Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung (+Cara Menonaktifkannya)

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung dan Menonaktifkannya

Samsung punya banyak fitur menarik yang membuat HP ini jadi lebih maksimal dalam pemakaiannya. Salah satunya adalah hadirnya mode aman, kamu bisa mengaktifkannya dengan mengikuti cara mengaktifkan mode aman Samsung berikut ini.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa langsung mengetahui jika ada masalah ketika HP Samsung kamu gunakan. Supaya tidak salah ketika menggunakannya, kamu bisa ikuti panduan mudahnya berikut ini.

Apa Itu Mode Aman?

Apa Itu Mode Aman?

Nyaris di semua HP Android, kamu akan menemukan mode aman atau lebih dikenal sebagai safe mode. Fitur ini berguna untuk mendiagnosa kemungkinan masalah yang terjadi pada HP. Biasanya aplikasi yang tidak kamu unduh di Play Store termasuk dalam jenis aplikasi bermasalah.

Kadang kala karena ketidak tahuan, banyak pengguna Samsung tanpa sengaja mengaktifkan mode ini. Tapi bukan berarti fitur ini akan aktif seterusnya, kamu juga bisa menonaktifkannya dengan melakukan perubahan di bagian menu Setting.

Perbedaan Menggunakan Safe Mode dan Tidak

Perbedaan Menggunakan Safe Mode dan Tidak

Ada beberapa keuntungan mode aman Samsung ketika diaktifkan, selain bisa mendiagnosis masalah, kamu juga bisa mendapatkan benefit lain. Salah satunya adalah pemeriksaan pada aplikasi dan sistem  yang jauh lebih mudah dibandingkan harus menggunakan mode biasa.

Ketika menggunakan mode aman, tidak ada perubahan yang mencolok di HP Samsung yang kamu gunakan. Kecuali di bagian pojok bawah layar sebelah kiri, nantinya akan ada tulisan Safe Mode yang terlihat. Tulisan tersebut akan hilang kalau kamu menonaktifkan mode aman ini.

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung dengan Benar

Setelah tahu apa itu mode aman Samsung, kini saatnya kamu tahu bagaimana cara mudah untuk mengaktifkannya, berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan HP Samsung, untuk memulai mode aman, silahkan tekan dan tahan tombol power sampai HP mati.
  • Ketika HP Samsung sudah nonaktif, tunggu sebentar sebelum menyalakannya kembali.
  • Selanjutkan tekan dan tahan tombol power untuk menyalakan HP sampai muncul logo Samsung.
  • Jika sudah muncul logo tersebut, tekan dan tahan tombol volume bawah.
  • Tekan terus tombol terus sampai HP Samsung menyelesaikan booting, ketika HP sudah menyala, maka HP Samsung otomatis sudah masuk mode aman.

Setelah mode aman aktif, kamu bisa langsung mengecek apakah ada masalah di HP Samsung yang kamu gunakan. Kalau sudah menemukan dan memperbaikinya, kamu bisa menonaktifkan mode aman ini.

Cara Menonaktifkan Mode Aman yang Benar

Banyak pengguna Samsung yang mengeluhkan bahwa mode aman Samsung susah hilang, padahal untuk menonaktifkannya tidak sulit. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lewat Notifikasi

Mode aman bisa kamu matikan dengan menggunakan jendela notifikasi, caranya tidak sulit, begini langkah langkahnya.

  • Masuk ke halaman Home Screen HP Samsung, kemudian swipe up keatas untuk melihat menu notifikasi.
  • Menu Notifikasi yang muncul akan memberikan beberapa pilihan opsi, silahkan pilih notifikasi Mode Aman Diaktifkan.
  • Akan muncul menu baru berupa pop up, lanjutkan dengan memilih menu Nonaktifkan Mode Aman.
  • Nantinya akan keluar opsi baru, langkah berikutnya adalah memilih opsi Matikan.
  • HP secara otomatis akan melakukan restart, kamu hanya perlu menunggu sampai proses restart ini selesai.

Ketika HP menyala kembali, kamu akan melihat bahwa tulisan Mode Aman yang sebelumnya ada di layar HP Samsung sudah menghilang. Kamu kini bisa menggunakan HP sebagaimana fungsinya yang biasa dengan aplikasi yang kembali seperti semula.

2. Melakukan Restart pada HP Samsung

Cara menghilangkan mode aman Samsung berikutnya adalah melakukan restart pada HP. Restart yang dilakukan juga persis seperti restart pada umumnya, berikut adalah panduan melakukannya.

  • Masuk ke Home Screen, kemudian tekan tombol Power sampai muncul opsi menu Restart.
  • Pilih Restart dan tunggu sampai proses restart HP Samsung selesai. Setelah kembali menyala, kamu bisa melihat HP Samsung tersebut sudah menonaktifkan mode aman.

Selain menggunakan menu Restart, kamu juga bisa menekan tombol power dan volume atas untuk mengaktifkan fitur. Hasilnya tetap sama, kamu akan mendapati HP yang sudah nonaktif mode amannya.

3. Melakukan Reset Pengaturan Umum

Kalau kamu menggunakan cara mengaktifkan mode aman dengan benar, seharusnya kamu tak perlu melakukan reset HP Samsung untuk menonaktifkannya. Tapi jika kedua cara diatas sudah dilakukan dan tulisan mode aman belum hilang, lakukan cara berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan, kemudian lanjutkan dengan memilih menu Manajemen Umum.
  • Dari sana, silahkan masuk ke opsi Reset, nantinya akan muncul sub menu Reset Pengaturan.
  • Pilih Reset Pengaturan dan lanjutkan dengan menakan tombol Reset untuk menyetujui proses tersebut.
  • Nantinya kamu akan diminta memasukkan pin atau password dari HP tersebut, masukkan kata sandi tersebut untuk melanjutkan.
  • HP akan mati dan melakukan reset pengaturan, kamu bisa menunggu sampai proses tersebut benar-benar selesai.

Jangan khawatir, kamu tak akan kehilangan satu pun aplikasi atau data ketika melakukan reset pengaturan. Ini karena reset pengaturan hanya akan mengembalikan HP Android Samsung kembali seperti semula pengaturan sistemnya.

Bagaimana Jika Mode Aman Tidak Hilang Juga?

Kalau cara diatas tidak bisa menghilangkan tulisan mode aman di HP Samsung, ada baiknya kamu menghubungi service center Samsung terdekat. Nantinya teknisi Samsung akan membantumu melakukan perbaikan dan menonaktifkan mode aman tersebut.

Tapi kalau kamu tak punya banyak data di HP tersebut, kamu bisa juga melakukan reset setelan pabrik. Nantinya dengan cara ini, mode aman akan hilang, berikut dengan berbagai data yang ada di dalam HP.

Semoga cara mengaktifkan mode aman Samsung ini bisa bermanfaat untukmu, terutama yang ingin melihat sendiri apakah ada masalah di HP Samsung.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: