Pesona A “Fuck You” Attitude di Dalam Dokumenter Beastie Boys Story

Ini adalah paket biografi yang dikisahkan secara lengkap nan akurat tanpa embel-embel drama. Sebuah proses indah dari tindaktanduk tiga bocah punk asal NYC yang punya impian serta daya magis juga otak brilian untuk terkenal lewat karya-karya musik rap yang diciptanya. Kisah nyata perjalanan Adam Yauch alias MCA, Michael Diamond alias, Mike D dan Adam Horovitz alias Ad-Rock dalam Beastie Boys. Dipandu langsung Mike D dan Ad-Rock di King Theatre, Brooklyn. Tuan dan nyonya, ini dia: Beastie Boys Story.

Michael Diamond alias Mike D membuka cerita, dirinya melempar jauh ingatan ke titik umur 15 tahun, kala itu The Clash bak nabi bagi Mike dan segenap manusia di belahan bumi Amerika. Sedangkan selebaran iklan di koran koran gratis tentang gigs Bad Brains tidak bisa ditolak hadirnya. Mike dan teman segilanya John Berry pun berangkat ke tempat bernama The Botany Talkhouse, tempat di mana musik punk diputar pada volume terkerasnya dan dansa gila manusia tidak terelakan geraknya. Ada sekitar 15 orang di situ, namun satu anak dengan busana nyentrik mantel panjang, boots perang dan bros artisan menarik perhatian Mike, perkenalan pun tak terelakan, anak tersebut nyatanya bernama Adam Yauch.

Pertemanan Mike, John Berry dan Yauch beranjut. Hajatan Misfits pada tahun 1982 di Kansas City jadi labuhan gigs selanjutnya dan di sana pula lah rombongan ini bertemu Adam Horovitz. Namun Horovitz bukanlah anak asing yang tetiba ingin bergaul dengan rombongan, dirinya adalah teman dari Kate Schellenbach, perempuan dengan skill drum mumpuni yang juga bagian dari tongkrongan Yauch dan Mike.

Singkat cerita, Yauch punya wacana untuk membuat sebuah band punk-rock, hingga tergabunglah sekumpulan bocah; Adam Yauch, Michael Diamond, John Berry dan Kate Schellenbach dalam satu nama Beastie Boys yang merupakan akronim konyol dari Boys Entering Anarchistic States Towards Inner Excellence. Hingga tiba pada 1983 John Berry keluar dan digantikan Adam Horovitz pada gitar, lalu Kate Schellenbach pun hengkang perlahan dari grup seiring perubahan yang terjadi. Ketiganya lalu kian merapatkan formasi utama, sekumpulan punk kecil yang punya ketertarikan besar pada Rap dan terinfluensi total Run-DMC.

Mereka pun merubah haluan, dengan bantuan Rick Rubin sebagai DJ, ketiganya kali ini mencoba rap hingga terbuahi Cooky Puss dan Rock Hard. Namun tidak benar-benar rap kiranya, tetap punya jiwa punk di dalam Beastie Boys. “Not just B-Boys, but real Rock-star” tulisnya dalam Rock Hard. Dua lagu tersebut hanya awalan cerita sukses Beastie Boys ini, selanjutnya urusan kemampuan musik, perfeksionisme, keberanian, bengal dan balutan seribu keberuntungan yang tidak putus selama perjalanan karir Beastie Boys hingga ke pucuk kesuksesan.

Beastie Boys Story arahan Spike Jonze berkisah lengkap tentang metamorfosa sekumpulan anak bertalenta emas asal pinggir New York City yang perlahan menjelma menjadi grup hip-hop paling disegani di dunia. Ada banyak kerja keras dan tetes teringat dari MCA, Mike D dan Ad-Rock tersaji dalam hikayatnya. Namun tenang, biografi ini tidak terlalu miris mengisah, serangkaian bumbu komedi dan cerita bahagia berimbang di dalamnya.