Album Legendaris Swervedriver : Mezcal Head

Merupakan album kedua dari unit Shoegaze Inggris yang urakan dan penuh bombardir senyawa mensana puritan, Swervedriver. Di mana saking kult nya, membuat album ini pantas berada di deret depan koleksi plat, compact disc, maupun kaset berharga Anda.

Ditenggarai oleh keinginan Adam Franklin (vokal, gitar) yang sungguh meledak dan menggebu-gebu untuk membuat sebuah album bagus dan berkualitas, terciptalah masterpiece “Mezcal Head” ini, yang mereka rilis pada tahun 1993, dengan bantuan Jimmy Hartridge (gitar), Jez Hindmarsh (drum), dan Steve George (bas).

Sebenarnya mereka ini hanya bukan sekedar membantu, sih, namun berhubung di internet informasinya menyebutkan bahwa Adam yang paling berkontribusi besar terhadap album ini, sementara yang lain-lain kontribusinya biasa-biasa saja, jadi bahasa dalam paragraf sebelumnya pun saya sederhanakan.

Kegirangan Adam Cs sungguh tercermin dalam nada-nada galau yang terpampang di lagu-lagu seperti ‘For Seeking Heat’, ‘Duel’, ‘Blowin Cool’, di mana dinamika nuansa silih berganti menjadi tulang punggung birama muatan lagu-lagu Swervedriver di dalam album ini. ‘Duel’ sih yang paling pecah. Merona merogoh sumsum saking enaknya gitaran, entakan drum, dan pompaan bas yang mereka eksekusi terhadap keseluruhan bagan lagu tersebut.

Lagu-lagu lainnya seperti ‘MM Abduction’, ‘Last Train to Satansville’, dan ‘Harry & Maggie’, seakan menjadi pintu koridor bagi insan shoegaze di manapun berada, yang mana lagu-lagu tersebut sukses dijadikan sebagai patron bagaimana mereka (band-band shoegaze hari ini) harus bernada dan bernyanyi shoegaze secara asyik dan benar, sesuai petunjuk sang sesepuh, Swervedriver.