Cara Daftar Gofood Rumahan, UMKM, dan Perusahaan Besar

Layanan pesan antar makanan Gofood memang punya banyak peminat, tidak hanya pengguna Gojek, tapi juga UMKM dan franchise besar. Untuk kamu yang tertarik memasarkan produk makanan via Gojek, berikut adalah cara daftar Gofood yang bisa kamu lakukan.

Ada banyak kemudahan yang akan mitra dapatkan jika bergabung di Gofood, misalnya kemudahan berbisnis tanpa menyewa toko khusus. Kamu pun bisa menjangkau pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas dengan bantuan aplikasi.

Syarat untuk Mendaftar Gofood

Syarat untuk Mendaftar Gofood

Guna menghindari adanya kerugian di pihak Gojek atau pengguna, Gojek mengatur syarat pendaftaran mitra Gofood, diantaranya adalah:

1. Syarat untuk Usaha Sendiri atau UMKM

  • Bentuk usaha yang bisa tergabung dalam mitra Gofood adalah outlet aktif yang menjual makanan atau minuman. Jenisnya bisa apa saja, boleh kafe, restoran, home industri, kedai, warung, dan lainnya.
  • Harus menyertakan email dan nomor HP pemilik usaha yang masih aktif, lengkap dengan alamat dan nomor telepon milik outlet.
  • Mempersiapkan dokumen pendukung, berupa KTP, nomor rekening pemilik usaha, NPWP, laman e-banking, rekening koran dan sejenisnya.

2. Syarat untuk Perusahaan atau Badan Usaha

Berbeda dengan UMKM, cara daftar Gofood untuk badan usaha jauh lebih kompleks, beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi antara lain:

  • Bentuk usaha merupakan outlet yang masih aktif menjual makanan atau minuman, bisa berupa kafe, home industri, restoran, franchise makanan, dan masih banyak lagi.
  • Menyertakan nomor HP dan email yang masih aktif milik direktur atau wakil dari badan usaha. Outlet juga diharuskan menyertakan alamat lengkap serta nomor telepon resmi.
  • Dokumen yang perlu disiapkan berupa KTP WNI atau KITAS WNA direktur, surat kuasa asli yang ditanda tangani direktur perusahaan sesuai akta, dokumen izin usaha, akta pendirian, serta NPWP perusahaan.
  • Dokumen tambahan lainnya adalah nomor rekening perusahaan untuk pencairan dana, buku tabungan, rekening koran, atau laman e-banking.

Cara Daftar Gofood agar Langsung Diterima

Jika sudah menyiapkan berkas dan syarat yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah cara daftar Gofood usaha rumahan atau perusahaan. Untuk menghindari kemungkinan ditolak, kamu bisa mengikuti langkah langkahnya berikut ini.

1. Langkah Registrasi

Langkah awal untuk mendaftar Gofood adalah registrasi, prosesnya bisa dilakukan dengan aplikasi Gobiz milik Gojek. Aplikasi tersebut bisa kamu temukan di Play Store atau App Store, aplikasinya juga tidak dipungut biaya atau gratis dalam pemakaiannya.

Di tahap registrasi, mitra Gofood akan diminta melengkapi syarat daftar Gofood dengan melampirkan data diri maupun dokumen pendukung. Apabila nanti ada kekeliruan dalam dokumen atau data badan usaha, pihak Gojek Gofood akan memintamu melengkapinya.

  • Unduh aplikasi Gobiz terlebih dahulu, setelah itu pasang di perangkat yang kamu gunakan.
  • Buka aplikasi Gobiz dan klik opsi Daftar Gobiz.
  • Pilih jenis pendaftaran sesuai dengan usaha yang kamu lakukan, ada pilihan usaha milik pribadi, usaha milik perusahaan, atau tambah outlet kalau kamu pemilik usaha dan sedang ingin menambahkan outlet baru.
  • Masuk ke halaman isi data pemilik dan lengkapi data yang diperlukan, pastikan semua data benar dan masih aktif digunakan.
  • Jika sudah selesai, silahkan pilih kirim data pemilik untuk melanjutkan.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan kode OTP verifikasi lewat SMS, silahkan konfirmasi OTP SMS yang masuk.
  • Isi dan kirimkan data usaha lanjutan, setelah semua selesai, kamu bisa centang opsi Verifikasi Data Usaha Saya.
  • Akan muncul pop up yang menampilkan konfirmasi, pastikan data milikmu sudah sesuai sebelum mengirimkannya.

