Cek Hasil Pengumuman Mandiri UB 2023 Nilai Rapor & UTBK

Vantage.id – Cek hasil pengumuman Mandiri UB 2023 melalui jalur nilai rapor dan UTBK yang diumumkan hari ini Sabtu, 15 Juli 2023. Sebelumnya, jadwal pengumuman Mandiri Universitas Brawijaya 2023 jalur nilai rapor dan UTBK diumumkan pada 12 Juli 2023.

Para peserta bisa mengecek informasi pengumuman melalui laman resmi selma.ub.ac.id. Untuk diketahui, jika Universitas Brawijaya (UB) membuka dua jalur seleksi mandiri yaitu jalur kelas internasional dan prestasi 2023, jalur nilai rapor dan nilai UTBK 2023.

Bagi yang mengikuti seleksi Mandiri UB 2023 jalur nilai rapor dan UTBK 2023, perlu mengetahui jadwal tahapan seleksi dan daftar ulang jika dinyatakan lolos. Proses pendaftaran seleksi Mandiri UB 2023 telah dimulai sejak tanggal 19 Juni-1 Juli 2023. Pengisian data nilai rapor dan finalisasi pendaftaran telah brlangsung sejak 19 Juni-1 Juli 2023. Dan pengumuman awalnya dijadwalkan pada 12 Juli, namun diundur menjadi tanggal 15 Juli 2023.

Vantage.id akan memberitahu cara cek hasil pengumuman Mandiri UB 2023. Selain itu, juga ada ketentuan daftar ulang seleksi mandiri UB 2023 dan langkah-langkahnya. Untuk mengetahui informasi lengkapnya bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi Artikel

Cara Cek Hasil Pengumuman Mandiri UB 2023

pengumuman Mandiri UB 2023
  • Masuk ke laman resmi selma.ub.ac.id
  • Di halaman utama pilih menu ‘Pengumuman untuk hasil seleksi Mandiri UB melalui jalur nilai rapor dan UTBK 2023’
  • Setelah masuk ke halaman ‘Pengumuman’, masukkan kode peserta, tanggal lahir, atau nomor handphone
  • Klik ‘Cari’
  • Tunggu hingga sistem akan menampilkan pengumuman hasil seleksi.

Ketentuan Daftar Ulang Mandiri UB 2023

ketentuan daftar ulang Mandiri UB 2023

Tahapan selanjutnya bagi peserta yang lolos dalam seleksi Mandiri UB 2023, diwajibkan untuk melakukan daftar ulang. Berikut di bawah ini adalah ketentuan daftar ulang seleksi Mandiri UB 2023:

  • Pemberkasan secara online lewat laman resmi di sini
  • Biaya pendidikan proporsional untuk calon mahasiswa baru (maba) terdiri dari UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibayarkan per semester, dan IPI (Iuran Pengembangan Institusi) yang dibayar satu kali di awal semester
  • Biaya pendidikan proporsional diumumkan di laman ini
  • Calon maba mengunggah berkas di aplikasi Administrasi menggunakan akun yang dipakai saat pendaftaran.

Berikut di bawah ini adalah rincian berkas untuk melakukan daftar ulang:

seleksi mandiri UB 2023
  1. Foto diri

Foto diri sudah tersedia di laman https://admisi.ub.ac.id sesuai dengan isian di saat pendaftaran seleksi Mandiri UB jalur rapor.

Ketentuan foto diri yakni posisi wajah terlihat jelas, foto tampak depan, pakaian rapi, bagi yang berjilbab wajib untuk menyesuaikan, foto dengan ukuran 4×6 dengan latar belakang warna merah (bentuk file JPEG).

Jika terdapat foto diri yang tak sesuai atau ingin melakukan perubahan foto, bisa mengunggah foto yang sesuai lewat aplikasi Admisi.

  1. SKBN atau Surat Keterangan Bebas Narkoba

Calon maba yang diterima di program studi di fakultas non kesehatan, selain FKG, FH, FKH, dan FIKES wajib mengunggah SKBN minimal tiga parameter.

Penentuan jenis zat tergantung di lokasi pemeriksaan. Contohnya SKBN memuat Methamphetamine, Amphetamine, dan Benzodiazepine) atau bisa diluar parameter tersebut.

SKBN wajib ditandatangani oleh dokter disertai dengan stemple basah, bisa juga dengan tanda tangan elektronik.

Lokasi pemeriksaan bisa dilakukan di rumah sakit umum daerah, rumah sakit kepolisian, BNN, rumah sakit swasta, puskesmas, poli atau laboratorium yang berwenang dan mempunyai legalitas dalam mengeluarkan SKBN di kota domisili masing-masing.

  1. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna, yang diperuntukan untuk program studi dengan syarat ini.

Wajib mengunggah surat keterangan buta warna, bagi calon mba yang diterima di program studi non kesehatan, selain dari FKG, FK, FIKES, dan FKH. Akan tetapi diterima di program studi dengan syarat tidak buta warna.

Surat keterangan tersebut wajib ditandatangani oleh dokter dengan stemple basah, bisa juga dengan tanda tangan elektronik.

Lokasi pemeriksaan bisa dilakukan di rumah sakit umum daerah, dokter spesialis mata, rumah sakit swasta, poli, puskesmas yang mempunyai wewenang dan legalitas dalam mengeluarkan surat keterangan pemeriksaan buta warna.

Jika hasil tes ternyata tak memenuhi syarat program studi, calon maba wajib melakukan konfirmasi lewat Halo SELMA, dengan subjek ‘Konfirmasi hasil tes pemeriksaan buta warna’.

Daftar syarat program studi bisa diakses di tautan ini https://selma.ub.ac.id/index-daftar-program-studi/https://selma.ub.ac.id/index-daftar-program-studi/

  1. Calon mahasiswa di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Kesehatan perlu memberikan hasil tes psikologi dan tes kesehatan.
  1. Calon maba akan diberikan sanksi dan digugurkan sebagai mahasiswa UB jika terbukti berbohong dalam pengisian data.
  1. Calon mahasiswa yang tak bisa memenuhi ketentuan daftar ulang maka dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon maba UB.

Demikian informasi mengenai pengumuman Mandiri UB 2023 dan ketentuan daftar ulang Mandiri UB 2023. Semoga informasi di atas mudah dipahami dan bermanfaat, ya.

Baca Juga: