Axis Error Hari Ini dari Pagi? Jangan Panik! Ini Cara Mengatasinya

Axis error hari ini menjadi masalah besar bagi penggunanya. Karena kejadian ini, banyak pengguna yang tidak bisa mengakses internet sama sekali. Akibatnya, komunikasi menjadi terganggu. Jika Anda juga mengalami hal ini, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu.

Sebaiknya kenali ciri-ciri dari kartu Axis yang error, selanjutnya pahami langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai Axis error, sebaiknya simak artikel ini sampai bagian akhir.

Ciri-ciri Axis Error Hari Ini

Ciri-ciri Axis Error Hari Ini

Berikut ini adalah beberapa ciri umum yang sering dijumpai dan menjadi tanda bahwa kartu Axis sedang error.

1. Sinyal Tidak Muncul

Ciri pertama dan paling sering dijumpai adalah sinyal tidak muncul. Ini bisa disebabkan karena pengguna berada di luar jangkauan, menara pemancar sinyal sedang mengalami gangguan, atau nomor sudah hangus karena terlalu lama tidak digunakan.

2. Sinyal Muncul tapi Tidak Bisa Connect

Sebagian pengguna bisa memperoleh sinyal di HP-nya, tapi tidak bisa mengaktifkan data seluler. Hal ini juga termasuk salah satu ciri kartu Axis error yang cukup banyak dijumpai.

3. Data Seluler Aktif tapi Tidak Bisa Akses Apapun

Terakhir, data seluler bisa aktif tapi tidak bisa digunakan sama sekali. Selain karena pulsa dan kuota habis, hal ini juga bisa disebabkan oleh maintenance yang dilakukan provider.

Mengatasi Axis Error Hari ini

Mengatasi Axis Error Hari ini

Jika mengalami ciri-ciri yang disebutkan di atas, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi kondisi error tersebut.

1. Ubah Jenis Jaringan

Pertama, cobalah ubah jenis jaringan yang digunakan, pastikan bahwa Anda sudah memilih 4G. Akan lebih baik jika Anda mengunci jaringan di 4G only. Namun, opsi ini tidak tertera secara default di halaman pengaturan.

Tapi tak perlu khawatir karena Anda bisa mengikuti tips yang diberikan berikut ini. Tips ini hanya berlaku untuk pengguna Android.

  • Pertama, buka menu Phone atau Call
  • Berikutnya, tampilkan keypad dan ketik kode berikut *#*#4636#*#*
  • Tanpa menekan tombol Call, halaman baru akan muncul. Di sini, silakan klik pada menu Phone Information
  • Kemudian klik pada opsi Set Preferred Network Type
  • Pilih pada opsi LTE Only

Jika Anda tidak bisa mempraktikkan cara di atas pada smartphone, silakan ubah jenis jaringan melalui Settings. Untuk cara atau langkah-langkahnya, silakan simak di bawah ini.

  • Buka Settings terlebih dahulu
  • Selanjutnya, klik pada menu Network & internet
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Mobile network
  • Klik Advanced
  • Lalu klik pada menu Preferred network type
  • Pastikan Anda sudah memilih opsi 2G/3G/4G

2. Setting APN

Jika ada sinyal tapi tidak bisa terhubung dengan internet sama sekali, bisa jadi ada yang salah dengan pengaturan Access Point Name atau APN. Untuk mengatasi hal ini, yang harus Anda lakukan adalah mengatur APN. Silakan ikuti konfigurasi berikut ini agar bisa mengatasi Axis error.

  • Seperti sebelumnya, yang harus Anda lakukan adalah membuka Settings terlebih dahulu
  • Lalu masuk ke Network & internet, kemudian klik Mobile network
  • Klik Advanced untuk menampilkan lebih banyak menu
  • Di sini silakan klik pada Access Point Name
  • Isikan data berikut ini:
Nameaxis
APNaxis
usernameaxis
password12345
APN typedefault
APN protocolipv4
APN roaming protocolipv4
APN enable/disableAPN enabled
  • Kalau sudah, silakan klik titik tiga di bagian atas dan pilih Save
  • Pastikan Anda memilih APN baru ini

3. Restart Smartphone

Berikutnya, Anda juga bisa mencoba restart handphone. Meski cara ini terbilang klise, nyatanya masih terbukti mampu menyelesaikan beberapa masalah, termasuk jaringan seluler yang error. Cara restart smartphone juga sangat mudah.

Tinggal tekan kemudian tahan tombol power, setelah itu klik pada menu Restart. Tinggal tunggu saja smartphone mati kemudian nyala lagi dengan sendirinya.

4. Hubungi Customer Service

Jika sudah mencoba semua tips yang diberikan di atas tapi Axis masih tetap error, artinya Anda harus menghubungi call center Axis  (0838 8000 838) atau customer service. CS Axis bisa Anda hubungi melalui beberapa cara, tapi yang paling mudah dan responsif adalah melalui akun Twitter @ask_AXIS.

Langsung saja kirimkan pesan atau direct message ke akun yang sudah disebutkan. Jelaskan kendala apa saja yang Anda alami dan berikan informasi yang diminta oleh CS.

Karena sudah mengetahui cara mengatasinya, Anda tidak perlu panik lagi jika Axis error hari ini. Tinggal praktikkan saja semua cara yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: