Hiruk Pikuk Senja Era Itu di City Of Angels

Jude menjadi cerita akustik legit yang sarat tuaian pujian akan folk otentik khas penyendiri, melalui lagu ‘I Know’ yang ia derapkan di dalam album soundtrack nan fenomenal kelahiran 22 tahun silam, bernama City Of Angels, di mana filmnya dibintangi Nicolas Cage dan Meg Ryan.

Ini merupakan kumpulan karya-karya jernih yang dapat memuaikan kembali emosi positif kita dalam berkehidupan. Seperti kemunculan sang aktivis penuh visi fantastis yang merupakan vokalis pertama Genesis, Peter Gabriel, dengan lagu legendarisnya ‘I Grieve’. Lalu sang fenomena Irlandia yang selalu penuh dedikasi total dalam menggoreng berbagai karya, yaitu U2. Mereka berhasil menancapkan asap-asap notasi romantik sederhana yang sangat dinamis ke dalam sebuah lagu bernama ‘If God Send His Angels’, sehingga menjadi sebuah hiburan kuping yang berkesan di dalam soundtrack ini.

Kemudian kemagisan lain muncul dari seorang penyanyi perempuan yang merupakan akar dari segala akar kefeminisan, Alanis Morissette, yang berkontribusi besar melesatkan City of Angels ke ujung paket kenikmatan, ketika soundtrack ini dirilis pada tahun 1998, melalui lagu ‘Uninvented’ nya.

Lalu Sarah McLachlan dan Paula Cole bergantian menyemarakan isi album melalui hal-hal melankoli yang mereka tulis di dalam lagunya masing-masing. Paula dengan nada-nada optimis lewat lagu ‘Feelin Love’, dan Sarah yang mencuatkan segala kegalauan bersama lagu ‘Angel’ miliknya.

Anak emas dari soundtrack ini adalah ‘Iris’ persembahan trio pop rock kebanggaan Amerika, Goo Goo Dolls. Ya, melalui lagu ini mereka begitu mendunia dan menjadi santapan gurih media musik di segala negara. Sampai kapan pun ‘Iris’ akan menjadi salah satu lagu yang paling digemari oleh warga bumi. Lagu ini teramat komplit, karena sangat sukses membangun emosi yang baik di dalam struktur lagunya, di mana eksekusi aransemen yang dilakukan oleh Johnny Rzeznik dan kawan-kawan berhasil mencapai titik sempurna, sehingga tidak ada yang kurang dan tak ada yang berlebihan. Liriknya apa lagi, sungguh sukses menjadi bilur bilur cerita romansa sepanjang masa yang begitu identik dengan konten filmnya sendiri.