Shopee merupakan sebuah aplikasi perdagangan elektronik (e-commerce) yang banyak penggunanya. Karena memiliki banyak fitur unggulan seperti cara ajukan pengembalian dana di Shopee. Pembeli akan banyak terbantu dengan banyaknya layanan yang diberikan.
Adanya platform jual beli online seperti Shopee memang sangat membantu bagi mereka yang tidak ingin direpotkan dengan pergi berbelanja sendiri. Dengan mengunduh aplikasinya, pengguna sudah bisa memilih barang, membelinya, membayarnya secara online dan menunggu barang dikirimkan.
Namun ada kalanya, ada masalah yang terjadi. Misalnya barang tidak sesuai, barang tidak dikirimkan, atau kendala lainnya. Untuk masalah tersebut, Shopee memiliki prosedur agar bisa mendapatkan solusi penyelesaian terbaik antara pembeli dan penjual.
Hal-Hal Perhatian Sebelum Mengajukan Pengembalian Dana
Seperti pada umumnya diterapkan pada platform e-commerce seperti Shopee, pembayaran dana untuk penjual akan ditahan hingga pembeli menyatakan selesai. Jadi ada masa garansi yang diberikan sebagai antisipasi adanya keluhan dari pembeli.
Jika memang terjadi masalah pada barang yang sudah diterima, pembeli berhak mengajukan komplain. Salah satu solusinya adalah pengembalian dana yang dibayarkan oleh pembeli. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan opsi pengembalian dana, seperti penjelasan berikut:
- Alasan pengajuan pengembalian dana termasuk ke dalam alasan yang dapat diterima. Seperti barang tidak diterima atau berbagai masalah yang terjadi pada produk yang dibeli.
- Bukti pendukung berupa foto amat diperlukan untuk penguat alasan yang diberikan.
- Produk tersebut masih dalam cakupan masa garansi.
- Pengembalian dana baru dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dan pesanan telah dibatalkan oleh pihak penjual.
- Proses pengembalian produk sebaiknya menggunakan kurir J&T Express agar biaya kirim barang yang dikembalikan tersebut ditanggung oleh Shopee.
Secara umum, perhitungan masa garansi bisa dimulai sejak pembayaran atas pembelian produk tersebut telah dikonfirmasi. Jadi bisa dihitung dengan rumus berikut:
2 hari masa proses + 7 hari masa pengiriman logistik + 2 hari masa konfirmasi pembeli = 11 hari.
Masa konfirmasi pembeli adalah setelah barang diterima. Namun sebagai antisipasi, masa garansi bisa diperpanjang waktunya dengan mengaturnya di aplikasi atau situs Shopee. Biasanya masa perpanjangan sekitar 3 hari dan hanya bisa mengajukan perpanjangan sebanyak satu kali saja.
Satu hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah Shopee memberikan batasan untuk pengajuan pengembalian dana yaitu 5 (lima) kali. Ini berlaku untuk nomor pesanan yang sama, tentunya. Tombol “Ajukan Pengembalian” akan diblokir jika ingin melakukan pengajuan lebih dari lima kali.
Cara Ajukan Pengembalian Dana di Shopee
Seperti yang disebutkan di atas, pengembalian dana merupakan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan produk yang dibeli. Alasan pengajuan pengembalian dana harus masuk akal dan sesuai prosedur. Pilihan alasan pengembalian yang disediakan adalah:
- Pesanan diterima dalam keadaan tidak lengkap, cacat, tidak orisinal, tidak berfungsi baik atau tidak sesuai dengan pesanan (warna, tipe, ukuran).
- Pesanan tidak diterima sama sekali.
Dalam hal produk bermasalah, pengajuan pengembalian dana harus dilengkapi dengan foto sebagai bukti. Setelah semuanya disiapkan, lakukanlah langkah berikut:
- Buka aplikasi atau masuk ke situs web Shopee
- Lakukan login seperti biasa ke akun pribadi
- Masuk ke menu “Saya” di bagian kanan bawah, lalu pilih opsi “Pesanan Saya”
- Pilih barang yang akan diajukan pengembalian dananya.
- Buka halaman “Rincian Pesanan” lalu klik opsi “Ajukan Pengembalian”
- Lanjutkan ke opsi “Pilih Alasan” sesuai masalah yang dihadapi. Kemudian klik opsi “Konfirmasi”
- Lampirkan atau unggah foto sebagai bukti permasalahan
- Masukkan alamat email yang aktif digunakan. Lalu klik tombol “Kirim.”
Khusus untuk barang atau pesanan yang dikomplain karena barang tidak dikirim, tentunya tidak perlu mengunggah foto. Tapi berikan info lagi mengenai tanggal order dibuat dan diterima oleh penjual.
Nominal dana yang dikembalikan bisa ditulis dengan angka langsung tanpa titik dan koma. Contohnya: Rp200000 (dua ratus ribu rupiah). Atau nilai yang sesuai dengan harga barang yang dibeli.
Shopee akan memberikan notifikasi mengenai pengajuan pengembalian dana tersebut. Notifikasi bisa melalui email atau fitur notifikasi pada aplikasi di perangkat. Jadi pengguna tinggal menunggu respon dari penjual (sekitar 3 hari).
Setelah itu Shopee akan memberikan notifikasi batas maksimum tanggal untuk mengembalikan barang yang bermasalah tersebut. Cara mengembalikan barang diberikan di bawah ini.
Cara Mengembalikan Produk yang Bermasalah
Setelah cara ajukan pengembalian dana di Shopee tersebut selesai dilakukan dan pengembalian barang sudah terjadwal, berikut ini adalah langkah pengembalian barang tersebut:
- Masuk ke aplikasi atau kunjungi situs web Shopee dan login ke akun pribadi
- Pilih notifikasi “Menunggu Pengembalian Barang.”
- Lanjutkan dengan memilih “Opsi Pengiriman” dan lanjutkan dengan memilih Kurir J&T Express agar biaya kirimnya ditanggung oleh Shopee. Klik tombol “Konfirmasi”
- Nomor resi J&T Express dapat dilihat di “Rincian Pengembalian Barang”
- Bungkus kembali produk yang akan dikembalikan tersebut dengan rapi lalu bawa ke cabang kurir J&T Express terdekat dan berikan nomor resi yang diberikan tadi.
- Pada halaman “Rincian Pengiriman Pengembalian Produk” dapat dilihat apakah barang sudah diterima kembali oleh penjual.
- Setelah penjual menerima kembali barang yang dikirim dan setuju dengan pengembalian dana, maka dana akan dikembalikan sesuai cara pembayaran sebelumnya.
Pemilihan kurir memang bisa menggunakan jasa pengiriman lainnya, namun biayanya jadi harus dibayar sendiri oleh pembeli.
Tata Cara Pengembalian Dana
Pengembalian dana akan masuk ke mana? Ini dilakukan sesuai dengan metode pembayaran sebelumnya, yaitu dengan pembagian berikut:
- Ke ShopeePay untuk pembayaran melalui transfer bank, Virtual Account, Debit online, COD (Cash on Delivery), Gerai Indomaret dan Alfamart.
- Ke akun pribadi untuk pembayaran melalui Kredivo, Akulaku, Kartu Kredit dan Spay Later.
Jika melakukan pembelian dengan Voucher, maka dana yang dikembalikan adalah harga barang dikurangi nilai voucher. Pengembalian dananya akan sesuai dengan pembayaran awal.
Meski begitu, pembeli dan penjual bisa mendiskusikan pengembalian dana yang lebih nyaman. Diskusi ini bisa dilakukan di fitur “Diskusi” di halaman “Rincian Pengembalian”.
Waktu Pengembalian Dana
Berapa lama waktu pengembalian dana akan tergantung dari produk yang dibeli tersebut dengan pembagian berikut:
- Produk Shopee Mall: antara 3-5 hari kerja.
- Produk Non Shopee Mall: sekitar 7 hari sejak resi dimasukkan atau maksimum 2 hari setelah pengiriman.
Jika batas waktu tersebut terlewati dan dana masih belum diterima, pembeli bisa menghubungi bagian Customer Service Shopee (24 jam) dengan cara:
- Live Chat: melalui aplikasi atau situs web di “Saya” lalu “Chat dengan Shopee” lalu pilih “Chat with Live Agent.”
- Khusus Shopee Express: telepon ke 021-39500300 atau ke 1500702
- Email ke alamat support@shopee.co.id
Cara ajukan pengembalian dana di Shopee memang tidak sulit, apalagi jika memiliki alasan yang jelas juga dilengkapi dengan bukti foto. Pengembalian dananya pun bisa disesuaikan. Jadi tidak perlu bingung jika memang memiliki keluhan atas produk yang dibeli.
Baca Juga: