Peringatan Dari Joker Guna Kesehatan Mental Seluruh Insan di Dunia

Ini merupakan film yang akan mendekatkan kita dengan entitas masing-masing, agar para penonton film Joker lebih realistis, bahwasanya di dalam kejiwaan setiap individu ada batas ketahanan mental yang harus selalu dijaga supaya tidak menjadi gila serta semena-mena.

Joaquin Phoenix tidak perlu dibandingkan dengan pemeran-pemeran Joker pendahulunya, kecuali Heath Ledger. Kedua aktor tersebut total berakting sebagai Joker dengan cara yang berbeda, dan mereka mampu memberikan ejakulasi visual yang maksimal saat memerankan tokoh karakter penderita penyakit kejiwaan kelas berat ini.

Film ini mendulang kerikil manik depresif di segala penjuru adegannya. Sang sutradara Todd Phillips, berhasil menebak pikiran bakal calon penonton Joker, di mana kita dibawa menyusruk secara masal dari menit ke menit-nya.

Frances Conroy pemeran Penny Fleck ibunya Joker menjadi penyeimbang yang sempurna terhadap keseluruhan isi cerita film. Dia masuk ke dalam seluruh sekat-sekat peristiwa penting yang menjadi intisari kisah sumbang si anak, dengan kepiluan yang realistis dan dekat dengan kisah kita sehari-hari. Sehingga ini menjadi nilai plus lagi dari film tersebut.

Arthur Fleck alias Joker sudah dihinggapi radang mental sedari dia dini. Dia dan sang mama, Penny Fleck, bak pasangan anak ibu yang hampir seluruh perjalanan hidupnya dibuat babak belur oleh penyakit jiwa. Arthur selalu sial dan terbentur, sementara Penny seperti pangkal dari segala keterpurukan yang terjadi. Penny merupakan karakter yang terbentuk sebagai antitesis dari kondusifitas, sementara Arthur sendiri merepresentasikan sosok yang dijauhkan dari kesenangan dan ditakdirkan untuk dekat dengan kepekatan. Baik secara nasib maupun penerimaan di lingkungan sosial.

Latar belakang kota Gotham yang penduduknya sedang mengalami era depresi, semakin memperkuat nilai suram dari film ini. Tentu saja jika dilihat dari pemilihan Gotham, sebagai asal muasal segala kekacauan yang terjadi di sepanjang film Joker, ada korelasinya terhadap tokoh yang identik dengan kota tersebut. Silahkan tonton langsung akting brilian Joaquin Phoenix, Frances Conroy dan Robert De Niro. Ini adalah film terbaik di tahun 2019. Soundtrack-nya pun luar biasa.