Tahiti 80 Membumi Bersama Fear Of An Acoustic Planet

Kali ini Tahiti 80 berusaha mencoba untuk lebih manusiawi dalam urusan aransemen. Sejak debut mereka di 1999, hingga hari ini kelompok indie electro pop/synthpop Perancis tersebut sudah merilis 7 album brilian layak dengar.

Pedro Resende, pencetus awal Tahiti 80, sekaligus anggota yang paling banyak memberikan kontribusi di departemen instrumen, terutama bas, dram, dan vokal, menyatakan bahwa isi album ini lebih seperti cara pendekatan grup tersebut untuk kembali mendekatkan diri dengan kenyataan.

Selain Resende, Tahiti 80 masih beranggotakan Xavier Boyern (vokal & bas), Mederic Gontier (vokal & gitar), Sylvain Marchand (dram), Raphael Leger (kibor), dan Hadrien Grange (kibor & perkusi). Namun dalam urusan musik, konsep French Pop/Electro Pop/Synth Pop sudah terdengar samar-samar di album ini. Gaya-nya lumayan menjauh dari beberapa album mereka sebelumnya.

Track-track seperti “1.000 Times”, “Easy”, “Big Day”, “Matter Of Time”, “Something About You Girl” mengalun dengan sederhana tanpa balutan komposisi njelimet. Ini malah bisa dibilang seperti album Tahiti 80 tanpa kosmetik, di mana semua aransemennya mengalun secara mentah namun terarah.

Sisa lagu lainnya: “Made First (Never Forget)”, “Tune In”, “Seven Seas”, “Better Day Will Come”, seperti mengikuti template lagu-lagu yang sudah disebutkan di atas sebelumya. Di mana para anggota Tahiti 80 terobsesi mengarahkan pendidikan semua materi harus dibuat se-sederhana mungkin, bila perlu tanpa make up. Ornamen elektronik sesekali mereka susupkan di beberapa lagu, namun dengan porsi yang tidak berlebihan. Lebih ke seperlunya.

Fear Of An Acoustic Planet merupakan rilisan musik di tahun 2019, yang lumayan penting, dan berhak berada di katalog para pencari musik organik yang sudah lelah dengan macam-macam manipulasi suara. Sekilas seperti membawa kita kembali ke era Sarah Records, namun dengan pencapaian estetis versi modern. Bau 90-an cukup menyerbak di pelbagai area lirik maupun chorus. Dan ini lumayan menjadi nilai penting bagi album terbaru Tahiti 80 tersebut. Silahkan langsung ke toko musik digital favorit Anda untuk mendengarkan sekaligus membuktikannya.