12 Merk Kulkas Terbaik dan Harganya 2023

12 Merk Kulkas Terbaik, Hemat Listrik dan Awet (Worth to Buy)

Tempat tinggal atau rumah merupakan kebutuhan primer setiap orang. Akan tetapi, memiliki rumah tanpa perabotan rumah tangga tentu tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan efisien, seperti kulkas. Jika ingin membeli alat pendingin ini, pastikan Anda memilih merk kulkas terbaik.

Perusahaan-perusahaan elektronik selalu mencoba menciptakan kulkas terbaik versi masing-masing. Oleh karena itu, tugas calon pembeli adalah mencari kulkas sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh alat tersebut.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mencari merk-merk kulkas terkenal lalu melihat kisaran harganya. Setelah menemukan yang sesuai budget, Anda dapat melihat model, keunggulan, serta kekurangan dari kulkas tersebut. Anda juga dapat meminta referensi dari kerabat atau keluarga.

Merk Kulkas Terbaik dan Harganya 2023

Kulkas pada umumnya digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman agar tetap segar dan lebih tahan lama. Selain itu, juga digunakan untuk membuat es batu yang nantinya dapat disajikan dengan minuman. Nah, berikut ini terdapat beberapa merk kulkas terbaik yang bisa Anda beli.

1. Polytron Belleza 3 PRM-21QX

Polytron Belleza 3 PRM-21QX

Salah satu merk kulkas yang paling sering didengar adalah Polytron. Merk ini memproduksi kulkas 2 pintu dengan berbagai keunggulan yang diberi nama Belleza 3 PRM-21QX. Saat dilihat, kulkas tersebut menghadirkan kesan yang sangat mewah karena pintunya terbuat dari tempered glass.

Meskipun kapasitas Polytron Belleza 3 PRM-21QX adalah 210 liter, namun tetap menghemat daya listrik yaitu 110 watt saja. Dengan fitur Shielded Moisture Compartment, kulkas ini mampu menahan udara luar agar tidak masuk ke tempat penyimpanan buah sehingga lebih tahan lama.

Saat menyimpan makanan, fitur Photocatalytic Deodorizer dapat menyerap dan menetralkan bau makanan yang tidak sedap. Pengaturan temperatur kulkas ini juga lebih canggih karena menggunakan fitur kontrol elektronik yaitu Smart Cooling System.

Bagi yang memiliki anak, tidak perlu khawatir jika mereka membuka kulkas dan tidak menutupnya secara rapat, karena memiliki Door Alarm. Selain itu, Polytron Belleza 3 PRM-21QX memiliki pegangan didesain khusus agar terlihat minimalis, modern, dan menyatu dengan pintu.

Harga: Rp2.995.000

2. Sanken SK-G236AH-BK

Sanken SK-G236AH-BK

Merk kulkas terbaik selanjutnya adalah Sanken SK-G236AH-BK. Kulkas ini memiliki dinding yang pada dan tebal serta didukung dengan karet pintu yang berkualitas. Tampilannya yang sangat cantik dengan Diamond Tempered Glass membuat orang-orang menjadi tertarik untuk membeli.

Apalagi ditambah dengan gambar kupu-kupu, bunga, atau kupu-kupu yang membuat Sanken SK-G236AH-BK terlihat lebih berkelas dan premium. Kulkas buatan Sanken ini berhasil mendapatkan skor Running Ratio hingga 36% yang dapat membuat makanan menjadi lebih cepat dingin.

Meskipun demikian, kesegarannya tetap terjaga dan stabil. Kapasitas dari Sanken SK-G236AH-BK adalah 172 liter dan freezer sebanyak 58 liter. Oleh karena itu, Anda dapat menyimpan banyak makanan atau minuman tanpa khawatir tidak muat.

Lampu LED yang digunakan lemari es ini hanya 0,72 watt yang hemat listrik dan tahan lama. Rak daging Sanken SK-G236AH-BK dapat mempertahankan suhu agar tetap stabil di -7 sehingga daging tetap segar seperti baru dibeli dan terhindar dari daging yang lembek maupun berbau.

Harga: Rp3.263.000

3. BEKO Inverter RDNT231I50VZWB

Meskipun merek BEKO mungkin terdengar cukup asing di telinga, namun kualitasnya masuk dalam salah satu merk lemari es terbaik saat ini. BEKO Inverter RDNT231I50VZWB memiliki garansi kompresor cukup lama yaitu 12 bulan sehingga jika terjadi masalah dapat diperbaiki dengan gratis.

