4 Cara Menghapus Iklan di HP Xiaomi

4 Cara Menghapus Iklan di HP Xiaomi (Dijamin Hilang Permanen)

HP Xiaomi memiliki andalan sistem operasi UI mereka yang dinamakan MIUI. Sistem ini cukup bagus dan punya banyak fitur menarik. Sayangnya di samping itu MIUI juga terkenal dengan banyaknya iklan yang diselipkan. Sehingga banyak pengguna Xiaomi yang mencari cara menghapus iklan di HP Xiaomi.

Karena tak jarang iklan-iklan ini sifatnya cukup mengganggu dan muncul pada saat yang tidak tepat. Seperti ketika pengguna membuka aplikasi bawaan Xiaomi atau bahkan fitur-fitur dasar pengaturan pada smartphone.

Beruntung di sini kami akan membagikan sedikit tips terkait cara hapus iklan HP Xiaomi yang meskipun tidak akan sepenuhnya menghapus, setidaknya meminimalisir munculnya iklan-iklan ini. Langsung saja mari kita masuk ke pembahasan di bawah ini.

Cara Menghapus Iklan di HP Xiaomi

Cara Menghapus Iklan di HP Xiaomi

1. Cek Pengaturan Aplikasi

Semua pengaturan smartphone pasti terdapat pada menu “Pengaturan” atau “Settings”. Oleh karena itu untuk menghapus iklan di HP Xiaomi, kita bisa memulai dari menu ini. Begini caranya:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda
  • Cari dan pilih opsi Pengaturan Aplikasi (nama bisa berbeda)
  • Scroll ke bawah dan cari aplikasi yang menampilkan iklan yang ingin dihapus
  • Setelah aplikasi ditemukan, klik aplikasi tersebut
  • Di halaman aplikasi, Anda akan melihat opsi Izin, Notifikasi, atau Iklan. Ketuk opsi ini
  • Matikan opsi Izinkan iklan atau opsi serupa yang ada di sini
  • Selesai.

Pada tahap ini, seharusnya iklan-iklan yang berasal dari aplikasi akan hilang atau setidaknya dibatasi. Cara ini kemungkinan juga tidak works untuk semua smartphone Xiaomi. Jadi pastikan smartphone Xiaomi milik Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

2. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Cara menghapus iklan di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang kemungkinan menawarkan iklan di dalamnya. Seperti yang kita tahu, iklan tidak selalu muncul ketika pengguna membuka sebuah aplikasi.

Seringkali iklan tersebut muncul dari bar notifikasi. Dimana untuk beberapa orang, hal ini cukup mengganggu. Apalagi kalau iklan yang muncul begitu banyak dari berbagai macam aplikasi yang dipasang.

Solusi mudah untuk permasalahan ini adalah memblokir notifikasi dari aplikasi tersebut. Begini cara mudahnya:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda
  • Cari opsi Notifikasi atau Pemberitahuan
  • Cari aplikasi yang menampilkan iklan
  • Ketuk aplikasi tersebut dan matikan opsi Izinkan notifikasi atau opsi serupa yang ada di sini
  • Selesai.

Di beberapa smartphone Xiaomi mungkin terdapat sedikit perbedaan pada langkah di atas tapi ini tidak menjadi masalah karena Anda bisa menyesuaikannya dengan konsep yang sama.

Kelemahan dari cara ini adalah semua notifikasi yang masuk dari aplikasi yang diblokir notifikasinya akan ikut tidak tertampil. Masalah terjadi ketika Anda sebenarnya membutuhkan notifikasi-notifikasi dari aplikasi tersebut. Hal ini membuat cara hapus iklan di HP Xiaomi ini kurang baik penerapannya.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Untuk menghindari lebih banyak iklan yang tertampil di HP Xiaomi, tentu saja cara sederhananya adalah dengan tidak menginstall terlalu banyak aplikasi. Karena semakin banyak aplikasi yang dimiliki maka akan semakin banyak pula kemungkinan iklan yang muncul.

Tapi apabila memang sudah terlanjur banyak aplikasi yang terinstall sejak awal, tidak perlu khawatir. Karena yang harus Anda lakukan hanyalah menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan atau tidak pernah dibuka lagi dalam jangka waktu yang lama. Berikut caranya:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Anda
  • Pilih opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi
  • Lihat aplikasi apa saja yang sedang terpasang
  • Temukan aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak dikenali yang mungkin menyebabkan iklan muncul
  • Ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi Uninstall atau Hapus
  • Selesai.

Ulangi cara di atas terus menerus hingga semua aplikasi yang sudah tidak diperlukan bersih dari smartphone. Dengan demikian kemungkinan munculnya iklan baik dari bar notifikasi maupun dari masuk aplikasi secara langsung akan berkurang.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara menghapus iklan di HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cara ini cukup ampuh bagi Anda yang tidak ingin pusing dengan langkah-langkah yang sudah kami bahas sebelumnya.

Karena pada saat ini, pastinya sudah banyak aplikasi yang memiliki fitur utama untuk memblokir iklan dari aplikasi lain. Jadi Anda bisa menggunakan aplikasi semacam ini.

Hanya saja pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak memiliki iklan yang nantinya hanya akan menambah berat kinerja smartphone. Dan juga cara keempat ini bisa Anda lakukan ketika masih banyak space di memori internal karena menginstall aplikasi baru tentu akan mengurangi ruang dari memori.

Tips Menghindari Iklan di Smartphone

Tips Menghindari Iklan di Smartphone

Setelah mengetahui tentang bagaimana mengatasi iklan di HP Xiaomi, berikutnya akan kami jelaskan tentang tips untuk menghindari iklan yang muncul di smartphone. Agar setelah Anda menghilangkan iklan di HP Xiaomi, iklan-iklan tersebut tidak kembali lagi.

1. Batasi Penggunaan Aplikasi dengan Iklan

Beberapa aplikasi populer sering kali menampilkan iklan sebagai sumber pendapatan mereka. Jika Anda ingin menghindari iklan sepenuhnya, Anda dapat mencari alternatif aplikasi yang tidak memiliki iklan atau memilih untuk menggunakan versi berbayar dari aplikasi tersebut.

Versi berbayar biasanya menghilangkan iklan yang muncul di dalam aplikasi. Sebelum mengunduh aplikasi, periksa ulasan pengguna atau informasi aplikasi untuk memastikan apakah iklan sering muncul atau apakah ada opsi berbayar yang tersedia untuk menghilangkan iklan.

2. Periksa Izin dari Aplikasi

Saat mengunduh dan menginstal aplikasi, penting untuk membaca dan memahami izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi mungkin meminta izin untuk menampilkan iklan di luar aplikasi itu sendiri.

Misalnya, aplikasi mungkin meminta izin untuk menampilkan iklan di layar kunci atau mengirim notifikasi iklan. Jika Anda tidak nyaman dengan izin yang diminta, pertimbangkan untuk tidak menginstal aplikasi tersebut atau mencari alternatif yang lebih terpercaya yang tidak mengharuskan izin semacam itu.

Hal ini seringkali dilewatkan oleh pengguna smartphone. Karena ketika mereka mengakses sebuah aplikasi, mereka langsung mengizinkan semua konfirmasi permintaan izin tanpa membacanya terlebih dahulu.

Hasilnya iklan pun akan masuk secara membabi buta di segala area yang sudah disetujui tanpa sadar.

3. Perhatikan Aplikasi Gratis

Kebanyakan aplikasi gratis menggunakan iklan sebagai sumber pendapatan mereka. Jika Anda tidak ingin iklan-iklan tersebut mengganggu, Anda bisa mengatasi iklan di HP Xiaomi atau HP merk lain dengan lebih memberi perhatian pada aplikasi semacam ini.

Anda bisa membatasi izin iklannya, membeli versi premiumnya, atau bahkan menghapusnya dari smartphone dan menggantinya dengan aplikasi serupa yang tidak memiliki iklan atau yang memiliki iklan lebih sedikit.

4. Berhati-hati Ketika Browsing

Saat browsing di browser ponsel Anda, beberapa situs web mungkin memuat iklan yang berlebihan atau berpotensi berbahaya. Hindari mengklik iklan yang mencurigakan atau tautan yang tidak dikenal.

Selain itu, Anda dapat menggunakan browser yang memiliki fitur pemblokiran iklan bawaan atau menginstal ekstensi pemblokir iklan.

Beberapa cara menghapus iklan di HP Xiaomi bisa dicoba untuk mengatasi iklan yang terus muncul di HP Xiaomi. Cara tersebut mungkin tidak akan langsung menghilangkan iklan 100%, akan tetapi setidaknya cara tersebut akan meminimalisir munculnya iklan terutama dari aplikasi terluar.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: