuntungan karena lebih praktis. Mari simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempersiapkan barang kiriman tersebut.

1. Packing Barang yang Akan Dikirim

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah mempersiapkan barang yang akan dikirim. Sebagai contoh, Anda mendapatkan pesanan sebanyak 10 barang, maka pastikan Anda sudah packing dengan rapi sebelum kurir JNE datang ke rumah.

Pastikan bahwa seluruh barang sudah dipacking dengan aman agar tidak rusak selama pengiriman. Bila perlu, lapisi bubble wrap dan kardus tambahan untuk melapisi barang-barang yang rentan rusak. Khusus untuk pengiriman barang elektronik, sangat disarankan untuk menggunakan packing kayu.

Packing kayu bisa ditambahkan sendiri oleh pelanggan. Tapi kalau tidak memiliki materialnya, pihak JNE akan menyediakan packing kayu ini dengan biaya tambahan tertentu.

Perlu dicatat bahwa ada barang-barang yang tidak boleh dikirimkan melalui JNE, contohnya seperti narkotika, barang yang mudah terbakar dan meledak, senjata tajam/api, dan barang lain yang dilarang oleh undang-undang.

2. Tuliskan Alamat Tujuan

Kalau barang sudah dipacking dengan aman, pastikan bahwa Anda tidak lupa untuk menuliskan alamat tujuan secara lengkap pada kemasan paling luar paket. Setidaknya ada 3 informasi penting yang wajib Anda cantumkan, yaitu nama penerima, nomor HP, sekaligus alamat lengkapnya.

Lain halnya jika Anda menggunakan resi otomatis dari marketplace. Untuk hal ini, Anda bisa menuliskan nomor resinya saja pada bagian luar paket untuk selanjutnya diinput dan dicetak resinya oleh petugas JNE.

Sebelum barang diserahkan ke kurir, pastikan bahwa Anda sudah memeriksa kembali detail alamat dan data penerima pada paket. Hal ini wajib dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pengiriman atau pengantaran barang tersebut.

3. Hubungi Kurir

Saat barang sudah siap, Anda bisa langsung menghubungi kurir atau counter JNE yang sudah menjadi langganan. Kurir pun akan segera datang dan mengambil barang-barang Anda untuk dibawa ke counter JNE terdekat.

4. Dapatkan Resi dan Lakukan Pembayaran

Ketika barang sudah dijemput oleh kurir dan dibawah ke counter JNE, petugas yang bersangkutan pun akan segera menginput data tersebut ke sistem. Ongkos kirim atau biaya yang harus dikirimkan oleh pelanggan pun akan diketahui setelah proses input data dilakukan.

Karena JNE sendiri tidak menyediakan layanan jemput paket secara resmi, maka Anda bisa membayar ongkir dengan metode yang sudah disepakati bersama counter atau kurir terkait. Misalnya dengan sistem deposit atau transfer setiap kali transaksi.

Jika pembayaran sudah dilunasi, Anda akan mendapatkan nomor resi dari petugas. Biasanya, nomor resi ini akan dikirimkan melalui chat.

5. Pantau Perjalanan Paket

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memantau perjalanan paket hingga sampai ke tangan penerima. Untuk memantaunya, Anda bisa menggunakan website resmi JNE. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi my JNE karena resi akan otomatis masuk di akun Anda.

Dapat disimpulkan bahwa cara JNE ambil barang di rumah ini dilakukan berdasarkan kesepakatan antara konsumen dengan kurir atau counter langganan. Saat ini banyak konsumen JNE yang berharap bahwa perusahaan ini akan segera melayani penjemputan paket ke rumah secara resmi.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: