tips liburan hemat bersama keluarga

Tips Liburan Hemat Biaya Bersama Keluarga Dijamin Tetap Asyik

Vantage.id – Jelang akhir tahun, berikut ini simak tips liburan hemat bersama keluarga agar budget aman dan tentunya tetap asyik. Menyambut musim liburan, saatnya merencanakan untuk liburan bersama keluarga setelah berbulan-bulan terus berkutat dengan pekerjaan.

Hidup selaras itu sangat penting. Kamu boleh sibuk namun jika ada waktu liburan bersama keluarga, ini adalah saat yang tepat bagi kamu memanfaatkan momen dan mencari suasana baru. Selain menambah kedekatan anta sesama, liburan bareng keluarga juga bisa melepas stres dan penat karena pekerjaan atau masalah pribadi lainnya.

Jika kamu adalah orang yang jarang pergi liburan, atau ini pertama kalinya kamu mengadakan liburan bareng keluarga, kamu wajib simak tips liburan hemat ini agar kamu tidak mengalami over budget selama di perjalanan.

Jangan khawatir, meski liburan ini hemat namun kamu dan keluarga tetap bisa menikmati momen menyenangkan bersama-sama selama liburan. Lantas, apa saja tips liburan hemat bersama keluarga yang bisa kamu terapkan? Simak informasi berikut ini.

Ikuti Tips Liburan Hemat Bareng Keluarga

tips liburan hemat bersama keluarga

Persiapkan budget liburan sejak jauh hari

Merencanakan besaran budget liburan adalah langkah awal agar kamu tidak menyia-nyiakan banyak uang selama liburan nanti. Saat berencana pergi liburan, kamu pasti sudah punya gambaran dan menentukan destinasi tujuan dan kapan waktu yang tepat untuk berangkat.

Jika sudah tahu kapan akan berangkat liburan, baiknya kamu menyisihkan uang khusus untuk kamu pergi berlibur dimulai dari sekarang. Atau kamu juga bisa datang ke bank untuk membuat rekening khusus liburan. Beberapa bank ada yang menyediakan produk tabungan sejenis ini, jadi dana tersebut tidak bisa kamu ambil sampai batas waktu yang kamu tentukan.

Tentukan destinasi tujuan dengan baik

Menentukan destinasi wisata juga harus kamu pertimbangkan dengan baik. Karena pergi bersama keluarga, kamu harus menyesuaikan jenis liburan yang bagaimana yang bisa membuat semua anggota keluarga kamu menikmati momen ini.

Jika di dalam keluarga kamu cenderung ramai dan banyak anak-anak, rasanya kurang tepat jika pergi liburan ke arena permainan ekstrem atau menginap di hotel.

Pilih tujuan wisata yang aman dan nyaman, yang penting kamu dan keluarga bisa menikmati kebersamaan dengan baik. Selain itu, jangan pilih hotel sebagai tempat penginapan. Pilih vila atau cottage agar anggaranmu tetap aman.

Hindari high season

rencanakan liburan bersama keluarga

Tips yang kedua jika ingin liburan hemat bersama keluarga yakni menghindari high season atau musim-musim yang sedang ramai. Pada musim ini baik masyarakat lokal maupun wisatawan banyak yang mengunjungi tempat-tempat tertentu, yang biasanya menyebabkan harga-harga jadi naik, termasuk penginapan, harga tiket, hingga jasa tour travel.

Cara menyiasati hal ini yakni pergi liburan lebih awal. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir budget liburanmu dan juga lebih leluasa menikmati tempat-tempat wisata yang jadi tujuan kamu dan keluarga karena tidak terlalu ramai akan pengunjung.

Booking penginapan lebih awal

Saat merencanakan liburan, kamu juga harus mempersiapkan di mana kamu dan keluarga akan menginap. Kamu bisa browsing di internet untuk menemukan harga yang tepat. Selain itu, untuk menghindari lonjakan harga, baiknya pesan penginapan lebih awal karena seperti yang dibahas sebelumnya, saat high season harga cenderung akan naik.

Saat ini memesan penginapan juga sudah mudah karena bisa dilakukan secara online. Kamu bisa bertanya pada kerabat yang pernah pergi liburan sebelumnya, atau cek harga penginapan yang banyak tersedia di internet.

Manfaatkan voucher liburan

liburan bersama keluarga

Biasanya menjelang liburan beberapa layanan penyedia jasa liburan akan menyediakan promo khusus berupa voucher liburan yang mereka umumkan di internet. Jika ingin liburan hemat, tak ada salahnya memanfaatkan yang satu ini

Kamu harus sering memeriksa promo menarik di internet, karena dengan voucher ini kamu bisa mendapatkan potongan biaya liburan seperti diskon harga tiket atau pun penginapan.

Beli oleh-oleh seperlunya

Untuk menghemat anggaran liburan, kamu juga harus memperhatikan budget khusus untuk oleh-oleh. Usahakan untuk membeli oleh-oleh seperlunya saja, mengingat bahwa kamu dan keluarga juga sudah bisa menikmati beragam budaya dan kuliner di tempat tujuanmun itu.

Utamakan kualitas liburan

Karena berlibur bersama keluarga, kamu harus mengutamakan kualitas liburanmu. Pada dasarnya, merencanakan liburan bareng keluarga adalah untuk melepas stres dan menghabiskan waktu bersama di tempat dan suasana yang baru dan menyenangkan.

Maka dari itu, perbanyak ngobrol dan abadikan momen bersama alih-alih bepergian ke banyak tempat namun kamu dan keluarga tidak terlalu menikmatinya. Terlalu banyak pergi ke tempat-tempat tertentu juga bisa membuat dompetmu terkuras.

Itulah beberapa tips liburan hemat yang bisa kamu terapkan jika ada rencana berlibur bersama keluarga dalam waktu dekat ini. Perlu diingat bahwa perencanaan liburan yang matang akan mencegahmu mengalami over-budgeting.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: