Apa Itu Dark Web? Bahaya dan Cara Mencegahnya

Vantage.id – Kabar terkini yang membuat heboh public adalah data pengguna BSI atau Bank Syariah Indonesia dijual ke dark web. Sebenarnya apa itu dark web? Apa bahaya dan bagaimana cara mencegahnya?

Internet yang saat ini banyak digunakan seluruh orang di dunia, ternyata mempunyai sisi gelap atau dikenal dengan sebutan dark webDark web merupakan bagian tersembunyi dari internet, di mana menyimpan banyak rahasia gelap juga adanya aktivitas illegal.

Namun sebenarnya, dark web adalah bagian dari deep web, internet yang tak terindeks oleh mesin pencarian. Dan biasanya dark web tak bisa diakses lewat browser web konvensional. Istilah dark web kembali disorot setelah banyaknya kasus peretasan data di Indonesia.

apa itu darkweb

Dark web juga dapat disebut sebagai konten internet yang ada di darknet, yaitu bagian dari internet yang hanya bisa diakses lewat browser seperti Tor. Ataupun lewat konfigurasi jaringan tertentu.

Dan itulah bagian yang disebut ‘gelap’ masuk, sebab untuk memperoleh akses dark web membutuhkan penggunaan perangkat lunak yang khusus. Hal tersebut dilakukan agar identitas pengguna tetap dapat dirahasiakan.

Untuk mengetahui lebih jelas sebenarnya apa itu dark web, apa bahaya dark web, dan bagaimana cara mencegah atau melindungi diri dari dark web. Bisa menyimak penjelasan lengkap dari Vantage hingga habis di artikel ini.

Pengertian Apa Itu Dark Web

Dark web merupakan bagian internet yang tersembunyi dan dilindungi dengan berbagai lapisan enkripsi. Pengguna biasa tak bisa mengakses dark web dengan mudah sebab membutuhkan sebuah pernagkat lunak khusus seperti The Onion Router atau Tor untuk menjelajahi dark web.

ilustrasi cybercrime

Tor memungkinkan penggunanya untuk bisa menjaga privasi dan anomitas pengguna ketika berada di dalam jaringan dark web. Di dalam dark web, aktivitas anonym menjadi hal yang umum.

Beberapa orang menggunakan dark web dengan alasa yang sah, contohnya adalah melindungi privasi mereka dari pemerintahan yang otoriter. Atau juga bisa mempelajari topic yang sensitive agar tak diketahui oleh pihak ketiga.

Akan tetapi, dark web bisa menjadi tempat yang pas untuk individu yang ingin melakukan kegiatan illegal atau terlarang. Salah satu contoh kegiatan illegal dark web yang terkenal adalah pasar gelap online.

Orang-orang bisa menjual dan membeli barang-barang illegal, contohnya adalah sejata, narkoba, data pribadi, dan malware. Transaksi pada pasar gelap umumnya memakai cryptocurrency sebagai metode pembayaran guna menjaga anonimitas.

Dark web juga menjadi tempat orang bisa mengakses forum-forum rahasia yang membahas berbagai topic tertentu. Contohnya adalah forum yang membahas terkait keamanan computer, kegiatan teroris, atau hacking.

Penting untuk diingat jika dark web adalah wadah dan bukanlah representasi keseluruhan internet. Apakah dark web bahaya? Lantaran banyak sekali orang yang penasaran untuk mengaksesnya, penting untuk Vantage menyadari terkait risiko dan bahaya dari dark web.

Simak penjelasan mengenai bahaya dark web dan cara mencegah diri dari dark web di bawah ini.

Bahaya Dark Web

bahaya dark web

Berikut adalah bahaya dark web yang akan dialami pengguna:

1. Kegiatan Ilegal dan Kejahatan

Dark web adalah tempat di mana berbagai macam kegiatan illegal berlangsung. Orang-orang akan menemukan pasar gelap yang menjual senjata, narkotika terlarang, kartu kredit palsu, data pribadi yang dicuri, bahkan ada penyedia layanan kejahatan, seperti penyerang cyber atau penyadap.

Tentunya jika mengakses atau terlibat hal semacam itu, dapat membuat pengguna berbahaya dan melanggar hukum.

2. Ancaman Keamanan dan Privasi

Mengaksesnya dengan perangkat lunak anonym tak menjamin penuh tentang keamanan dan privasi pengguna. Badan penegak hukum dan pemerintah memiliki kemampuan untuk melacak aktivitas pengguna, terutama saat terlibat dalam kasus illegal.

3. Penipuan

Tempat ini adalah tempat yang banyak untuk penipuan. Banyak pengguna yang tak berpengalaman bisa menjadi sasaran empuk penipu, yang mencoba menjual barang-barang palsu, menipu dalam melakukan transaksi dan lainnya.

4. Dampak Psikologis dan Emosional

Pengguna bisa saja terpapar konten pornografi illegal, kekerasan, atau bahkan web yang mendorong hal yang ektrem atau teroris. Ini bisa menyebabkan terganggunya mental dan trauma.

Cara Mencegah atau Melindungi Diri Saat Jelajahi Dark Web

cara mencegah dark web

Terdapat langkah-langkah untuk melindungi diri atau mencegah hal buruk ketika menjelajah di dark web. Berikut adalah caranya:

  • Pakai perangkat lunak dengan keamanan terkini. Perangkat lunak yang memperbarui system dengan cara teratur.
  • Hindari klik tautan link tak dikenal dan mencurigakan. Atau hindari mengunduh file yang tak diketahui.
  • Tak member informasi pribadi yang bisa mengidentifikasi secara pribadi.
  • Pakai VPN untuk menyembunyikan alamat IP pengguna, hal ini bisa menjaga privasi saat masuk dark web.

Namun perlu diingat, lebih baik menghindari kegiatan atau niat untuk mengakses dark web agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu dark web, bahaya dark web, dan cara mencegahnya. Semoga membantu, ya.

Baca Juga: