cara mengaktifkan hotspot di iPhone

3 Cara Mengaktifkan Hotspot di Iphone via WiFi, Modem dan USB

Kebutuhan para pengguna ponsel pada jaringan internet memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Untuk itu pengembang dari iPhone telah menambahkan kemampuan tethering Wi-fi hotspot. Lalu bagaimana cara mengaktifkan hotspot di iPhone?

Memang jaringan internet dijadikan sebagai elemen terpenting untuk memenuhi kebutuhan para masyarakat. Terutama di kehidupan modern seperti saat ini. Hampir semua ponsel iPhone atau Android pastinya sudah memiliki fitur Wi-fi hotspot.

Keberadaan teknologi ini memungkinkan pengguna agar bisa membuka akses internet dengan cara melalui jaringan nirkabel. Setelah itu membagikan jaringan internet pada perangkat lain melalui iPhone.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone sub

Alasan utama yang membuat mengapa fitur tethering hotspot dihadirkan pada ponsel pintar terbaru, baik itu smartphone Android atau iPhone alasannya karena dapat dijadikan sebagai sumber jaringan. Oleh karena itu penting bagi pengguna, agar mengetahui langkah apa saja yang perlu diikuti.

Khususnya iPhone agar bisa mengaktifkan hotspot dengan langkah yang mudah dan cepat, seperti cara berikut:

1. Melalui Pengaturan Jaringan Nirkabel

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan langsung pada ponsel iPhone yaitu memanfaatkan bagian pengaturan. Cara ini dilakukan dengan langkah yang sangat mudah dan efektif. Untuk itu, kamu bisa mencoba langkah-langkah seperti berikut:

  • Silakan buka ponsel iPhone terlebih dahulu.
  • Setelah itu carilah menu seluler yang ada di pengaturan.
  • Lalu cari pengaturan jaringan.
  • Pilih opsi jaringan data seluler.
  • Dari sini, pengguna akan memperoleh beberapa kolom kosong.
  • Silahkan lakukan pengisian di bagian kolom tersebut.
  • Lalu isi access point name supaya iPhone bisa mengambil jaringan internet melalui paket data.
  • Sekarang, di bagian data seluler hotspot pribadi atau pengaturan LTE, silahkan isi kolom APN menggunakan nama internet.
  • Lalu kolom pengguna opsional dapat dikosongkan.
  • Selanjutnya, tinggal mengisi kolom sandi sesuai yang diinginkan.
  • Apabila langkah-langkah yang ada di atas sudah terselesaikan, langsung saja kembali ke halaman utama yaitu di menu pengaturan.
  • Sekarang kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai hotshot pribadi muncul.
  • Jika hotspot sudah muncul, pengguna iPhone bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai hotspot.
  • Kemudian membagikan jaringan internet pada perangkat lain yang telah mengaktifkan Wi-fi-nya.

2. Melalui Modem Bluetooth

Cara mengaktifkan hotspot di iPhone yang kedua bisa mengandalkan modem Bluetooth. Memang untuk cara yang kedua ini dapat membantu pengguna agar mengaktifkan sistem hotspot dengan bantuan teknologi Bluetooth.

Seperti yang diketahui bahwa Bluetooth merupakan fitur smartphone yang memiliki kemampuan untuk membagikan berbagai data. Sekarang kamu juga bisa berbagi jaringan internet melalui modem Bluetooth, caranya seperti langkah berikut:

  • Silakan buka ponsel iPhone terlebih dahulu.
  • Kemudian aktifkan bagian teknologi Bluetooth yang ada di iPhone.
  • Apabila fitur Bluetooth sudah aktif, barulah kamu menekan tombol kembali.
  • Lalu klik menu hotspot pribadi.
  • Jika sudah, klik di bagian pengizinan akses.
  • Nantinya kamu akan memperoleh dua opsi yaitu opsi menyalakan wi-fi dan menyalakan bluetooth.
  • Langkah berikutnya tinggal menguji dengan menghubungkan iPhone ke perangkat lain.
  • Proses selesai.

3. Melalui USB

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa ternyata hotspot di iPhone bisa diaktifkan dengan menggunakan USB. Ternyata metode ini bisa membantu untuk memperoleh jaringan internet yang jauh lebih eksklusif. Ditambah lagi dengan langkah-langkahnya yang sangat simple dan mudah.

