Betapa Lagu-Lagu Sheila On 7 Menghiasi Masa Indah Saya, Kamu, dan Mereka

Komplotan penghasil nada pop setengah alternative-rock asal Yogyakarta ini berisikan anggota-anggota yang tidak lagi muda.  Namun ajaib, pamor dan karyanya masih senantiasa diterima. Penggemarnya lintas generasi dan punya loyalitas tinggi. Sementara lagu-lagunya seolah adaptif dalam menggambarkan problematika hidup remaja. Produktivitasnya terjaga meski di usia yang tidak lagi muda. Karyanya abadi mengisi soundtrack jalan hidup pendengarnya yang berjuluk Sheilagank. Ya, tidak lain tidak bukan, mereka Sheila On 7.

Kemampuan Akhdiyat Duta Modjo (Duta) pada olah vokal tidak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya, begitu pula dengan cara Eross Candra memperlakukan instrumen gitarnya dalam membuahi keelokan nada super khas, juga dentum yang dibuat oleh Adam Muhammad Subarkah pada bassnya, ditambah gebukan matang dan sempurna Brian Kresno Putro pada Drum yang begitu empuk. Keempatnya merupakan maestro penghasil irama yang berhasil memboyong hati berjuta insan lewat kidung-kidung pop manis, motivatif pun emosionil tentang perjalanan cinta dan pertemanan yang mereka aransemen.

Kehadirannya album perdana (Sheila On 7, 1999), kedua (Kisah Klasik Untuk Masa Depan, 2000) dan ketiganya (07 Des, 2002) pun langsung menuai puji. Ketiga album awal SO7 tersebut laris diboyong dan menembus angka satu juta copy untuk masing-masing penjualannya. Track-track di dalamnya seketika menjadi ode wajib remaja era tersebut. Sheila On 7 pun kian menjadi fenomena dalam kancah musik tanah air dan berhak diganjar beragam penghargaan.

Tidak berhenti sampai di situ, kemampuan berkelas dalam mengaransemen tembang dari Duta, Eross, Adam dan Brian pun berlanjut. Satu demi satu masterpiece dihasilkan dan kian membawa Sheila On 7 kokoh di puncak popularitas karir. Sementara totalitas Sheila On 7 dalam bermusik tidaklah luntur termakan pamor, sejauh 24 tahun kiprahnya band ini masih tetap menorehkan karya suara. Hal tersebut dibuktikan Sheila On 7 dengan 10 album yang ditetaskannya. Album paling terakhirnya dirilis pada 2014 lalu dengan judul Musim Yang Baik, sementara satu singel berjudul Film Favorit dilepas 2018 lalu.

Jika dilihat, tidak banyak formula rumit yang disisipkan Sheila On 7 pada setiap karyanya. Nada-nada ringan, simpel namun tetap punya nilai orisinilitas, pilihan topik sederhana pada tiap lagunya dan gaya penyampaian yang lugas, nyatanya jadi format pasti yang membuat tiap-tiap lagu Sheila On 7 mudah diterima dan diingat pendengarnya. Sementara, apa lagu Sheila On 7 favorit kalian?