syarat daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023

Syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 dan Cara Daftar

Vantage.id – Pendaftaran PPG atau Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Gelombang 2 2023 masih dibuka sampai Sabtu, 9 September 2023. Apa saja syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 2023? Simak ulasannya lengkap dengan jadwal dan cara daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023.

PPG Prajabatan merupakan program pendidikan usai sarjana terapan atau sarjana untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Tak hanya terbuka untuk lulusa program studi pendidikan, program ini juga bisa diikuti oleh lulusan non kependidikan yang ingin menjadi seorang guru.

Akan tetapi, bidang studi yang bisa dipilih para peserta harus yang sesuai dengan linieritas program studi (Prodi) ketika menempuh pendidikan sarjana terapan atau sarjana. Calon peserta bisa melakukan registrasi online lewat tautan resmi pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 2023.

PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 dibuka

Pada tahun 2023 ini, total kuota PPG Prajabatan hanya membuka sebanyak 59.019 mahasisiwa. Mahasiswa yang sudah lulus program ini bisa mendapatkan sertifikat pendidik, baik untuk pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, ataupun pendidikan menengah.

Selain itu, peserta dapat memiliki kesempatan memulai karier sebagai guru professional di Tanah Air. Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 masih dibuka sampai 9 September 2023. Bagi yang belum mendaftar bisa segera melakuakn pendaftaran.

Sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu terkait syarat dan cara daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 di Vantage.id.

Syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 2023

syarat daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023

PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 ini terbuka untuk calon mahasiswa. Berikut adalah syarat-syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 yang harus dipenuhi:

  • WNI atau Warga Negara Indonesia.
  • Tak terdaftar sebagai kepala sekolah atau guru di Dapodik dan Simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan).
  • Usia maksimal 32 tahun pada 31 Desember di tahun pendaftaran.
  • Kualifikasi akademik sarjana (S1) ataupun diploma empat (D4) yang telah terdaftar di PD-Dikti atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Ataupun terdata di basis unit data unit penyetaraan ijazah luar negeri, untuk lulusan dari luar negeri.
  • Mempunyai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3,00.
  • Mempunyai surat keterangan sehat rohani dan jasmani, yang diserahkan ketika lapor diri.
  • Ada surat keterangan berkelakuan diri yang baik, yang diserahkan ketika lapor diri.
  • Ada surat keterangan bebas dari narkotika, zat adiktif, dan psikotropika, yang diserahkan ketika lapor diri.
  • Menandatangani surat pakta integritas.
  • Mengikuti tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes substantive, hingga tes wawancara.

Calon mahasiswa hanya bisa menempuh bidang studi yang sesuai dengan linieritas program studi ketika menempuh pendidikan sarjana terapan atau sarjana. Untuk bisa melihat linieritas prodi bisa mengakses melalui tautan ini

Cara Daftar PPG Prajabatan 2023

cara daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023, harus memiliki email yang aktif. Selanjutnya bisa melakukan pendaftaran di situs resmi PPG. Berikut di bawah ini adalah langkah cara daftar PPG Prajabaran Gelombang 2 2023:

  • Masuk ke situs PPG dan pilih ‘Daftar PPG Prajabatan’ yang terletak di pojok kanan atas halaman.
  • Atau bisa dengan klik ini, lalu klik ‘Daftar sebagai Peserta’.
  • Masukkan alamat email yang aktif dan centang pernyataan ‘I’m not robot’, lalu klik ‘Selanjutnya’.
  • SIMPKB PPG Prajabatan akan mengirim konfirmasi pendaftaran di email. Lalu klik tautan yang dikirimkan.
  • Selanjutnya lengkapi isian di halaman, di antaranya ada biodata diri, lokasi seleksi, data kemahasiswaa, bidang studi PPG, dan lainnya.
  • Unggah dokumen yang dibutuhkan.
  • Verifikasi data IPK serta linieritas prodi S1 dan D4.
  • Selanjutnya bisa melakukan pembayaran untuk biaya pendaftaran seleksi.
  • Pendaftaran pun selesai jika pembayaran berhasil.

Calon mahasiswa perlu mengecek pemberitahuan secara berkala di akun SIMPKB masing-masing, untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Setelahnya, bagi peserta yang lolos tes substantive maka akan mengikuti tes wawancara.

Calon peserta yang lolos harus mengkonfirmasi kesediaan untuk mengikuti PPG Prajabatan di perguruan tinggi yang sudah ditetapkan. Penempatan didasari di bidang studi PPG yang dipilih dan sedekat mungkin dengan domisili.

Setelah bersedia perihal penempatan, maka Ditjen Guru dan Tenaga Pendidikan akan menetapkan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 2023. Langkah yang terakhir yakni peserta diminta untuk melaporkan diri dengan registrasi di LPTK atau Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan masing-masing. Dan harus membawa dokumen persyaratan dan memulai perkuliahan.

Demikian ulasan mengenai syarat dan cara daftar PPG Prajabatan Gelombang 2 2023. Semoga informasi di atas membantu, ya.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: