Melancong ke Thailand Guna Menemukan Kuil Dari Botol Bir

Thailand adalah salah satu negara yang memiliki banyak kuil. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Negeri Gajah Putih menganut ajaran agama Buddha. Dan dari kumpulan kuil mempesona yang ada di sana, terdapat satu yang unik bernama Wat Pa Maha Chedi Kaew. Sebuah kuil yang tercipta dari botol bir.

Dari Indonesia, perjalanan menuju Thailand bisa ditempuh dalam waktu 2 jam 35 menit menggunakan pesawat dengan kecepatan 900 km/jam. Indonesia-Thailand sendiri memiliki jarak tempuh sebanyak 2.333 km.

Untuk sampai ke Wat Pa Maha Chedi Kaew, kita harus terlebih dahulu berada di distrik Khun Han di provinsi Sisaket, sekitar 600 kilometer arah timur laut dari kota Bangkok. Tepatnya di dekat perbatasan antara Thailand dan Kamboja.

Wat Pa Maha Chedi Kaew juga dikenal sebagai Wat Lan Kuad atau ‘Vihara dari Sejuta Botol’. Sejarahnya, para bhikkhu (baca: biksu) mulai mengumpulkan botol pada tahun 1984, yang pada awalnya untuk menghias tempat tinggal mereka dari sampah bekas botol minuman. Ternyata ini menarik perhatian orang-orang untuk menyumbangkan lebih banyak botol untuk didirikan bangunan lain semisal pagoda, ruang puja, hingga paviliun. Bahkan toilet pengunjung, menara air, dan ruangan lainnya semua dibuat dari botol bir. Dengan 1,5 juta lebih botol bir bekas, paviliun besar dibangun dalam dua tahun. Tutup botol juga dipergunakan sebagai mural.

Botol yang berwarna hijau biasanya berasal dari bir Heineken, sementara botol yang berwarna coklat adalah botol bekas bir lokal daerah bermerk Chang.

Di tahun 2015, kuil ini mendapatkan predikat ‘The Ten Leading Examples of Sustainable Architecture’ dari website When On Earth, sebuah situs yang merekomendasikan tempat-tempat yang layak dikunjungi di berbagai negara. Hal ini pula yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing saat berkunjung ke Thailand. Banyak yang datang karena penasaran dengan bentul kuil unik ini.

Hingga sekarang, warga setempat masih menyumbangkan botol bekas dan para biksu berniat untuk meneruskan program daur ulang mereka yang unik ini.