Kalut Akut di Ratu Ilmu Hitam

Kimo Stamboel berbagi keseraman terhadap audiens milenial, melalui hikayat 80 karya legasi Subagio Samtani, yakni Ratu Ilmu Hitam, yang dia sadur ulang bersama Joko Anwar dalam kemasan paket horor mengesankan dan diyakini akan menjadi film setan terbaik dekade ini.

Kepiawaian olah cerita Joko Anwar dalam menyadur karya lama memang juara. Dia terjun bebas menyelam mengulik hingga menerabas lepas dari kungkungan standar film lamanya, namun tetap prinsipil dengan mempertahankan nilai-nilai luhur misterinya.

Indonesia memang berhak disemat sebagai pabrik penghasil cerita horor terbaik di dunia. Warita, fiksi, karangan, prosa, babad, dongeng, hikayat, tambo, bual, dan isapan jempol, berpadu kasih dalam drama penuh adegan keji yang berlangsung selama 1 jam 39 menit dalam film Ratu Ilmu Hitam.

Yang perlu diberi garis merah adalah akting menawan Sheila Dara Aisha yang memerankan Siti, dan Giulio Parengkuan yang berperan sebagai Hasbi. Keduanya menohok, meski tidak mencolok. Dalam karir film selanjutnya, mereka berdua sepertinya akan mendapat porsi-porsi yang lebih ruah dari para sineas kugiran.

Untuk alur ceritanya sendiri, meski pelan di awal, namun tensi-nya memiliki takaran yang pas. Kita sebagai penonton tidak dipaksa ngebut masuk ke dalam roh film. Ibarat hook dan jab Mike Tyson, lembut di awal lalu brutal kemudian.

Deg-deg ser berlangsung dari paruh hingga akhir film. Aksi tutup mata pakai tangan dapat dipastikan akan mewarnai arena bioskop Anda. Mungkin ini lebih ke ungkapan bahwa kita ini masih termasuk ke dalam populasi manusia yang anti tega.

Mengapa? Anda jawab saja sendiri dengan pergi ke bioskop untuk menonton film yang menurut saya meski ada beberapa scene yang agak kurang nyambung, namun tidak banyak basa basi, dan tetap sarat dengan kejutan-kejutan maksimal khas Kimo dan Joko.

Pemilihan cast pun sangat berpengaruh. Kehadiran Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, Imelda Therinne, Salvita Decorte, dan terutama Putri Ayudya, menjadikan emperor Kimo dan Joko sebagai barisan semarak yang akan selalu dikenang sebagai paket kombo layar perak yang menjanjikan.