Untuk langkah-langkah yang bisa diikuti seperti cara berikut:

  • Pertama, sambungkan iPhone terlebih dahulu pada perangkat lain dapat disambungkan ke komputer atau laptop.
  • Setelah itu, apabila sudah tersambung, silahkan masuk ke menu pengaturan.
  • Pilih opsi hotspot pribadi.
  • Kemudian berikan izin akses.
  • Silakan pilih metode sharing untuk menggunakan USB.
  • Secara otomatis, proses sharing internet akan berhasil.
  • Proses selesai.

Kenapa Hotspot di iPhone Sering Error?

Kenapa Hotspot di iPhone Sering Error

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan hotspot di iPhone seperti penjelasan di atas, kamu perlu mengetahui permasalahan yang sering kali muncul selama penggunaan hotspot di iPhone. Memang hotspot yang bermasalah cukup membingungkan penggunanya.

Terlebih lagi bagi kamu yang baru mulai mengenal hotspot yang ada di iPhone. Apabila mendapati beberapa kendala atau masalah yang terjadi, contohnya seperti hotspot yang tidak dapat menyambungkan internet atau yang lainnya, maka bisa mencoba mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Melakukan Update iOS

Untuk cara yang pertama, kamu dapat melakukan update iOS atau sistem operasi. Secara tidak langsung ini adalah langkah yang bisa membantu untuk memperbarui driver sekaligus menyesuaikan hardware dan software pada bagian sistem operasi yang baru.

Hotspot yang tidak bisa tersambung bisa saja dikarenakan sistem operasi iOS yang terlalu tua. Sementara Apple sudah meluncurkan versi iOS terbaru pada perangkat yang kamu gunakan dan memiliki versi terbaru.

2. Restart iPhone

Apabila cara yang pertama sudah kamu lakukan, akan tetapi hotspot masih juga tidak bisa digunakan, silahkan coba restart iPhone yang kamu miliki tersebut. Cara ini dapat dilakukan apabila mengalami beberapa hal.

Seperti adanya proses pengaktifan hotspot yang diblokir atau hotspot tidak bisa terdeteksi oleh perangkat lain. Kamu tidak perlu khawatir, karena permasalahan seperti ini hanya terjadi di bagian software. Sehingga masih bisa diatasi.

Cobalah untuk melakukan restart iPhone. Dengan cara inilah, ponsel akan secara otomatis merefresh, sehingga permasalahan bisa teratasi.

3. Reset Pengaturan Jaringan

Cara mengaktifkan hotspot di iPhone memang perlu diketahui. Akan tetapi apabila menghadapi permasalahan seperti hotspot yang tidak bisa berfungsi dengan baik, maka kamu sebagai pengguna harus melakukan reset pengaturan.

Jaringan hotspot yang error di iPhone dapat saja terjadi karena bagian pengaturan yang diubah-ubah oleh penggunanya. Apabila kamu pernah melakukan pengubahan hotspot terlalu sering, maka hal ini membuat settingan penting yang ada di hotspot juga ikut berubah.

Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu dimana letak permasalahan yang terjadi. Reset pengaturan jaringan menjadi solusi yang terbaik supaya bisa mengembalikan apapun yang sudah diubah pada bagian pengaturan jaringan.

Sehingga reset pengaturan akan membuat pengaturan yang ada di ponsel kembali ke pengaturan awal ketika melakukan pembelian baru dari pabrik.

4. Mengatur APN

Cara mengaktifkan hotspot di iPhone lain yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki permasalahan dengan mengatur APN. Penggunaan APN yang tidak tepat maka membuat ponsel tidak dapat terhubung di internet. Walaupun menggunakan paket data yang masih ada.

Disarankan bagi pengguna iPhone agar mencoba untuk melakukan pengaturan ulang dari APN yang digunakan supaya hotspot di iPhone tetap bisa digunakan dengan sebaik mungkin.

5. Airplane Mode

Cara yang terakhir bisa menggunakan airplane mode tanpa harus melakukan restart iPhone. Secara keseluruhan, cara ini cukup efektif untuk merefresh sistem menyeluruh.

Akan tetapi, apabila tidak dapat bekerja secara maksimal, maka merestart jaringan bisa dilakukan. Caranya tinggal mengaktifkan bagian airplane mode atau mode pesawat yang ada di iPhone.

Sebagai pengguna ponsel pintar yang ingin berbagi jaringan internet, maka bisa mengikuti cara mengaktifkan hotspot di iPhone seperti apa yang sudah dijelaskan di atas. Langkahnya yang sangat mudah, maka kamu tidak mengalami kesulitan, meskipun baru pertama kalinya mencoba.

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: