Merupakan film yang mengangkat kisah nyata sekaligus epik Henry ‘Papillon’ Charriere dalam kisah pelariannya dari salah satu lembaga pemasyarakatan terburuk di dunia: Devil’s Island.

Drama biografi yang disutradarai Michael Noer ini menuturkan bagaimana Henri Charriere (Charlie Hunnam) bisa dijebloskan ke dalam pulau busuk tersebut, karena dirinya dianggap telah melakukan pembunuhan. Setibanya Henri di lembaga setan yang terletak di daerah French Guiana ini, di mana tak seorang pun dapat melarikan diri dari sana, Henri berjumpa dengan bakal calon sohib karibnya di kemudian hari, yaitu Louis Dega, yang diperankan oleh si jenius Rami Malek.

Dengan latar belakang Perancis tahun 1933 hingga 1941, film ini sanggup memberi kesan suram depresi yang teramat sangat. Kepiawaian para pemain pendukung berhasil membuat adu akting antara Charlie Hunnam dan Rami Malek menjadi tektokan yang multiguna dan sarat akan kedalaman.

Adegan-adegan saat Henri berantem dengan sesama narapidana, lalu bagaimana ia bisa bersahabat dengan Louis Dega, dan ditambah drama-drama di kala mereka berdua mencoba kabur dari penjara neraka tersebut, terefleksikan secara meyakinkan melalui film ini.

Papillon memang mendapat review yang kurang baik dari beberapa kanal kritik seperti IMDB maupun Rotten Tomatoes. Namun hal tersebut jangan menjadi kendala Anda untuk tetap menyaksikannya di channel HBO rumah kalian.