Membedah Seks Bebas dan LGBT, Sex Education Season 2

Cerita hidup pemuda-pemudi dalam seri Sex Education Season 2 dapat membuka arah pandang lebih luas akan pentingnya edukasi seks di kalangan remaja. Banyaknya mispersepsi mengenai seks jadi titik masalahnya. Isu-isu serius yang di bungkus dengan kelakar namun memiliki solusi jitu pada di akhirnya. Muatan berat yang dikemas ringan, Sex Education di musim keduanya adalah rekaman realitas yang ada hari ini. Netflix punya amunisi lagi, recommended!

Moordale nampak sedang cerah di musim keduanya. Kehidupan Otis Milburn (Asa Butterfield) dan teman setianya, Eric Effiong (Ncuti Gatwa) nampak lurus tanpa batu konflik di awal. Konsultan sex amatir tidak lagi jadi profesinya, sedangkan isu-isu menyimpang terkait penyakit seks sedang menjadi isu hangat di Moodale High School hari itu. Belum lagi tentang perjalanan seks Otis dan kekasihnya Ola Nyman (Patricia Allison) yang tidak berujung harmonis.

Masalah berat justru menimpa hidup Maeve Wiley (Emma Mackey) ketika Ibu kandungnya Erin (Anne-Marie Duff) yang merupakan seorang pemadat akut datang menemuinya dengan balita yang dikatakan adik tiri Meave. Erin bersumpah telah sembuh total dari adiksinya dan memohon rela Meave untuk menumpang tinggal bersama.

Ditambah dengan lagi terpilihnya ibu Otis, Jean F. Milburn (Gillian Anderson) sebagai konsultan seks di SMA Moordale. Dan Jackson Marchetti (Kedar Williams-Stirling) yang ingin keluar dari kekang paksa orang tua yang menuntutnya menjadi atlit renang.

Selain permasalahan seks yang menjadi inti cerita, intrik cinta segitiga dan homo dan biseksualitas juga menjadi bumbu penyedap di musim ini. Konflik antara Otis, Meave dan Ola, letupan cinta sesama jenis Ola dan Lily Iglehart (Tanya Reynolds), dan konflik gay Eric Effiong, Rahim (Sami Outalbali) dan Adam Groff (Connor Swindells) menjadikan season ini penuh warna, arti dan pesan mendalam akan kebebasan seksual yang diidap setiap jiwa muda yang digambarkan tanpa kesan diskriminatif.

Perilaku remaja dan aktivitas seksual dalam seri Sex Education Season 2 merupakan hal nyata yang terjadi di sekitar. Sex Education seolah berpesan hal ini bukan isapan jempol semata. Sebuah masalah yang harus di solusikan dengan baik sebelum menjadi penyimpangan lebih lanjut. Edukasi tentang seks perlu adanya.