Seperti IMDb, Kini Penggemar Musik Bisa Berikan Rating dan Review Melalui Musicboard

Kini banyak cara untuk menikmati sebuah karya seni. Berkat digitalisasi, kita tak perlu bersusah payah untuk mencari akses untuk menonton film ataupun mendengarkan musik. Semua bisa dilakukan dalam segenggam gawai pintar. Tak hanya menikmati, kita pun bisa menilai bagus atau tidaknya sebuah karya. Bila film yang memiliki situs IMDb, telah hadir sebuah platform bernama Musicboard yang memungkinkan pengguna untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap lagu atau album yang mereka dengarkan.

Penggemar musik saat ini bisa memberi nilai dan ulasan terhadap lagu atau album yang didengarkan. Telah hadir sebuah platform bernama Musicboard yang memiliki cara kerja layaknya situs IMDb. Dalam situs resminya, aplikasi yang diluncurkan pada pertengahan Juni kemarin memiliki tujuan menjadi wadah untuk para pencinta musik dalam menyuarakan pendapatnya tentang musisi, album, ataupun lagu yang mereka sukai.

Musicboard memiliki dua fungsi utama. Pertama, Aplikasi tersebut memungkinkan para penggunanya untuk memberikan rating dan ulasan tentang musik favorit mereka. Aktivitas ini seperti memberikan ulasan film di situs IMDb. Selain itu Musicboard juga memungkinkan para penggunanya untuk saling terhubung dengan teman. Bila melihat tampilannya, fitur ini serupa dengan yang biasa kita akses di Instagram.

Setelah aplikasi Musicboard rilis, seketika netizen pun ramai menggunakannya. Banyaknya pecinta musik jelas menjadikan aplikasi tersebut populer di ranah digital. Terlihat di media sosial beberapa pengalaman pengguna setelah memakai Musikboard. Bahkan pihak pengembang sempat menyatakan bahwa server aplikasi itu sempat down lantaran dipenuhi banyak pengunjung dalam waktu bersamaan.

Pernyataan Musicboard tentang penuhnya server aplikasi mereka. Sumber: twitter.com/musicboardapp

Saat ini Musicboard telah memasuki versi kelimanya. Pada keluaran terbaru ini, Musicboard mengeluarkan fitur baru berupa dark mode yang banyak ditemui di aplikasi lain. Selain itu, terdapat beberapa peningkatan, salah satunya di sistem rating yang dapat diakses dengan mudah.

Saya pun telah mencicipi aplikasi Musicboard ini. Untuk memperkuat fungsinya, platform tersebut menyediakan pustaka musik yang cukup lengkap. Beberapa artis yang coba saya cari juga mudah untuk ditemukan dalam Musicboard. Namun masih terdapat beberapa kekurangan, di mana proses loading dalam pencarian konten lagu atau album masih terhitung lama. Semoga dengan adanya pembaruan bisa meningkatkan performa Musicboard.

Bagi Anda yang ingin menjajal aplikasi Musicboard, aplikasi tersebut telah tersedia di App Store untuk pengguna smartphone berbasis iOS dan Google Play bagi pengguna sistem operasi Android.