Aturan dan Cara Menonaktifkan FB Sementara + Cara Mengembalikannya

Cara Menonaktifkan FB Sementara di Iphone, Android dan Laptop

Sebagai media sosial yang populer, Facebook punya banyak pengguna dengan berbagai fitur yang kekinian. Kamu yang merasa ingin beristirahat sejenak dari Facebook, ada cara menonaktifkan FB sementara yang bisa dicoba.

Dengan penonaktifan sementara, kamu masih bisa mengakses akun yang dimiliki tanpa harus kehilangan berbagai data di dalamnya. Tidak sulit menonaktifkan FB sementara, berikut adalah panduan dan cara yang benar untuk melakukannya. 

Apa yang Terjadi Jika Menonaktifkan FB Sementara?

Apa yang Terjadi Jika Menonaktifkan FB Sementara?

Akun Facebook yang dinonaktifkan sementara tidak akan kehilangan foto, teman, serta berbagai status yang diunggah. Semua data tersebut akan disembunyikan oleh Facebook, sehingga akun Facebook-mu tidak akan muncul dalam pencarian atau daftar pertemanan.

Bukan hanya itu saja, kamu tidak bisa mengirim permintaan pertemanan ataupun menerimanya. Meski begitu, jika kamu mengirimkan pesan, pesan tersebut masih bisa diterima oleh pihak penerima. Apabila kamu melakukan cara menonaktifkan FB sementara dengan benar, keuntungan yang didapatkan adalah:

  • Semua postingan, foto, video, status akan disembunyikan, namun tidak dihapus permanen oleh Facebook.
  • Kamu masih bisa mengakses Facebook Messenger sepenuhnya, baik untuk menerima atau mengirim pesan.
  • Masih bisa memulihkan akun Facebook hanya dengan melakukan login biasa.

Panduan dan Cara Menonaktifkan FB Sementara

Panduan dan Cara Menonaktifkan FB Sementara

1. Menonaktifkan Lewat Aplikasi FB di iPhone

Pengguna iPhone bisa menonaktifkan akun Facebook yang dimiliki lewat aplikasinya langsung, berikut adalah tata caranya:

  • Buka aplikasi Facebook, pastikan jaringan lancar agar proses nonaktifkasi berjalan lancar.
  • Pilih Pengaturan, di Facebook ikon Pengaturan berupa tiga larik baris di pojok atas.
  • Lanjutkan dengan memilih menu Pengaturan dan Privasi, kemudian pilih opsi Pengaturan.
  • Cara menonaktifkan Facebook di HP iPhone selanjutnya adalah memilih opsi Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  • Jika sudah, silahkan pilih menu Penonaktifan dan Penghapusan dan lanjutkan dengan opsi Nonaktifkan Akun.
  • Proses nonaktif akun Facebook sudah selesai, baca penjelasan yang tersedia dengan teliti dan setujui untuk menyelesaikan tahapan ini.

2. Menonaktifkan Lewat Aplikasi FB di Android

Tidak hanya iPhone, pengguna Android juga bisa menonaktifkan akun yang dimiliki dengan bantuan aplikasi Facebook atau Facebook Lite. Caranya tak beda jauh, berikut adalah panduan lengkapnya.

  • Buka aplikasi Facebook, di bagian pojok halaman Beranda, pilih menu Pengaturan.
  • Akan muncul beberapa opsi menu, silahkan pilih menu Pengaturan dan Privasi, lalu pilih Pengaturan untuk melanjutkannya.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan mengetuk opsi Kepemilikan dan Kontrol Akun, dari sana akan muncul opsi Penonaktifkan dan Penghapusan.
  • Pilih opsi tersebut, akan muncul informasi mengenai penonaktifan akun. Baca teliti dan selesaikan dengan memilih Nonaktifkan Akun.

3. Cara Menonaktifkan FB Sementara Lewat Laptop

Cara menonaktifkan Facebook di laptop sebenarnya nyaris sama, namun karena tampilannya disesuaikan dengan desktop, banyak yang masih bingung. Kalau kamu salah satunya, panduan nonaktif akun FB via PC ini akan membantu.

  • Login aku Facebook lewat website FB, bisa menggunakan web browser atau aplikasi Facebook.
  • Jika sudah berhasil masuk, cara menonaktifkan FB Meta ini adalah memilih ikon navigasi di pojok kanan halaman.
  • Akan muncul beberapa opsi, pilih Pengaturan dan lanjutkan dengan memilih lagi opsi Pengaturan Umum Akun.
  • Dengan memilih menu tersebut, semua informasi mengenai akun yang kamu miliki akan muncul. Untuk nonaktifkasi akun, pilih opsi Kelola Akun.
  • Geser ke bawah, dan temukan opsi Nonaktifkan Akun Anda. Kamu akan diminta melakukan konfirmasi password, isi password dan pilih Lanjutkan.
  • Kotak layar baru akan muncul, kamu harus memasukkan alasan kenapa ingin menonaktfikan akun. Pilih opsi ‘Ini hanya sementara. Saya akan kembali’.
  • Kamu bisa centang ‘Menolak menerima email yang akan datang dari Facebook’. Proses nonaktif akun sudah selesai, pilih Tutup.

Cara Mengaktifkan Akun FB yang Dinonaktifkan Sementara

Sudah tahu kan cara menonaktikan FB Lite di aplikasi atau FB biasa di desktop? Lalu bagaimana mengaktifkan kembali akun FB yang dinonaktifkan? Caranya tidak sulit, jika kamu melakukan cara diatas dengan benar, cukup dengan login biasa akunmu akan kembali seperti semula.

Namun kamu harus punya akses email atau nomor ponsel yang digunakan di akun tersebut. Jadi kamu harus memastikan keduanya masih aktif saat melakukan aktifkasi, sehingga akun FB bisa dipulihkan sebagaimana sebelumnya.

Berbeda dengan cara menonaktifkan FB permanen yang lebih kompleks, kamu tak perlu khawatir dengan pemulihan akun. Setelah melakukan login kembali, kamu akan mendapati semua data di akunmu pulih, tidak ada satu pun yang hilang.

Tapi jika kamu salah menonaktifkan FB ke penonaktifan permanen, maka kamu hanya punya waktu 14 hari untuk memulihkannya. Jika sudah lewat tenggat waktu tersebut, akun FB tak bisa dipulihkan atau diaktifkan kembali. Kamu juga tak bisa login kembali dan harus membuat akun baru untuk memakai FB.

Demikianlah cara menonaktifkan FB sementara lewat HP Android, iPhone, serta lewat desktop. Pastikan ikuti tiap langkahnya dengan benar untuk menghindari akun FB hilang atau tidak bisa diakses.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: