11 Rekomendasi Merk Smart TV yang Bagus 2023

11 Merk Smart TV yang Bagus, Awet dan Murah (Keluaran Terbaru)

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, setiap orang umumnya membutuhkan hiburan untuk menyegarkan pikiran. Salah satu alat yang dapat memberikan hiburan dan berbagai jenis informasi lain adalah televisi (TV). Saat ini, terdapat berbagai jenis merk smart TV yang bagus untuk digunakan.

Televisi pada dasarnya tidak termasuk dalam kebutuhan primer, akan tetapi keberadaannya banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Bahkan, jika satu rumah tidak memiliki televisi seperti ada bagian yang hilang. Jika dulu televisi masih menggunakan tabung, maka sekarang sudah muncul smart TV.

Smart TV dikenal sebagai televisi yang telah terhubung dengan jaringan internet sehingga memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai layanan secara online. Bahkan, televisi ini bisa terhubung dengan Google Assistant yang dapat membantu memiliki tayangan dengan mudah.

Rekomendasi Merk Smart TV yang Bagus 2023

Smart TV banyak diminati oleh orang-orang karena memiliki berbagai keunggulan yang tidak ada pada TV lain. Oleh karena itu, semakin hari jenis smart TV yang diperjualbelikan juga semakin banyak. Nah, dalam hal ini Anda wajib untuk mengenal merk smart TV yang benar-benar bagus seperti berikut.

1. Samsung 55AU7000

Samsung 55AU7000

Smart TV pertama yang dijamin memiliki kualitas yang bagus adalah Samsung 55AU7000. Smart TV ini dilengkapi dengan fitur PurColor sehingga menampilkan performa gambar yang optimal. Crystal Processor mampu menghadirkan resolusi gambar hingga 4K dan ekspresi warna terlihat lebih nyata.

Fitur Motion Xcelerator yang dimiliki oleh Smart TV ini akan memprediksi frame terbaik untuk konten yang ditampilkan. Piksel gambar yang terlihat lebih banyak 4 kali dibandingkan dengan FHD biasa sehingga penonton dapat melihat adegan film dengan sangat detail (ke bagian yang paling kecil).

Adapun fitur High Dynamic Range (HDR) berfungsi untuk meningkatkan cahaya televisi demi memberikan spektrum warna yang luas bahkan dalam adegan yang gelap. Dari segi desain, Samsung 55AU7000 dirancang dengan cantik, minimalis, dan elegan dari segala sisi tanpa bezel yang inovatif.

Kehadiran Tab View pada televisi ini memudahkan Anda dalam menghubungkannya dengan ponsel. Jadi, hanya dengan tab di ponsel, smart TV akan segera memproses dan menampilkan halaman yang sama. Dengan demikian, Anda dapat menonton tayangan di ponsel dengan layar yang lebih besar.

Harga: Rp8.499.000

2. Polytron PLD 43AS1558

Polytron PLD 43AS1558

Merk smart TV yang bagus saat ini adalah Polytron PLD 43AS1558. Layar smart TV ini memiliki ukuran 43 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Adapun prosesornya menggunakan Amlogic S905X-B dengan EMMC flash 8 GB serta memori berkapasitas 2 GB.

Sistem operasi yang digunakan PLD 43AS1558 adalah AOSP/FIRA TV yang merupakan buatan dari Polytron sendiri. Selain canggih, smart TV ini juga sudah didukung oleh siaran digital (DVBT). Pilihan sarana konektivitas secara nirkabel ada 2, yaitu bluetooth dan wifi.

Menariknya, Polytron PLD 43AS1558 telah bekerja sama dengan Mola TV sehingga pengguna akan mendapatkan akses gratis untuk menonton siaran liga Inggris. Hal ini tentu menjadi kabar menyenangkan bagi para pecinta bola, khususnya penggemar klub-klub Liga Inggris.

Membeli Polytron PLD 43AS1558 akan mendapatkan garansi termasuk untuk panelnya selama 5 tahun. Jadi, jika dalam kurung waktu tersebut smart TV Anda mengalami masalah seperti kerusakan, maka dapat dibawa langsung ke Polytron untuk diperbaiki atau bahkan diganti.

Harga: Rp4.420.000

3. Sony Bravia X80K

Smart TV terbaik 2023 dengan harga yang cukup fantastis dan tampilan yang mewah adalah Sony Bravia X80K. Televisi berukuran 65 inci ini didukung oleh teknologi TRILUMINOS PRO yang dapat memperkaya jenis warna yang ditampilkan.

Penonton juga dapat menikmati gambar 4K dari Sony Bravia X80K yang sangat mengagumkan. Tekstur dan detailnya terlihat seperti nyata karena penggunaan 4K HDR Prosesor X1TM. Adapun 4K X-RealityTM Pro menampilkan kualitas rekaman gambar HD dan 2K yang mendekati 4K.

Untuk mendapatkan gambar yang lebih nyata dan tajam, Sony Bravia X80K menggunakan Dolby Vision. Sementara itu, Dolby Atmos menciptakan suara yang membahana di seluruh penjuru ruangan. Fitur Motionflow XR akan membuat tampilan gambar menjadi lebih natural.

Dengan demikian, Anda akan merasakan sensasi menonton bioskop di dalam rumah sendiri. Selain itu, Sony Bravia X80K juga telah didukung oleh Google Assistant sehingga pengguna untuk mengoperasikannya. Bezelnya yang tipis, membuat penonton akan lebih fokus pada gambar.

Harga: Rp9.999.000

4. LG 43UK6300

Tidak ingin tertinggal dengan produsen televisi lainnya, LG juga turut memperkenalkan Smart TV LG 43UK6300 yang menawarkan resolusi yang tinggi dan gambar yang tajam. Smart TV ini termasuk dalam jenis UHD TV yang menampilkan resolusi 4 kali lebih baik dari TV Full HD.

LG 43UK6300 memiliki ukuran 43 inci dengan aspek ratio 16:9. Merk smart TV yang bagus ini dilengkapi oleh fitur High Dynamic Range (HDR), seperti HLG Pro HDR Pro. Fitur-fitur tersebut dapat menampilkan gambar dengan lebih detail dan halus serta warna yang lebih hidup.

Sistem LG 43UK6300 sudah dilengkapi Magic Zoom, ThinQ AI, 360 VR Play, dan Magic Remote sehingga membuatnya lebih istimewa dengan televisi lainnya. Desain smart TV ini dirancang lebih slim dengan bingkai yang terbuat dari material logam yang modern dan berkualitas bagus.

Tampilannya tersebut membuat LG 43UK6300 sangat cocok diletakkan di ruang tamu maupun ruang keluarga. Tidak hanya itu, smart TV ini juga memiliki konektivitas seperti Wi-Fi, USB 2 port, HDMI 3 port, speaker yang jernih dan keras, serta active HDR.

Harga: Rp6.499.000

5. Samsung Neo QLED 4K QN90B 65”

Produsen elektronik Samsung memiliki banyak smart TV yang berkualitas bagus, termasuk Neo QLED 4K QN90B. Televisi yang berukuran 65 inci ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 30 jutaan. Meskipun demikian, harga tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang dimiliki smart TV.

Evolusi dari QLED kemudian menghadirkan Quantum Matrix Technology yang dapat mengatur Quantum Mini LED dengan akurat dan tepat. Anda dapat melihat gambar dengan sangat detail karena adanya kontrol cahaya yang akurat, meskipun adegan yang ditampilkan gelap.

Prosesor Quantum yang digunakan pada smart TV ini membuat Anda dapat menikmati pengalaman menonton yang adaptif dan presisi serta didukung dengan deep learning. Samsung Neo QLED 4K QN90B juga memiliki 4K AI upscaling yang memungkinkan Anda untuk melihat gambar resolusi 4K.

Pemetaan warna HDR10+ pada smart TV ini akan mengubah kontras maupun warna setiap adegan sehingga penonton dapat mengagumi bagian-bagian kecil yang akurat. Selain itu, Samsung Neo QLED 4K QN90B menggunakan speaker Dolby Atmos untuk menghasilkan suara multidimensi.

