Cara Salin Tautan di TikTok, Berbagi Informasi dan Konten dengan Keluarga dan Teman

Cara Salin Tautan di TikTok untuk Dibagikan ke Medsos dan WA

TikTok adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi video pendek dengan durasi 15 detik hingga 1 menit. Cara salin tautan di TikTok bisa dilakukan dengan mudah agar bisa membagikan konten yang dianggap menarik dan bermanfaat.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan berbagai jenis konten, seperti tarian, komedi, lip sync, tantangan, vlog, dan banyak lagi. Kemudian dapat menambahkan berbagai efek khusus, musik latar, dan filter ke video mereka untuk membuatnya lebih menarik.

TikTok telah mengubah cara orang berinteraksi dengan konten media sosial dan telah menciptakan bintang-bintang internet baru yang dikenal sebagai “TikTokers.”

Selintas tentang TikTok

Selintas tentang TikTok

TikTok pertama kali dirilis oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok, ByteDance, pada tahun 2016 dengan nama Douyin untuk pasar dalam negeri Tiongkok. Kemudian, pada tahun 2018, ByteDance meluncurkan versi internasionalnya dengan nama TikTok.

Segera saja platform ini menjadi sangat populer di seluruh dunia, terutama di kalangan generasi muda. Karena antarmuka yang mudah digunakan dan fokus pada kreativitas visual yang cepat. Namun, TikTok juga telah menjadi subjek perdebatan terkait privasi dan keamanan data.

Terutama terkait bagaimana data pengguna diolah dan disimpan oleh perusahaan yang mengoperasikannya. Beberapa negara bahkan telah mengeluarkan larangan atau pembatasan terhadap penggunaan TikTok karena alasan tersebut.

Tautan di TikTok

Tautan di TikTok

Makin luas dikenal secara umum, TikTok kini bukan hanya berfungsi sebagai platform yang menampilkan kreativitas anak muda. Tapi sudah berkembang menjadi salah satu sarana promosi yang digunakan untuk berbagai usaha sehingga bisa membantu penjualan secara online.

Seseorang yang memiliki usaha bisa memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya dengan membuat sebuah video pendek. Itulah sebabnya tautan yang ada pada video pendek tersebut sering perlu disalin agar bisa meneruskan proses penjualan.

Hal lain lagi adalah banyak video yang kontennya menarik, menghibur atau memberikan manfaat sehingga ingin disimpan sendiri. Inilah pentingnya menyalin tautan dari video tersebut agar bisa ditonton lagi saat dibutuhkan.

Sayangnya ternyata tidak semua orang merasa mudah menyalinnya. Apalagi caranya juga cukup beragam, tergantung ingin ditujukan ke mana tautan tersebut. Berikut ini akan dibahas berbagai cara salin tautan di TikTok sesuai platform yang dituju.

Cara Salin Tautan di TikTok Orang Lain dan Sendiri di HP

Untuk bisa melakukan hal ini berarti kamu harus mengunduhnya (download) dulu agar tersedia di smartphone yang digunakan. Cara mengunduhnya tidak sulit karena bisa dilakukan secara gratis dari Google Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk para pengguna iOS.

Setelah memiliki aplikasi TikTok di smartphone atau perangkat lainnya, barulah bisa melakukan cara salin tautan di TikTok melalui aplikasinya. Ikuti saja langkah mudahnya berikut ini:

  • Bukalah aplikasi TikTok di perangkat yang digunakan.
  • Lakukan login atau registrasi akun kamu.
  • Registrasi bisa menggunakan berbagai akun media sosial seperti Facebook dan sejenisnya. Bisa juga melalui akun Google (email) atau menggunakan nomor telepon yang digunakan.
  • Selanjutnya pilih video yang kontennya ingin dibagikan atau disimpan.
  • Untuk memudahkan pencarian, bisa menggunakan kolom pencarian yang disediakan dengan menuliskan kata kunci (keyword) seperti nama akun pembuat video atau nama videonya.
  • Sesudah ditemukan, klik ikon di sebelah kanan layar yang berbentuk tanda panah.
  • Nanti akan muncul pilihan “Salin Tautan” (Copy Link) dengan ikon bentuk rantai. Klik ikon tersebut, maka tautannya otomatis akan tersalin.
  • Karena sudah tersalin, tautan tersebut bisa dibagikan ke media sosial dengan cara “Paste

Cara Salin Tautan di TikTok Melalui Web Browser

Menggunakan cara ini berarti menggunakan komputer atau laptop atau bisa juga menggunakan tablet. Jadi tidak memiliki aplikasinya di perangkat yang digunakan tersebut. Jadi langkahnya bisa mengikuti penjelasan berikut ini:

  • Ketik saja tiktok.com pada kolom pencarian yang ada di browser, lalu tekan tombol “Enter
  • Setelah itu lakukan login atau registrasi.
  • Temukan video yang dicari lalu klik ikon yang berbentuk tanda panah.
  • Kemudian klik “Salin Tautan” (Copy Link) yang berlambang rantai. Maka tautannya otomatis akan tersalin.
  • Kini tautan bisa dibagikan dengan melakukan “Paste” di media sosial tujuan.