Kapasitas maksimal dari kulkas ini adalah 230 liter sehingga ruang penyimpanannya luas. Meskipun begitu, kesegaran makanan akan tetap terjaga dan tahan lama. Kondisi ini juga didukung dengan kontrol suhu dan kelembaban yang bagus untuk meminimalisir terjadinya kondensasi di dalam crisper.

Berdasarkan klaim BEKO, sayuran dan buah-buahan disimpan di dalam kulkas akan tetap segar selama 30 hari. Jangan khawatir, lemari es ini dilengkapi dengan sistem anti bakteri yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada makanan dengan cepat.

Selain itu, sistem NeoFrost Dual Cooling pada BEKO Inverter RDNT231I50VZWB dapat membuat sistem pendingin terpisah di setiap kompartemen. Kompresor Inverter ProSmart yang digunakan membuat kulkas ini empat kali lebih senyap dibandingkan dengan kulkas pada umumnya.

Harga: Rp4.599.000

4. GEA RC-67WS

Bagi Anda yang menyukai lemari es yang berukuran besar, maka dapat mencari merk kulkas terbaik GEA RC-67WS. Kulkas ini memiliki freezer dengan kapasitas maksimal 117 liter dan chiller sebesar 339 liter. Oleh karena itu, Anda dapat menampung berbagai jenis sayur, buah, makanan, dan minuman.

Dengan kapasitas tersebut, daya listrik yang dibutuhkan GEA RC-67WS tergolong sedikit, yaitu hanya 160 watt. Kelebihan lain kulkas ini adalah memiliki fitur alarm yang akan berbunyi saat pintunya tidak tertutup dengan sempurna. Alhasil, Anda akan selalu ingat untuk menutup kulkas dengan baik.

Berbeda dengan kulkas pada umumnya, GEA RC-67WS sudah dilengkapi dengan sistem anti bunga es sehingga tidak akan mengambil ruang penyimpanan. Panel penampil LED di lemari es ini juga didesain dengan sangat canggih yaitu menggunakan tombol layar sentuh.

Untuk memaksimalkan pendingin, kulkas ini memiliki sistem pendingin ganda, pengatur suhu, serta pemerataan udara yang baik. Oleh karena ukurannya yang cukup besar, maka bobot dari GEA RC-67WS juga cukup berat yaitu 94 kg dengan kaki-kaki yang dapat diatur dengan mudah.

Harga: Rp7.200.000

5. AQUA Sanyo D251

AQUA Sanyo D251 merupakan lemari es yang dilengkapi dengan tempered glass tray agar tetap kokoh saat digunakan menyimpan makanan yang berat. Kulkas ini menawarkan 2 warna yang terlihat sangat elegan, yaitu dark silver dan light silver, namun tidak memiliki motif atau pola apapun.

Setiap kompartemen di lemari es AQUA Sanyo D251 memiliki suhu dingin hingga 360 derajat secara merata. Lemari es buatan Aqua ini menggunakan teknologi full insulation yang memungkinkan proses pendinginan makanan yang baru dimasukkan menjadi lebih cepat.

Kotak penyimpanan sayur dan buah AQUA Sanyo D251 tergolong cukup besar sehingga Anda dapat menyimpan dalam jumlah yang banyak. Kapasitas isi dari kulkas dua pintu ini maksimal 169 liter. Meskipun demikian, daya yang dibutuhkan jauh lebih sedikit yakni hanya sekitar 65 watt.

Harga: Rp3.414.000

6. Panasonic Inverter BV320QS

Panasonic juga termasuk dalam daftar merk kulkas terbaik yang umum dibeli untuk kebutuhan rumah tangga. Merk ini kemudian memproduksi Panasonic Inverter BV320QS yang dibuat khusus untuk mendukung gaya hidup sehat bagi para penggunanya.

Seperti yang diketahui, bahwa tidak semua lemari es dapat menjaga nutrisi makanan sehingga berpengaruh terhadap kesehatan. Nah, kulkas ini memiliki pembekuan Prie Fresh dengan suhu -3 yang dapat menjaga kualitas makanan, nutrisi, serta tetap terlihat segar selama 7 hari.

