Jika album elektro ini pertama dirilis pada 2002 ,maka di tahun ini umurnya resmi menginjak angka 18 warsa. Jika benar pula, maka saya, Anda, dan beberapa sejawat lainnya mungkin masih terhitung balita di hari H perilisannya. Lalu jika sekarang gaung magisnya bisa kembali didengarkan dalam versi digital, maka bersyukur dan berterimakasih lah kepada Anoa Records atas penyelamatan artefak suara yang dihasilkan Media Distorsi dalam Chapter 01 : The Beginning.

Tidak banyak narasi yang tersisa dari gambaran situasi kancah alternatif pada medio awal 2000. Kebanyakan tulisan yang beredar fokus bercerita tentang kedigdayaan Britpop, putusnya sebagian generasi efek dari candu substansi, serta kenangan manis murahnya harga miras. Sementara itu menurut beberapa tetua, musik electronik masih berada pada level underground, namun tetap punya taji dalam pergerakan sempitnya. Satu dari pelakunya adalah Future Sound Of Pejaten, komplotan penghasil suara repetitif dan penuai dansa lepas dari serangkaian instrumen elektronik yang digagas Agus Sasongko sejak akhir dekade 90-an yang punya segudang jejak bernas dalam nafas musik elektro di ibu kota.

FSOP dalam perjalanannya pun bermetamorfosa menjadi sindikat ajaib bernama Media Distorsi. Terbentuknya formasi dynamic duo, Agus Sasongko dan Indra 7, yang menetaskan album elektronik lokal terfenomenal pada era itu bernama Chapter 01 : The Beginning di tahun 2002. Chapter 01 : The Beginning berisikan 10 materi lagu dengan warna dan ciri khas masing-masing. Album ini pun membuktikan kejeniusan Media Distorsi dalam merumuskan beberapa aliran musik sekaligus mulai dari triphop, trance, techno, rock hingga drum n bass ke dalam satu paket lengkap. Sayangnya album ini terkikis seiring derasnya arus tren.

Hingga tiba 18 tahun berselang, kabar baik pun muncul dari tubuh Anoa Records yang mengumumkan telah mendigitalkan artefak bernas album Chapter 01 : Beginning dari Media Distorsi ke dalam paket digital yang bisa dilahap langsung pada platform-platform music streaming. Bagi sebagian tua, perilisan kembali Chapter 01 : Beginning bak pil waktu yang membawa kembali kenangan manis tak terlupakan. Sementara sebagian muda, album ini menyadarkan adanya band elektronik lokal sekaliber Media Distorsi yang punya cara brilian memadu bebunyian.

Sumber foto : DCDC, djarumcoklat.com