Harga: Rp30.859.000

6. Coocaa 40S5G

Merk Smart TV yang bagus juga dapat diberikan kepada Coocaa 40S5G. Smart TV ini didesain dengan konsep minimalis dan modern yang sangat cocok dengan era teknologi saat ini. Bagian luarnya dibuat ramping dengan bezel yang sangat tipis untuk menghadirkan kesan elegan.

Ukuran layar Coocaa 40S5G adalah 40 inci dengan resolusi tampilan 3840 x 2160 piksel. Adapun beratnya sekitar 9 kg sehingga cocok diletakkan di atas meja maupun rak televisi yang berukuran besar. Teknologi layar yang digunakan smart TV ini yaitu HD/ 3D/ 4K/ Wide Viewing Angle.

Coocaa 40S5G menggunakan sistem operasi Android 8.0 untuk menampilkan berbagai layanan aplikasi dari Google. Dengan begitu, Anda dapat mengakses berbagai platform, melakukan penelusuran, maupun berbagai aktivitas dengan cepat, mudah, dan praktis.

Untuk mendapatkan kualitas suara yang bagus, smart TV ini didukung oleh teknologi DTS TruSurround. Oleh karena itu, Anda dapat menonton berbagai tayangan pilihan dengan gambar yang bagus dan suara yang jernih. Bagi pecinta game, Coocaa 40S5G juga memfasilitasi kegiatan ini dengan baik.

Harga: Rp2.375.750

7. Panasonic TH-55FX400G

Panasonic TH-55FX400G merupakan smart TV dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Televisi ini menggunakan 4K Ultra HD TV untuk memberikan kualitas gambar yang lebih murni dan detail. Jadi, Anda akan melihat adegan seperti layaknya sedang melihat dunia nyata, namun melalui layar.

Konektivitas internet yang dimiliki oleh Panasonic TH-55FX400G memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan online. Jangan khawatir, fitur yang ditampilkan cukup interaktif sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula yang merasa bingung mengoperasikan smart TV.

Selain itu, televisi ini juga dilengkapi oleh media player yang dapat memutar kembali berbagai konten multimedia. Anda dapat menghubungkan Panasonic TH-55FX400G dengan ponsel untuk melihat, foto-foto, video, musik, maupun film yang telah tersimpan di memori dengan tampilan yang lebih besar.

Bahkan, pengguna dapat menyesuaikan playback dengan kostumisasi sesuai dengan keinginan masing-masing. Mulai dari mengubah latar, efek, hingga musik. Jika merasa bosan, Anda juga dapat  membuka dan bermain game seru di Panasonic TH-55FX400G.

Harga: Rp7.288.000

8. TCL 32A3 LED

TCL juga kembali memperkenalkan merk smart TV yang bagus dari perusahaannya yaitu 32A3 LED. Smart TV ini menawarkan kontras gambar yang lebih besar dengan HDR. Teknologi ini merupakan peningkatan dari sinyal program TV versi standar yang masih digunakan hingga sekarang.

Lampu latar panel TCL 32A3 LED akan menyesuaikan secara otomatis demi menghasilkan rentang kecerahan yang lebih luas. Untuk memberikan gambar yang lebih natural dan jelas di bawah sinar matahari, smart TV terbaik dan murah ini menggunakan teknologi peningkatan pencerahan.

Dengan Full High Definition (FHD), Anda dapat menikmati tontonan yang 2 kali lebih jelas dari TV HD standar. Sementara itu, Dolby Audio akan mengoptimalkan kualitas suara surround 5.1 immersive melalui decoder. Adapun Fitur Smart Volume akan menghilangkan fluktuasi suara secara otomatis.

Harga: Rp1.794.000

9. Realme Smart TV 4K

Smart TV dari Realme memiliki bezel ultra yang tipis hingga 2,6 mm. Televisi ini dirancang dengan rasio layar 97,2% untuk memberikan pengalaman menonton yang luar biasa bagi penggunanya. Prosesor yang digunakan Realme Smart TV 4K dari MediaTek dengan CPU ARM Cortex A53.

Kapasitas penyimpanannya cukup besar yaitu 2GB + 16 GB dan GPU Mall G52. Smart TV ini menggunakan teknologi tercanggih dari Dolby Vision untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang sempurna dan dapat membuat penonton terpesona hingga ke bagian detailnya.

Untuk suara, Realme Smart TV 4K didukung oleh teknologi suara yang paling inovatif yaitu Dolby Atmos dari Dolby Cinema. Kolaborasi antara keduanya mampu menghadirkan suara yang jelas dan menakjubkan seperti layaknya sedang menonton di depan layar lebar.

Oleh karena pengguna kemungkinan menghabiskan waktu yang cukup lama di depan layar, Realme juga telah mengantisipasi paparan blue light (cahaya biru) pada mata. Smart TV ini dilengkapi dengan perlindungan cahaya TUV Rheinland sehingga mata tetap aman saat menatap layar.

Harga: Rp6.299.000

10. Xiaomi MI TV 4

Smart TV yang diperkenalkan Xiaomi berukuran layar 55 inci. Smart TV ini mengintegrasikan layar 4K HDR demi menampilkan gambar yang terang, kaya akan kontra, serta warna yang terlihat nyata. Penggunaan teknologi Dolby Audio + DTS-HD menghadirkan ketajaman suara yang jelas.

Xiaomi MI TV 4 menggunakan speaker 20 watt sehingga suara yang terdengar menjadi lebih kuat, bahkan memenuhi ruangan. Salah satu merk smart TV yang bagus ini didukung oleh PatchWall 3.0 terbaru untuk menampilkan berbagai konten yang dapat dinikmati oleh pengguna.

Mulai dari Vidio, Amazon Prime Video, Catchplay, Iflix, Netflix, Hooq, Youtube, Vidio, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih platform tontonan sesuai keinginan termasuk jenis dan judul filmnya. Tema cahaya yang ditampilkan smart TV ini cukup menonjol agar memberikan kesan natural.

Semua konten yang ditayangkan secara langsung dapat dinikmati secara gratis melalui PatchWall tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Hal ini tentu menjadi sangat menyenangkan bagi Anda yang membutuhkan hiburan dan memilih untuk menghabiskan waktu dengan menonton di rumah

Harga: Rp5.999.000

11. Changhong U58H7A

Salah satu perusahaan teknologi China, yaitu Changhong juga memiliki smart TV yang diberi nama U58H7A. Smart TV ini menggunakan layar flat ukuran 58 inci dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Bagian luar atau dimensinya berukuran 1289 mm x 286 mm x 808 mm.

Changhong U58H7A adalah Android TV yang didukung oleh sistem operasi Android 9.0 atau yang dikenal dengan istilah Android Pie. Jadi, saat menggunakan smart TV ini, Anda dapat memilih apakah ingin menggunakan layanan TV digital maupun TV analog.

Konektivitas Changhong U58H7A terdiri dari 4 port HDMI, 2 port USB, 1 port LAN, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, serta DLNA. Oleh karena itu, Anda akan lebih mudah untuk mengakses internet untuk mencari berbagai jenis tayangan, mulai dari serial televisi, film box office, hingga drama-drama dari negara tertentu.

Demi memberikan kualitas suara yang bagus dan berkualitas, Changhong U58H7A menggunakan Dolby+++ Sound. Anda juga dapat menikmati konten yang ada di ponsel untuk dihubungkan ke smart TV dengan memanfaatkan teknologi wireless screen projection.

Tidak hanya itu, Intelligence voice control dan Google Assistant yang ada pada smart TV ini memungkinkan para penggunanya untuk menelusuri berbagai hal dengan cepat. Dengan demikian, pengalaman menonton Anda menjadi jauh lebih menarik dan luar biasa dengan Changhong U58H7A.

Harga: Rp4.646.250

Penutup

Setelah beraktivitas secara rutin yang cukup melelahkan, orang-orang akan mencari berbagai hiburan untuk menyenangkan pikirannya. Salah satu hal yang paling sering dilakukan di rumah adalah menonton televisi. Nah, kehadiran smart TV di era modern seperti saat ini akan sangat membantu.

Kualitas tontonan yang dapat dinikmati dengan baik tergantung pada jenis smart TV yang digunakan. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi merk smart TV yang bagus di atas dapat menjadi referensi Anda untuk menentukan pilihan sebelum akhirnya membeli.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: