Ten – Album Pearl Jam Yang Teramat Bersejarah

Menjadi album pertama sekaligus terbaik dari unit alternatif terkemuka Seattle, yang maha Pearl Jam. Dirilis pada tahun yang tepat, yakni bulan Agustus 1991, dan bergerak menyemangati dunia secara bersamaan dengan album ‘Nevermind’ Nirvana, yang rilis sebulan setelahnya, yaitu di September 1991.

Komposisi di dalam album ‘Ten’ ini bila didengarkan secara menyeluruh, aransemennya bak seperti sudah disediakan oleh para personil lain untuk diisi vokal oleh Eddie Vedder. Sahut menyahut antara Stone Gossard (gitar) dan Mike McCready (gitar) terdengar kompak betul dalam mengawal segala lagu dalam album super sakral ini.

‘Once’, ‘Even Flow’, dan ‘Alive’, melaju nyaman di kuping, sehingga belasan menit tak begitu terasa terlewatkan, saking ketiga lagu tersebut terdengar sangat menyenangkan di telinga kita. Anda akan seperti dibawa ke dalam sebuah perjalanan khidmat dari satu lagu ke lagu lainnya, sehingga perasaan seolah-olah tak ingin ketinggalan satu detik pun momen dari lagu-lagu di atas. Jenius.

Lalu ada ‘Why Go’ yang menyeruak macho, bak gemuruh sangar dari seorang Bruce Banner yang kalem, di mana dia tercolek sensitif, dan tetiba berubah menjadi si buas Hulk. Kemudian hiburan selanjutnya dituangkan oleh lagu ‘Black’. Di lagu ini buaian sulur Jeff Ament (bas) dan godaan ketukan Dave Krusen (drum), adalah perpaduan gemulai yang indah, penuh pesona, yang serta merta akan membawa kita ke sebuah tempat lamunan paling tepat, untuk mengheningi segala tabir nestapa hidup aku, kamu, dan mereka semua selama ini. Nyaman, namun lumayan merunduk.

Hal tergila dari album “Ten” ada di tembang ‘Jeremy’. Sebuah pesta garda alternatif tersemat dari lagu ini. Di mana nada-nada yang terkuak di dalamnya, adalah salah satu tali pemicu berdirinya genre yang di kemudian hari kita kenal dengan sebutan nama Grunge.

Album “Ten” adalah sejarah terbaik awal 90-an. Tidak bisa disandingkan dengan “Nevermind” Nirvana, karena masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Unik, namun dengan cara Grunge-nya sendiri-sendiri.