Sistem pembekuan ini membuat makanan 4 kali lebih cepat membeku. Meskipun demikian, daging atau ikan yang telah disimpan tidak perlu dicarikan terlebih dahulu sebelum memasak karena kondisinya tetap segar. Selain itu, daging tersebut juga menjadi lebih mudah untuk dipotong.

Panasonic Inverter BV320QS memiliki efek anti bakteri. Ion silver yang terdapat di lemari es ini mampu membunuh bakteri 99.9% dan Ag Filter-nya juga dapat menghilangkan bau tidak sedap. Sensor ECONAVI mampu mengontrol daya kulkas agar dapat mengurangi koneksi energi yang terbuang.

Rp7.699.000

7. Changhong CRF-680WPS Inverter

Bukan rahasia lagi kalau Cina merupakan salah satu negara pencipta berbagai jenis elektronik, termasuk kulkas. Negara ini memiliki merk Changhong yang memproduksi CRF-680WPA Inverter yang diklaim memiliki kualitas terbaik dari produk-produk yang telah dibuat sebelumnya.

Kulkas memiliki dua pintu yang sangat elegan dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar yaitu mencapai 630 liter. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir akan membayar listrik yang mahal saat menggunakan kulkas ini karena daya dibutuhkan hanya 120 watt.

Changhong CRF-680WPA Inverter memiliki 7 tingkat penyimpanan yang bisa digunakan untuk buah, sayur, daging, serta minuman. Proses pembekuan makanan yang dimasukkan ke dalam lemari es ini tergolong cepat, yakni 16 kg makanan hanya dalam kurung waktu 24 jam.

Sistem pendingin Changhong CRF-680WPA Inverter bekerja 360 derajat sehingga dapat menyebar ke seluruh bagian kulkas. Anda juga dapat mengatur tingkat pendinginan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Oleh karena itu, tidak heran jika kulkas ini banyak diincar para ibu rumah tangga.

Harga: Rp8.499.000

8. Electrolux ETB4600B-A

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan barang elektronik dengan tampilan yang simpel, maka bisa membeli Electrolux ETB4600B-A. Kulkas ini menggunakan TasteLockPlus crisper yang membuat lingkungan yang lembab sehingga nutrisi buah dan sayur tetap terjaga dan segar selama 7 hari.

Fitur EvenTemp Electrolux ETB4600B-A dapat membuat makanan terasa enak dan meminimalisir terjadinya fluktuasi suhu. Selain itu, untuk menjaga tekstur makanan, merk kulkas terbaik ini mendinginkan setiap rak yang tersedia dengan satu per satu.

Kompartimen ChillRoom Electrolux ETB4600B-A yang didesain agar tertutup rapat untuk memaksimalkan penyimpanan makanan ringan, keju, hingga daging. Lemari es ini juga dilengkapi TanteGuard atau filter karbon yang berfungsi untuk menjaga makanan agar tetap higienis.

Electrolux ETB4600B-A memiliki FlexStor yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kulkas sesuai kebutuhan. Kompartemennya dibuat dengan ukuran yang berbeda agar dapat menampung barang-barang kecil maupun besar. Adapun kompresornya tergolong sangat menghemat energi.

Harga: Rp9.166.000

9. Hitachi R-V48PGD8 BBK

Baru-baru ini Hitachi memperkenalkan produk terbarunya yaitu lemari es R-V48PGD8 BBK. Lemari es ini memiliki desain elegan namun tetap terlihat mewah. Sistem pendinginnya bekerja dengan maksimal sehingga makanan yang disimpan di dalamnya menjadi lebih awet dan tahan lama.

Hitachi R-V48PGD8 BBK dilengkapi dengan teknologi eksklusif berupa kompresor inverter compact yang mampu memberikan pendinginan yang kuat dengan daya yang rendah. Untuk menghemat energi, kulkas ini menggunakan teknologi Super energy Saving.

Setiap kompartemen yang ada di Hitachi R-V48PGD8 BBK memiliki ukuran yang cukup luas sehingga dapat menampung berbagai jenis minuman serta makanan. Lemari es ini memiliki dimensi 680 mm x 1770 mm x 720 mm dengan dua series yaitu Stylish Line dan Glass.

Untuk tampilan luar, Hitachi R-V48PGD8 BBK menghadirkan kesan yang sangat mewah sehingga mampu mempercantik interior ruangan. Anda juga bisa menempatkannya di manapun tanpa harus memakan banyak tempat. Kulkas ini memiliki 2 warna, yaitu Brilliant Silver dan Brilliant Black.

Harga: Rp7.650.000                                                                       

10. LG Smart Inverter Kompresor GN-B195SQMT

Tidak ketinggalan, LG juga merilis produk kulkas terbaik yaitu Smart Inverter Kompresor GN-B195SQMT dengan model 2 pintu. Kulkas ini berkapasitas 187 liter dan dimensi 1400 mm x 555 mm x 585 mm. Pilihan warna yang tersedia adalah Dark Graphite Steel.

LG Smart Inverter Kompresor GN-B195SQMT memiliki fitur Moist Balance Crisper yang mampu menguapkan sisa-sisa air dari makanan dan membentuk embun. Fitur Multi Air Flow dapat udara pendinginan menyebar ke seluruh bagian lemari es melalui beberapa pipa.

Merk kulkas terbaik ini juga dilengkapi dengan Tempered Glass Shelves yang membuat rangkanya kokoh untuk menahan bobot hingga 150 kg. Bagi Anda yang senang menyimpan stok buah-buahan dan sayur yang banyak, kulkas ini memiliki box dengan ukuran yang lebih besar hingga 15,9 liter.

Tidak hanya itu, lemari es buatan LG ini memiliki Smart Inverter Compressor yang dapat menghemat penggunaan energi listrik. Sistem pengoperasiannya tergolong senyap dan tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Jangan khawatir, masa garansi kulkas sangat lama yaitu hingga 10 tahun.

Harga: Rp3.650.000

11. Samsung RT19M300BGS

Kulkas dua pintu Samsung RT19M300 BGS menggunakan sistem pendinginan menyeluruh (All-around Cooling) yang terus mengontrol fluktuasi suhu agar tetap merata. Kulkas ini menghembuskan udara dingin melalui beberapa ventilasi yang ada di setiap rak atau kompartemen.

Fitur Digital Inverter Technology yang dimiliki Samsung RT19M300 BGS dapat menyesuaikan kecepatan secara otomatis sehingga bisa memenuhi kebutuhan pendinginan di 7 tingkat. Meskipun bekerja maksimal, kompresor tersebut tetap meminimalisir munculnya kebisingan.

Jadi, pengguna tidak perlu khawatir akan terganggu dengan suara kulkas yang umumnya berisik. Apalagi, kulkas ini memiliki garansi yang tergolong lama yaitu 10 tahun. Selain itu, Samsung RT19M300 BGS didesain agar tetap hemat energi namun tetap menjaga makanan agar tetap segar.

Kebutuhan listrik kulkas inverter jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan model non inverter. Raknya terbuat dari tempered glass dan telah teruji mampu menahan berat makanan hingga 150 kg. Jadi, Anda bisa menyimpan berbagai jenis makanan termasuk semangka, daging, cemilan, dan masih banyak lagi.

Harga: Rp4.090.000

12. Aqua Japan AQR-D50F

Jika Anda masih hidup sendiri dan belum membutuhkan kulkas yang berukuran besar, maka bisa membeli Aqua Japan AQR-D50F. Kulkas portable ini memiliki model yang praktis, simpel, dengan kapasitas 50 liter. Desain luarnya dibuat agar terlihat minimalis namun sangat menarik.

Setiap kompartemennya dibuat dengan rapi dan detail agar dapat menyimpan banyak makanan. Ukurannya yang kecil membuat Aqua Japan AQR-D50F bisa ditempatkan di dalam kamar tanpa mengambil ruang yang banyak. Menariknya, kulkas ini dilengkapi dengan garansi selama 7 tahun.

Selain kecil, Aqua Japan AQR-D50F membutuhkan daya yang kecil pula yaitu hanya 60 watt. Pilihan warna yang tersedia untuk lemari es ini ada 2, yaitu putih dan abu-abu. Pada bagian top table, dapat digunakan untuk menyimpan vas bunga maupun gelas.

Harga: Rp1.379.000

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, orang-orang pada umumnya membutuhkan perabot rumah tangga seperti kulkas. Lemari pendingin ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan daging, sayur, buah, cemilan, hingga minuman agar tetap segar dan nutrisinya terjaga dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda memilih merk kulkas terbaik dan harganya agar mendapatkan lemari es dengan kualitas yang bagus. Beberapa merk yang dapat menjadi pilihan adalah LG, Panasonic, Aqua Japan, Samsung, Hitachi, Electrolux, Changhong, dan GEA.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: