7 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone yang Tidak Bisa Mati!

7 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone yang Mengganggu

Suara kamera iPhone sebenarnya bukan sesuatu yang aneh, tetapi akan sangat mengganggu bagi beberapa orang yang memang lebih suka menggunakan kamera secara diam-diam. Maka, pertanyaan seputar bagaimana cara mematikan suara kamera iPhone pun banyak diajukan oleh user iPhone.

Kalau kamu salah satu dari pengguna iPhone yang ingin menonaktifkan suara kamera ini, bisa jadi cara-cara berikut akan sangat membantu. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara mematikan bunyi kamera iPhone 6 hingga series terbaru dari iPhone saat ini.

7 Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Suara kamera saat hendak mengambil gambar terkadang dapat mengganggu bagi sebagian orang. Apalagi para pengguna iPhone biasanya memang cenderung lebih suka dengan silent mode. iPhone pun tidak tutup telinga dengan kebutuhan para penggunanya ini.

Sebab itulah, iPhone juga memberikan banyak opsi serta celah yang bisa dimanfaatkan penggunanya agar bisa menghilangkan suara kamera saat sedang digunakan. Oleh karena itu, berikut beberapa cara mematikan suara jepretan kamera iPhone:

1. Lewat Live Photos

Lewat Live Photos

Cara mematikan suara kamera iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan Live Photos. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa fitur ini dapat diakses langsung dari aplikasi kamera, tanpa perlu masuk ke bagian Pengaturan atau Settings.

Jika menggunakan cara mematikan suara shutter kamera iPhone ini, kamu akan bisa mengambil gambar tanpa bunyi apapun. Cara ini membuat prosesnya menjadi lebih cepat dan tidak rumit dibandingkan dengan menggunakan metode lain seperti melalui logo Assistive Touch.

Fitur Live Photos sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merekam momen sebelum dan sesudah mengambil foto, sehingga menciptakan efek seperti video singkat.

  • Buka kamera di iPhone.
  • Pada pojok kanan atas, ada logo Live Photos.
  • Ketika fitur ini diaktifkan, suara kamera akan otomatis dimatikan.

Cara ini termasuk taktik cerdas dan efisien untuk menghilangkan suara kamera tanpa mengubah pengaturan lain di perangkat. Selain itu, bisa juga menjadi solusi berguna bagi kamu yang ingin mengambil foto tanpa suara kamera yang terkesan mengganggu.

2. Lewat Fitur Silent Mode

Lewat Fitur Silent Mode

Menonaktifkan suara kamera pada iPhone bisa dilakukan dengan sederhana melalui penggunaan tombol geser yang terletak di sisi kiri perangkat. Silent Mode merupakan cara mematikan suara cekrek kamera iPhone untuk mengatur suara agar menjadi bisu. Caranya bisa ikuti turorial berikut:

  • Cek di sebelah kiri masing-masing iPhone.
  • Pasti ada tombol geser ke atas dan ke bawah yang bisa diubah-ubah.
  • Geser ke bawah untuk aktifkan Silent Mode atau sebaliknya.

Dengan menggeser tombol tersebut ke bawah, suara kamera akan secara otomatis dinonaktifkan, begitu juga dengan notifikasi lainnya di iPhone. Proses ini tidak memerlukan navigasi melalui menu atau pengaturan rumit, dan bisa dilakukan dalam sekejap.

Fitur ini terutama bermanfaat dalam situasi di mana suara kamera mungkin mengganggu, seperti dalam pertemuan atau acara formal. Dengan demikian, tombol Silent Mode di sisi kiri iPhone tidak hanya mengatur volume panggilan dan notifikasi, tetapi juga memberi kendali penuh atas suara kamera.

3. Lewat Volume Manual

Cara mematikan suara kamera di iPhone 6 dan versi terbarunya dapat dilakukan dengan cara menurunkan volume suara secara manual. Di samping kanan layar iPhone, kamu akan menemukan tombol volume yang bersebelahan. Tombol tersebut berfungsi untuk mengatur tingkat volume.

Dengan menurunkan volume ke tingkat paling rendah, suara shutter kamera pun akan menjadi tidak terdengar. Cara mematikan bunyi jepretan kamera iPhone ini tergolong cepat tanpa perlu mengakses pengaturan atau menu lain dalam perangkat.

  • Arahkan jari ke sisi kanan iPhone.
  • Temukan tombol volume.
  • Tekan lama tombol bagian bawah hingga silent.

Cara ini juga bisa menjadi cara yang berguna bagi kamu yang ingin mengambil foto tanpa mengganggu orang lain dengan suara shutter, atau dalam situasi lain di mana suara kamera mungkin dianggap mengganggu. Terlebih lagi, cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

4. Lewat Aplikasi Musik

Salah satu cara mematikan suara iPhone yang tidak bisa mati adalah dengan menggunakan aplikasi pemutar musik yang sudah terinstal di iPhone. Cara ini merupakan sebuah trik daripada fitur resmi dari iPhone, tapi cukup efektif untuk menghilangkan suara kamera saat sedang mengambil gambar.

  • Pertama, coba buka aplikasi Pemutar Musik yang ada di perangkat.
  • Selanjutnya, Putar Musik Pilihan sesuai dengan keinginan kamu.
  • Setelah musik mulai diputar, Kecilkan Volume Musik hingga suaranya tidak terdengar.

Pada titik ini, suara kamera juga akan dinonaktifkan, sehingga kamu bisa membuka kamera iPhone dan mengambil foto tanpa khawatir ada suara yang dihasilkan. Metode ini adalah cara cerdik untuk mengelabui sistem dan memungkinkan kamu mengambil gambar secara diam-diam.

5. Lewat Settings

Cara menghilangkan suara cekrek kamera iPhone berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Settings yang ada di iPhone. Bagaimana caranya? Coba ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kamu harus membuka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke General.
  • Gulir hingga menemukan menu Accessibility, dan dari sana ke Assistive Touch.
  • Di dalam Assistive Touch, fitur harus diaktifkan terlebih dahulu.
  • Setelah fitur aktif, kamu harus mengetuk opsi Customize Top Level Menu.
  • Lalu memilih ikon (+) untuk menambahkan menu baru.
  • Dari pilihan yang muncul, menu Mute harus dipilih agar kamera bisa silent.

Langkah terakhir adalah mengklik menu mute di dalam Assistive Touch. Setelah melakukan proses ini, suara shutter kamera iPhone akan dimatikan. Prosedur ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengaturan suara kamera sesuai keinginan sekaligus memberikan kontrol penuh fungsi perangkat.

6. Lewat Rekaman Video

Cara mematikan suara kamera iPhone yang satu ini mungkin belum diketahui oleh banyak orang, yaitu dengan mengambil foto sambil merekam video. Meskipun begitu, cara ini bukan tergolong baru walau tidak banyak orang menyadari fungsi tersembunyinya. Berikut tutorialnya:

  • Pertama-tama, buka aplikasi kamera dan pilih Mode Video.
  • Kemudian, mulailah merekam dengan menekan tombol Rekam.
  • Saat sedang dalam proses perekaman video, akan muncul tombol berwarna putih di samping layar.
  • Tombol tersebut bisa kamu gunakan untuk mengambil foto saat sedang merekam video.

Yang menarik, jika tombol ini ditekan selama merekam video, foto akan diambil tanpa suara shutter yang biasanya menyertai proses pengambilan foto. Cara ini tergolong unik karena kamu bisa mengambil gambar secara silent tanpa melakukan pengaturan apapun.

7. Koneksi Earphone

Mematikan suara kamera iPhone bisa menjadi kebutuhan bagi beberapa pengguna, dan salah satu cara efektif untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan earphone. Prosesnya pun cukup sederhana dan tidak memerlukan penyesuaian pengaturan kompleks.

Sebelum kamu bersiap mengambil gambar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan earphone ke iPhone.
  • Ketika earphone terhubung, suara shutter kamera akan dinonaktifkan secara otomatis.
  • Coba ambil gambar dalam kondisi tersebut, lalu bunyi cekrek pada kamera tidak akan terdengar.

Solusi ini juga bisa berguna dalam situasi di mana privasi dan ketenangan diperlukan, seperti dalam setting perpustakaan atau selama pertemuan penting. Dengan cara yang sederhana dan mudah ini, pengguna dapat mengontrol suara kamera iPhone dan mengambil gambar tanpa suara shutter.

Cara mematikan suara kamera iPhone ini bisa kamu coba satu per satu jika memang ingin memastikan apakah ketujuh cara di atas benar-benar bisa menghilangkan bunyi jepretan di iPhone. Bagikan juga artikel ini jika memang membantu, siapa tahu temanmu juga membutuhkan informasi ini!

Baca Juga:


Posted

in

by

Tags: