Penyelamatan Black Brothers Melalui “Saman Doye”

Lagu ini merupakan kenikmatan tertinggi dari dunia psikedelika tanah air yang lahir di tengah 70-an, yang sukses menyeruak menyelinap masuk menusuk belantara elsit nusantara dengan segala kepecahannya.

Black Brothers adalah salah satu harta karun terbernas musik masa lampau Indonesia. Bersama-sama kugiran lainnya, semisal The Rollies, Shark Move, AKA, dan God Bless, pasukan asli Papua Barat ini menerabas hutan pop saikedelik dengan lugas melalui tembang beringas bernama “Saman Doye”.

Ada sih beberapa lagu lainnya yang lumayan dikenal masyarakat masa lalu seperti ‘Putus di Tengah Kerinduan’ dan ‘Derita Tiada Akhir’, namun yang paling patut dapat perhatian adalah ‘Saman Doye’. Lagu ini adalah janji fenomenal kedigdayaan rock bangsa kita. Jenius, plus memiliki tingkat mutan yang spesial, dan mempunyai naluri alamiah dalam membawa pendengarnya ke tingkat ‘tenang’ yang lebih tinggi.

Sesuatu yang patut dibanggakan sekaligus dilestarikan, agar roh Black Brothers tetap bersemayam di dalam tubuh para generasi pop maupun rock tanah air selanjutnya. Silahkan kunjungi YouTube atau website Irama Nusantara, untuk mendengar versi penuh dari lagu fenomenal ini.