Pretty in Pink: Soundtrack Gurih Tanpa Zat Penyedap

Album kelahiran 1986 ini seperti penanda zaman musik warna warni, yang terbiasa menjadi penghias soundtrack di masa tersebut. Ibarat United Colors of Benetton, masing-masing lagu memberi kontribusi yang tak berlebihan, namun tiada pula ada cela di dalam per track-nya.

Hadir menyenangkan tembang bergairah ‘If You Leave’ dari Orchestral Manoeuvres in the Dark sebagai pembuka, menjadi awal yang ceria bagi perjalanan soundtrack ini. Kemudian ‘Left of Center’ yang dikumandangkan oleh Suzanne Vega & Joe Jackson, seperti memberi suntikan infus penambah semangat, agar kita tetap bertahan hingga akhir album untuk mendengarkan terus kumpulan dari lagu-lagu terbaik di era 80-an tersebut.

‘Get to Know Ya’ adalah semburat gemerlap masa SMA kala itu, yang mencuatkan kegembiraan alami muda-mudi berseri di waktu tersebut. Sungguh menebar roma indah bagi kuping ini. Meski agak-agak berbau Prince, lagu ini sangat enak, dan lagi-lagi menumbuhkan semangat baru.

Lalu ada ‘Do Wot You Do’, sebagai jembatan post pop yang teramat berentak, sehingga dapat menimbulkan efek lamunan yang penuh harapan. Kemampuan INXS sebagai band pop senior, dalam mengeksekusi lagu, teruji betul di dalam tembang ini. Dan mereka mampu melewatinya secara relevan. Salut!

Yang paling termashyur dari album ini adalah langgam ‘Pretty in Pink’ sendiri yang dibawakan oleh rombongan The Psychedelic Furs. Keren dan tiada cela. Lalu ada ‘Shellshock’ dari sang New Order, yang menawarkan rasa ganda New Wave gila-gila-an, namun tetap menjaga harmonisasinya secara meluruh pun gemilang.

‘Wouldn’t It Be Good’ adalah tiga perempat perjalanan soundtrack dengan nilai 9, di mana Danny Hutton Hitters menyuguhkan tembang post pop dinamik secara bagus sekali. Dan, ada tembang sakral yang secara organik menyusup gurih plus sempurna ke dalam album ini, yakni ‘Please, Please, Please, Let Me Get What I Want” The Smiths yang luar biasa sedap didengar.

Segera beranjak menuju Spotify, dan dengarkanlah soundtrack bersejarah ini secara seksama. Namun jika ingin mendapatkan paket komplit historikal selengkap-lengkapnya, hajar juga filmnya. Dijamin, masa-masa neon Anda akan aktif kembali!