Sebenarnya kedua cara di atas memang mirip. Bedanya hanya masalah aplikasinya, apakah diunduh atau tidak. Jika memang tidak ingin mengunduh aplikasinya, lakukan saja pencariannya melalui laptop atau komputer.

Menyalin Tautan untuk Dibagikan ke Akun Media Sosial

Dengan maraknya penggunaan media sosial, maka jenisnya pun makin beragam. Platform yang paling umum digunakan adalah WhatsApp (WA), Twitter (TW), Telegram, Facebook (FB) dan Instagram (IG). Karena itu umumnya semua media di atas bisa dihubungkan dengan TikTok untuk berbagi video.

Dalam aplikasinya, TikTok memiliki sarana untuk berbagi konten video dengan berbagai akun media sosial yang dimiliki. Cara salin tautan di TikTok untuk dibagikan ke media sosial ini juga amat sederhana, seperti yang dijelaskan dalam langkah-langkah berikut ini:

  • Masuklah ke TikTok baik melalui aplikasi (melalui perangkat mobile) atau melalui situs web (melalui browser).
  • Pilih video yang kontennya ingin dibagikan atau disimpan. Gunakan kolom pencarian untuk memudahkan.
  • Lanjutkan dengan menekan ikon tanda panah yang melengkung ke kanan.
  • Nanti akan tampil pilihan “Bagikan ke” (Share to) dan ada pilihan berbagai media sosial dan chat.

Setelah sampai ke tahapan ini, kamu tinggal memilih ingin membagikan tautan (link) tersebut ke media sosial yang dipilih. Pilihannya bisa beragam dan berikut ini adalah langkah selanjutnya:

1. WhatsApp / Telegram / Twitter

Setelah melihat pilihan media sosial dan chat setelah tampil pilihan “Bagikan ke” (Share to), lakukan langkah berikut:

  • Pilih ikon bulatan hijau WhatsApp
  • Nanti akan diarahkan ke daftar kontak WhatsApp yang terdaftar milik kamu.
  • Pilih kontak atau grup yang ingin dibagi kontennya.
  • Tautan (link) akan otomatis muncul di kolom percakapan (chat).
  • Tekan ikon pesawat maka tautan tersebut akan terkirim.

Langkah yang serupa juga bisa diterapkan pada pengiriman tautan melalui aplikasi chat “Telegram”. Hanya saja ikon yang dipilih adalah kotak biru bergambar pesawat putih. Juga untuk aplikasi “Twitter” dengan ikon huruf “X”).

2. Instagram

Setelah melihat pilihan media sosial dan chat setelah tampil pilihan “Bagikan ke” (Share to), lakukan langkah berikut untuk cara salin tautan di TikTok untuk berbagi melalui Instagram:

  • Pilih ikon kotak merah Instagram yang bertuliskan “Instagram Direct”
  • Nanti akan diarahkan ke daftar akun Instagram dalam “Direct Message” (DM atau Pesan Langsung) yang kamu miliki.
  • Pilih kontak yang ingin dikirimkan kontennya.
  • Tautan (link) akan otomatis muncul di kolom DM.

3. Facebook

Setelah melihat pilihan media sosial dan chat setelah tampil pilihan “Bagikan ke” (Share to), lakukan langkah berikut:

  • Pilih ikon kotak biru berhuruf F untuk Facebook
  • Nanti akan diarahkan ke kolom pembuatan status di akun Facebook kamu.
  • Tautan (link) akan otomatis muncul di kolom percakapan (chat).

Penutup

Cara salin tautan di TikTok telah dijelaskan dalam artikel di atas. Tautan (link) video yang disukai bisa dengan mudah dibagikan hanya dengan menyalin atau membaginya langsung melalui berbagai media sosial dan aplikasi chat.

Selain untuk dibagi ke pihak lain, tautan video di TikTok juga bisa disalin dengan tujuan untuk disimpan ke media penyimpanan pribadi. Seperti media pada smartphone, misalnya. Sehingga video tersebut bisa ditonton berulang kali tanpa membutuhkan kuota internet.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: