Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak

5 Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak, Dijamin Balik Lagi

Sejumlah orang mempertanyakan bagaimana cara mengembalikan akun FB yang dibajak. Terutama jika akun FB tersebut digunakan untuk keperluan pekerjaan. Rasanya ingin segera mengembalikan akun FB tersebut seperti semula.

Sata ini Facebook atau FB bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi saja. Misalnya, untuk mengunggah kegiatan sehari-hari maupun sekedar iseng berinteraksi dengan orang-orang. Namun, Facebook juga dapat dijadikan sebagai lapak untuk berjualan dan berbisnis lainnya.

Platform sosial media ini betul-betul sangat potensial. Maka dari itu, apabila ada kabar pencurian data maupun pembajakan FB oleh oknum tidak bertanggung jawab, tentu pemilik akun akan merasa dirugikan. Pemilik akun harus segera mengembalikan akun tersebut.

Ini Cara Mengembalikan Akun FB yang Dibajak dengan Mudah

Meskipun sudah hadir banyak platform sosial media di jagad maya, akan tetapi jumlah pengguna Facebook pun masih tinggi. Facebook atau FB merupakan sebuah platform sosial media yang dikelola oleh Meta sejak lama.

Lewat jejaring sosial ini, para pengguna bisa menambahkan profil dengan kontak, foto maupun berbagai macam informasi lainnya. Selain untuk branding diri, FB juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis. Jika akun FB dibajak, maka cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

1. Pulihkan Akun Facebook

Pulihkan Akun Facebook

Salah satu cara paling ampuh untuk mengembalikan akun FB yang dibajak adalah dengan memulihkan akun. Pengguna bisa langsung melakukan pengajuan pemulihan akun dengan menggunakan langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

  • Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Facebook. Jika tidak punya aplikasi tersebut, maka cobalah buka versi webnya.
  • Kemudian, kamu bisa mengetuk Ikon Titik Tiga yang terletak di bagian bawah foto sampul Facebook.
  • Lalu, cobalah klik opsi Cari Dukungan maupun Laporkan Profil.
  • Jika sudah, kamu bisa klik opsi Hal Lain.
  • Berikutnya, cobalah klik pilihan Selanjutnya.
  • Lalu, silahkan ketuk opsi Pulihkan Akun Ini.
  • Selanjutnya, silahkan ikuti instruksi lainnya yang tersedia. Jangan sampai terlewat satu instruksi pun.

2. Reset Password Facebook

Reset Password Facebook

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak orang lain dengan mudah adalah menggunakan alternatif reset password. Pengguna bisa menambahkan nomor telepon maupun alamat email sehingga dapat langsung mereset kata sandi FB tanpa kendala.

  • Silahkan buka aplikasi Facebook.
  • Kemudian, kamu bisa membuka Halaman Cari Akun Anda. Untuk mudahnya, kamu bisa ketuk tautan berikut: https://id-id.facebook.com/login/identify
  • Selanjutnya, silahkan input alamat email, nomor telepon, nama lengkap maupun nama pengguna yang terkoneksi dengan akun FB tersebut.
  • Kemudian, silahkan ketuk opsi Cari.
  • Jika sudah, kamu dapat langsung mengikuti petunjuk lainnya yang tersedia.

3. Minta Bantuan Teman

Jangan langsung panik saat akun Facebook kena hack atau dibajak oknum tidak bertanggung jawab. Kamu bisa langsung meminta bantuan teman untuk mengembalikan akun FB tersebut. Cara mengembalikan akun FB yang sudah dibajak lewat teman diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Silahkan buka aplikasi Facebook.
  • Kemudian, kamu bisa mencari akunmu lewat email, nama maupun nomor telepon.
  • Ketuk Ikon Tiga Titik Vertikal yang terletak di bagian bawah profil. Lalu, silahkan ketuk opsi Cari Dukungan atau Laporkan Profil.
  • Kemudian, pengguna bisa mengetuk opsi Saya Tidak Dapat Mengakses Akun Saya.
  • Jika sudah, silahkan klik opsi Selanjutnya.
  • Barulah setelah itu, pengguna bisa mengetuk pilihan Recover This Account.
  • Berikutnya, ketuk opsi Akun Ini Tidak Lagi Dapat Akses.
  • Masukkan alamat email lengkap dengan password yang sudah kamu ubah.
  • Jangan lupa setelah itu ketuk opsi Selanjutnya.
  • Kemudian, Facebook akan segera meminta kamu untuk melakukan hal-hal yang dibutuhkan guna verifikasi dengan bantuan teman maupun keluarga Facebook.

4. Cek Email

Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi akun FB yang dibajak ialah dengan mengecek email. Jadi, saat kamu tidak bisa login ke akun Facebook, maka silahkan langsung periksa email.

Biasanya jika ada aktivitas yang mencurigakan, Facebook akan langsung mengirimkan email. Di samping itu, cek email juga memungkinkan pengguna untuk melakukan reset password Facebook sehingga nantinya pengguna dapat login dengan password yang baru.

Tidak sedikit orang yang sigap langsung mengecek email ketika akun Facebook mendadak tidak bisa dibuka. Cara mengembalikan akun FB yang dibajak lewat email seperti ini juga sangat mudah dan praktis sekali dilakukan.

5. Laporkan Akun

Jika cek email dirasa kurang optimal untuk mengembalikan akun FB yang dibajak, maka selanjutnya pengguna bisa langsung melaporkan akun tersebut. Banyak yang menyebutkan bahwa laporkan akun adalah cara pamungkas untuk bisa mengembalikan akun FB yang sudah dibajak tersebut.

Cara untuk melaporkan akun Facebook sangat mudah dilakukan. Pengguna bisa melaporkannya dengan cara mengetuk opsi facebook.com/hacked. Kemudian, pengguna dapat memilih Akun saya dibobol dan silahkan ikuti langkah-langkah berikutnya.

Tidak jarang pula yang berhasil mengembalikan akun Facebook dengan opsi seperti ini. Bahkan opsi sangat ampuh menjawab pertanyaan bagaimana cara mengembalikan akun FB yang dibajak email dan nomor diganti. Jadi, pengguna tidak perlu pusing-pusing memikirkan caranya.

Apa Saja Tanda-Tanda Akun Facebook Dibajak?

Ada beberapa tanda yang menjadi sinyal bahwa akun Facebook seseorang tengah dibajak. Ketika kamu mengetahui tanda-tanda berikut, maka bisa segera melakukan tindakan yang sesuai guna menyelamatkan akun Facebook tersebut dari oknum tidak bertanggung jawab.

1. Email dan Password Berubah

Salah satu pertanda yang paling sering muncul dari Facebook dibajak adalah email dan password berubah. Pengguna sudah tidak dapat login seperti biasa menggunakan email dan password biasa. Jika mengalami hal seperti ini, maka sebaiknya mulai waspada dan ambil tindakan selengkapnya.

2. Nama dan Informasi Berubah

Hal lain yang mesti kamu waspadai dari sinyalir FB dibajak ialah nama serta informasi yang ada berubah. Misalnya, tiba-tiba foto profil FB berubah menjadi orang lain atau bahkan hilang fotonya. Tidak jarang juga informasi seperti tanggal lahir dan sejenisnya pun berubah.

3. Mengirim Permintaan Pertemanan ke Sembarang Orang

Tanda-tanda lainnya dari akun FB yang dibajak adalah akun bersangkutan tiba-tiba mengirim permintaan pertemanan ke sembarang orang. Bahkan mengirim permintaan pertemanan ke mereka yang tidak dikenal. Jika terjadi hal seperti ini tentu kamu harus segera mewaspadainya.

4. Mengirim Pesan yang Tidak Kamu Tulis

Bukan hanya sembarangan mengirim permintaan pertemanan saja. Akan tetapi, saat FB disinyalir dibajak biasanya akun tersebut akan mengirim pesan yang tidak ditulis ke random people. Ini tentunya sudah sangat keliru. Jika terjadi hal seperti ini segeralah mengambil tindakan yang tegas.

5. Ada Postingan Aneh

Tidak jarang juga para oknum tidak bertanggung jawab mengupdate status atau postingan aneh di akun tersebut. Tentunya pemilik akun Facebook tidak pernah mengupdate postingan seperti itu. Apabila ada postingan yang aneh seperti ini, cepatlah untuk mengambil tindakan.

Cara mengembalikan akun FB yang dibajak sangat mudah dilakukan. Beberapa diantaranya adalah dengan cek email, laporkan akun FB, menghubungi teman dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk mengenali apa saja tanda-tanda akun sosial media tersebut sudah dibajak atau dihack orang lain.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: