Orkestra Dini Hari, Lesser Matters Dari The Radio Dept

Sepertiga malam jadi waktu yang paling tepat untuk mengambang dalam awang pikiran. Entah kalut, bahagia, atau berwacana tak tahu kemana ujungnya. Butuh energi lebih untuk memecah heningnya, dan album Lesser Matters dari The Radio Dept dirasa punya formula yang tepat mengiringi sendu dini hari.

Irama-irama Dream Pop jadi menu yang pas disantap. Menyumpal gendang telinga dengan padatnya fuzz gitar, drum legit, kibor plus elektronik, bass empuk dan vokal datar. Ritual relaksasi yang dibuka dengan Too Soon dan ditutup manis oleh Lost And Found pada nomor solidnya, tiga belas materi selama empat puluh tiga menit sepuluh detik mengalun.

Tidak peduli perangkat suara apa yang digunakan, tidak peduli Harman Cardon, Bose, Xiaomi ataupun handsfree Samsung sepuluh ribuan dari asongan di petak pojok Stasiun Bogor, toh irama sakralnya pun istimewanya tetap terngiang jelas. Terutama dengan Keen Boys yang ada di nomor ketiga. Desir yang timbul dari entah apa instrumennya dan vokal meruangnya sukses meraup semua gundah atau sebaliknya, menjadi katalis serangan nyusruk bin kelam yang kian membawa perasaan. Shoegazing memang penuh kejutan katanya, emang iya?

Lalu berlanjut ke beberapa track sadis seperti Why Won’t You Talk About It?, Its Been Eight Years, hingga ke nomor Strange Things Will Happen yang makin menjelaskan teater pikiran dalam lamun dini hari. Tiada henti, nonstop dan tidak tanggung-tanggung memekakan membran syaraf dengan kumpulan bunyi-bunyi magisnya. Tidak ada yang bisa ditolak.

Tunggu, belum kelar. Masih ada Your Father yang dalam dan emosionil pastinya. Tapi Ewan di putaran selanjutnya punya penawar pahitnya, up beat di ujung dan konsisten dengan fuzz seraknya. Namun Lost And Found tidak kalah memukau di penghujung dan tepat guna jadi penyudah dosis Lesser Matters dengan bebunyian elektronya. Album yang punya kandungan panas dan dingin, pahit dan manis, senang dan lara, dalam satu pilnya.