Nomor HP yang kamu masukkan dalam proses registrasi harus aktif karena akan digunakan untuk menerima pesan pendaftaran. Tidak ada biaya daftar Gofood yang harus kamu bayar dalam tahapan ini,

2. Verifikasi Data Usaha

Jika kamu sudah menyelesaikan pendaftaran lewat aplikasi Gobiz, langkah selanjutnya adalah menunggu verifikasi data usaha, biasanya berlangsung tidak lebih dari 2 hari kerja. Apabila Gojek Gofood menyetujui usahamu, kamu akan mendapatkan notifikasi via aplikasi Gobiz atau email.

Ketika outet milikmu sudah disetujui, kamu akan melanjutka ke tahapan selanjutnya, yakni melanjutkan proses aktivasi. Aplikasi Gobiz akan langsung mengarahkanmu untuk melengkapi berbagai data diri tambahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tahapan ini.

Tapi bagaimana jika pengajuan outlet milikmu ditolak? Kamu tidak perlu melakukan cara daftar Gofood lagi, tapi hanya melengkapi atau menambahkan data yang benar sesuai kebijakan Gofood. Untuk melakukan perbaikan verifikasi, kamu bisa ikuti langkah mudah berikut ini:

  • Pilih menu Perbaiki Data Usaha, kemudian lihat alasan kenapa outlet yang kamu ajukan di tolak.
  • Segera perbaiki data diri atau penuhi syarat yang belum kamu unggah, kamu akan diberi batas waktu 14 hari dengan perbaikan maksimal 3 kali. Jika dalam jangka waktu tersebut tak ada perbaikan, maka informasi data outlet yang kamu masukkan sebelumnya akan dihapus.

3. Melakukan Aktivasi Layanan pada Gobiz

Langkah terakhir dalam cara daftar Gofood 2023 adalah melakukan aktivasi layanan untuk Gobiz. Aktivasi layanan hanya bisa kamu lakukan jika data yang kamu unggah sebelumnya berhasil di verifikasi oleh pihak Gojek Gofood. Proses aktivasinya berbeda, disesuaikan dengan pilihan layanannya.

Misalnya untuk layanan Gopay, proses aktivasi berlangsung maksimal 7 hari kerja, sedangkan untuk layanan Gokasir hanya perlu menunggu aktivasi 1 hari kerja. Berbeda dengan layanan Gofood, nantinya kamu perlu proses aktvasi dan verifikasi selama 2 hari kerja setelah melengkapi data yang diperlukan.

Ketika kamu sudah menyelesaikan layanan aktivasi yang Gobiz minta, maka status outlet milikmu akan berubah menjadi Sudah Aktif. Ketika sudah aktif, maka kamu bisa langsung menjalankan aplikasi Gobiz untuk mengelola dan menjalankan usaha.

Kenapa Pengajuan Outlet Ditolak dan Cara Mengatasinya

Cara daftar Gofood di iPhone atau di Android sebenarnya sama saja, yakni menggunakan aplikasi Gobiz. Tapi bagaimana jika pengajuan outlet ditolak atau ditangguhkan oleh pihak Gofood? Kemungkinan ini adalah alasannya dan langkah terbaik untuk mengatasinya.

1. Data Ditolak

Apabila tertulis bahwa data ditolak dalam aplikasi Gobiz, besar kemungkinan data yang kamu cantumkan tak sesuai ketentuan. Cek dan periksa sekali lagi berkas dokumen dan data outlet milikmu, sehingga semua syarat dan ketentuannya bisa terpenuhi.

2. Data Tidak Lengkap

Data yang tidak lengkap biasanya akan tertulis Data Butuh Perbaikan. Jika kamu menerima notifikasi ini, maka kamu hanya perlu memperbaiki data diri dan dokumen yang sudah kamu ajukan. Bisa saja foto dokumen yang kamu unggah ternyata buram dan tidak terbaca sistem.

3. Data Berbeda

Biasanya ada perbedaan informasi antara KTP dengan nama pemilik di rekening atau buku tabungan. Apabla ini terjadi, kamu bisa mengunggah buku rekening tersebut atau laman bank digital untuk memastikan bahwa data diri yang diunggah sudah benar.

Cara daftar Gofood sebenarnya tidak sulit asalkan kamu mengikuti tiap langkah diatas dengan benar. Tapi jika menemui kesulitan dalam pendaftaran mitra Gofood, kamu bisa membaca tutorial detailnya di website Gobiz atau mengakses media sosial resminya.

Baca Juga: