piala dunia u17 2023

FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17 2023

Vantage.id – Kabar bahagia datang dari sepak bola Indonesia, Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Keputusan tersebut membuat Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Tohir bersyukur.

Keputusan Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 melalui sidang FIFA Council, yang digelar di Markas FIFA, Swiss pada Jumat, 23 Juni 2023. Ditetapkanya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 menjadi obat kesedihan pemain dan penggemar, yang beberapa waktu lalu gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Erick Tohir mengatakan bahwa keputusan pihak FIFA ini membuktikan jika Indonesia masih dipercaya untuk menggelar ajang sepak bola bergengsi di dunia. Namun, Erick Tohir menyebut pihaknya belum menerima surat resmi dari FIFA terkait penetapan Piala Dunia U17 2023 digelar di Indonesia.

piala dunia u17 2023

Dikatakan Erick Tohir, ia baru mendapatkan pengumuman usai sidang FIFA Council digelar Jumat malam. Meski begitu, Ketum PSSI sekaligus Menteri BUMN ini akan segera mempersiapkan diri Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah tak dijelaskan secara rinci di situs FIFA. Akan tetapi Erick Tohir menilai, kemungkinan pihak FIFA menilai jika Indonesia mempunyai stadion-stadion yang telah memenuhi standar internasional.

Terlebih dalam tiga bulan terakhir, Indonesia telah menunjukkan hal-hal positif di sepak bola dunia. Adanya perhelatan FIFA Matchday Indonesia melawan Argantina dan Palestina, sepertinya menjadi perhatian besar pihak FIFA dan sepak bola Internasional.

“Ini harus disyukuri sebab kepercayaan FIFA ke kita itu masih tinggi. Ini harus dijaga dan dibuktikan,” ucap Erick Tohir.

Apakah Shin Tae Yong Gantikan Bima Sakti?

Timnas Indonesia U17
Source: detik.com

Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah setelah sebelumnya Peru memutuskan untuk mundur. Peru lebih dulu ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023. Hanya saja, karena alasan ketidaksiapan infrastruktur membuat Peru memutuskan untuk mundur.

Kapan Piala Dunia U17 2023 digelar? Ajang turnamen sepak bola muda dunia ini dijadwalkan akan digelar mulai tanggal 10 November 2023 sampai 2 Desember 2023 mendatang. Tentunya ini menjadi angin segar untuk Indonesia, yang sempat gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Di mana Timnas Indonesia U20 telah berusaha untuk mempersiapkan usaha terbaik.

Pada perhelatan Piala Dunia U17, Timnas Indonesia U17 lah yang akan turun ke lapangan. Pasukan garuda U17 diasuh oleh Bima Sakti. Hal ini yang menjadi sorotan pecinta sepak bola Indonesia. Mengingat jika sebelumnya Bima Sakti gagal membawa Timnas U17 ke Piala Usia U17 2023.

FIFA Piala Dunia

Sementara Shin Tae Yong mempunyai pengalaman dalam menangani tim untuk Piala Dunia senior di tahun 2018. Pada saat itu, Shin Tae Yong masih menjadi pelatih Timnas Korea Selatan yang mampu mengalahkan tim raksasa yakni Jerman.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Shin Tae Yong akan menggantikan posisi Bima Sakti di Timnas Indonesia U17? Apalagi persiapan untuk menghadapi Piala Dunia U17 terbilang singkat. Di sisi lain, Shin Tae Yong harus mempersiapkan Timnas Indonesia senior yang akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 di zona Asia untuk Oktober mendatang.

Itulah informasi mengenai penetapan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U17.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: