Vanews

Nutrifood Ajak Masyarakat agar Lebih Aware terhadap Pentingnya Batasi Konsumsi Gula Harian untuk Cegah Diabetes

Nutrifood Ajak Masyarakat agar Lebih Aware Soal Pentingnya Batasi Konsumsi Gula Harian untuk Cegah Diabetes

Nutrifood bersama Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia ikut memperingati Hari Kesehatan Nasional sekaligus Hari Diabetes Sedunia 2022 dengan cara mengedukasi masyarat tentang pentingnya konsumsi gula harian serta cara untuk mencegah diabetes.

Kegiatan edukasi tersebut adalah rangkaian dari kampanye #BatasiGGL yang telah dilakukan sejaktahun 2013.

Kampanye tersebut hadir untuk mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih aware terhadap hidup sehat khususnya dengan membatasi asupangula dan cara membentuk gaya hidup sehat yang lebih baik.

“Diabetes merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi beban kesehatan karena telah menyerang setidaknya 537 orang di seluruh dunia dan angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 783 juta pada tahun 2045. Secara global, Hari Diabetes Sedunia 2022 menangkat tema ‘Education to Protect Tomorrow’ sementara untuk tema nasional yaitu ‘Cegah dan Kendalikan Diabetes untuk Masa Depanmu’,” ujar Dr. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementrian Kesehatan RI.

Baca Juga: Flirting di Digital dari Dulu hingga Sekarang

Indonesia Duduki Peringkat 5 Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia

Dr. Eva juga menjelaskan bahwa di Indonesia sendiri, jumlah penderita diabetes terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021 yang menduduki peringkat ke-5 dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

“Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktir, salah satunya gaya hidup kekinian yang sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula berlebih serta kurangnya olahraga, sehingga berisiko terkena diabetes,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan Kemenkes berkomitmen atas hal tersebut dengan melakukan Transformasi Kesehatan khususnya di layanan primer dan layanan rujukan untuk pengelolaan diabetes.

Transformasi tersebut meliputi edukasi untuk mengajak masyarakat untuk mengubah pola hidup, mengganti atau menjaga pola makan yang baik, serta melakukan aktivitas fisik dengan ‘CERDIK’.

Perlu diketahui, CERDIK sendiri adalah Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola setres.

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Rudy Kurniawan, SpPD, DipTH, MM, MARS mengungkapkan bahwa kondisi diabetes saat ini sangat mengkhawatirkan.

Mengingat diabetes merupakan Mother of Diseases karena akan menyebabkan munculnya kompilasi berbagai penyakit yang berbahaya, mulai dari hipertensi, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, gagal gijal, kebutaan, hingga komplikasi berbagai organ yang lain.

Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih memerhatikan diri dan menerapkan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman agar kondisi mereka tidak berlanjut menjadi diabetes melitus.

“Bukan berarti masyarakat sama sekali tidak boleh mengonsumsi gula. Masyarakat boleh mengonsumsi gula dengan batasan yang telah dianjutkan oleh Kementrian Kesehatan RI. Selain itu, masyarakat khususnya kelompok pre-diabetes juga memiliki alternatif pengganti gula berupa pemanis rendah kalori. Hal ini tentunya perlu diimbangi dengan aktivitas fisik yang rutin, dan konsumsi gula, garam dan lemak dengan memperhatikan label kemasan sebelum makan,” pungkas dr. Rudy.

Di kesempatan yang sama, Susana, S.T.P., M.Sc., PD.Eng, selaku Head of Strategic Marketing Nutrifood menjelaskan Nutrifood selama lebih dari 43 tahun telah berkomitmen dalam mengedukasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu mengimplementasikan gaya hidup sehat setiap saat selama masa pandemi.

“Pada kampanye #BatasiGGL yang memasuki tahun kesembilannya ini, kami mengadakan program edukasi untuk mendukung tema nasional yang diusung pemerintah, karena kami menyadari pentingnya komitmen yang berkelanjutan dan kolaborasi bersama mitra strategis seperti Kementrian Kesehatan RI dan Badan POM RI untuk mendukung pengendalian penyakit diabetes,” tutur Susana.

“Sejak 2013, Nutrifood secara konsisten mengedukasi tenaga kesehatan, komunitas, dan masyarakat melalui kampanye #BatasiGGL serta Baca Label Kemasan.”

“Nutrifood melalui berbagai produknya senantiasa mendukung pencegahan dan pengendalian diabetes melitus di Indonesia dengan menghasilkan produk yang rendah gula, garam dan lemak seperti Tropicana Slim. Nutrifood berharap individu yang sehat tetap sehat, individu yang sudah memiliki faktor risiko dapat mengendalikan faktor risiko tersebut agar tidak diabetes, dan individu dengan diabetes melitus dapat mengendalikan penyakitnya agar tidak terjadi komplikasi yang berbahaya,” tutup Susana.

Mahesa Jenar
Bismillah Biar Alhamdulillah

Flirting di Digital dari Dulu hingga Sekarang

Previous article

Merespon Tren Fotografi, Fujifilm Luncurkan Printer Smartphone “INSTAX SQUARE Link” di Indonesia!

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *