DSVII: Album Terberat M83

Unit elektronik asal Perancis dengan domisili Los Angeles, M83, September lalu baru saja merilis album ‘DSVII’ yang compact disc dan piringan hitam-nya terdiri dari 4 side: A,B,C, dan D. 3 single yang mereka unggulkan bertajuk “Feelings”, “Lune De Fiel”, dan “Temple Of The Sorrow”. Grup yang sesungguhnya hanyalah kreasi one man show dari Anthony Gonzales ini, semakin terbujur di nada-nada mengawang. Dan, gawatnya lagi, M83 seperti ingin menjauh dari karakter di 3 album sebelumnya.

Citra yang ingin ditunjukan oleh Anthony Gonzales dalam album ini adalah macam-macam rasa harmoni era video games pada pertengahan dekade 80-an. Dia seperti ingin kembali menjadi anak kecil yang terobsesi oleh karakter-karakter di dalam permainan SEGA, Atari, dan Nintendo pada era tersebut.

Ke-15 track yang ada di album ini benar-benar dibuat secara teliti serta penuh riset. Karena Anda dapat mendengar segala detil instrumen secara sangat baik dan benar. Anthony Gonzales sendiri berseru, bahwa ia ingin mengembalikan musik M83 ke zaman album ‘Digital Shades Vol 1’. Salah satu album terumit mereka.

Jika dilihat dari sudut pendengar, sepertinya Anthony Gonzales ingin mengajak siapapun yang menyimak album DSVII turut merasakan sensasi masa kecil dia yang terlalu ‘kedalaman’ terhadap berbagai bebunyian permainan petualangan yang popular pada era itu. Di album ini dia memecah-mecah cerita melalui 4 babak komposisi musik.

“Hell Riders”, “A Bit of Sweetness”, dan “Goodbye Captain Lee”, muncul sebagai babak pertama dari album yang teramat megah ini. Keterampilan Anthony Gonzales dalam hal song story telling dipaparkan secara menarik pada ketiga lagu tersebut. Lalu di babak ke-2 tuturan M83 yang menuntun, terajut dalam lagu “Colonies”, “Meet The Friends”, “Feelings”, dan “A Words Of Wisdom”. Kemudian babak ke-3 Anthony mengumbar pilu kesah pada track “Lune De Fiel”, “Jeux D ‘Enfants”, “A Taste of The Duck”, “Lunar Son”, dan “Oh Yes You’re There, Everyday”. Petualangan yang teramat manis ini berakhir di babak ke-4 melalui lagu “Mirage” serta “Taifun Story”. Dari lagu pertama hingga terakhir, ada sebuah benang merah yang mengaitkan ‘DSVII’ dengan album ‘Digital Shades Vol 1’. Apa itu? Instrumentalia.

Kemampuan olah instrumen Anthony yang begitu trengginas, seperti sudah berada di level pencapaian tahta kelas kaisar. Gila, sih. Ketika pemahaman seorang musisi sudah berada pada tingkatan tersebut, saya tidak bisa membayangkan apa lagi yang akan dilakukan olehnya untuk membuat sesuatu yang lebih besar dari seluruh karya dia di album ini.

Jika Anda merupakan salah satu dari penggemar berat M83, musik elektronik instrumentalia yang Anthony Gonzales ciptakan untuk album ini akan bergerak dengan leluasa ke dalam kuping dan relung jiwa. Namun jika kalian adalah tipikal penikmat musik elektro pop yang terima jadi hits-nya saja, mungkin akan agak sedikit sulit untuk mengerti maksud dari album ini. Butuh pembuktian? Silahkan langsung buka toko musik online kesayangan Anda, lalu cari album DSVII.