Album Sentimentil Kantata Takwa

Super Group ini menjadi begitu fenomenal ketika muncul pada awal 90-an dengan formasi yang berisikan orang-orang hebat di dalamnya.

Mulai dari Setiawan Djodi yang pada saat itu dikenal sebagai pengusaha muda kaya raya pemilik banyak usaha, yang berkomitmen sebagai gitaris plus pemodal utama proyek ini. Kemudian pahlawan folk terbaik Asia Tenggara, Iwan Fals, yang menjadi vokalis utama sekaligus penggubah not, lalu Jockie Suryaprayogo, kibordis band God Bless yang memberikan kontribusi epik untuk berbagai aransemen lagu di album ini. Kemudian ada WS Rendra, sang Burung Merak yang bersyair ria di beberapa lagu, yang mana puisi-puisinya juga dijadikan materi lirik, dan seniman nyentrik sentimentil Sawung Jabo, sebagai penyumbang suara sekaligus pemain gendang saat Kantata Takwa tampil live.

Nama-nama di atas sengaja disebut pertama, karena mereka tampil di cover album. Lalu para kontributor lainnya ada nama-nama; Eet Sjahranie & Totok Tewel sebagai pengisi melodi, Budhy Haryono drum, Raidy Noor akustik gitar, dan Iwan S.H pada bas.

Album yang diberi judul sama dengan nama grupnya, Kantata Takwa, berisikan 10 materi jenial yang akan mengharu biru sepanjang kaset tersebut diputar. Mulai dari lagu “Kantata Takwa” yang sarat unsur religi, kemudian “Kesaksian” yang dramatis, “Orang-Orang Kalah” yang sungguh merepresentasikan keadaan Indonesia pada saat itu, “Paman Doblang” yang penuh kritikan, “Balada Pengangguran” yang berlirik miris, “Nocturno” yang pekat, “Gelisah” yang paranoid, “Rajawali” yang berapi-api, “Air Mata” yang berderu-deru, dan “Sang Petualang” yang lirih.

Ini album magis, dan lumayan memberi banyak makna terhadap perkembangan dunia sastra Indonesia melalui lirik-lirik pintar sekaligus satirnya. Selalu menarik untuk menyimak isinya yang tak pernah lekang dimakan usia, dan akan menjadi salah satu album paling edan maksimal untuk tetap membantu mewaraskan bangsa Indonesia. Menjerit-jerit, sensitif, peka, memekakan gendang telinga melalui cara-cara yang elegan dan merakyat.

Foto: kasetlalu.com