Space Perspective Janjikan Pengalaman Wisata Baru ke Luar Angkasa

Bila memilih tempat untuk berlibur, beberapa destinasi tentu menjadi pilihan terdepan. Sebut saja seperti pantai, pegunungan, ataupun perkotaan kerap menjadi opsi untuk melepas penat. Bila Anda bosan dengan pilihan diatas, mungkin Luar Angkasa bisa menjadi tujuan liburan. Sebuah startup bernama Space Perspective dikabarkan membuka jalur perjalanan menuju tepi ruang angkasa. Bila berminat, Anda harus menyiapkan kocek setidaknya hampir Rp 2 Miliar ‘saja’.

Berlibur ke luar angkasa kini tak lagi menjadi khayalan semata. Sebuah perusahaan rintisan (startup) bernama Space Perspective dikabarkan sedang mengembangkan sebuah balon udara khusus yang dapat membawa wisatawan untuk pergi ke luar angkasa. Balon udara yang dinamai Spaceship Neptune akan segera menjalani tes terbang perdananya pada awal tahun depan.

“Kami berkomitmen untuk mengubah cara manusia untuk mendapatkan akses ke luar angkasa. Baik untuk kepentingan studi ataupun untuk mencari tahu seberapa besar kita terhubung ke planet yang kita tempati ini.” ujar Jane Poynter selaku CEO dari Space Perspective dikutip dari space.com.

Balon Spaceship Neptune dikabarkan memiliki segudang kelengkapan yang dapat mengakomodasi seorang pilot dan delapan orang penumpang. Kendaraan tersebut menyediakan bangku penupang dengan banyak fitur, sebuah bar dan kamar mandi, serta sebuah jendela berukuran besar yang memungkinkan para penumpang untuk melihat pemandangan bumi yang berlawanan dengan gelapnya ruang angkasa.

Space Perspective is a startup that wants to balloon you toward ...
Ilustrasi pemandangan luar angkasa dari Space Perspective. Sumber: Business Insider

Balon tersebut diberitakan akan memulai penerbangannya dari fasilitas peluncuran di Kennedy Space Center (KSC) milik NASA di Florida, Amerika Serikat. Spaceship Neptune akan menempuh jalur penerbangan melalui Samudra Atlantik pada musim dingin dan ke barat menuju Teluk Meksiko pada musim panas. Kedua rute perjalanan tersebut mengacu pada perubahan musim yang mengakibatkan perbedaan arah angin.

Penerbangan Spaceship Neptune diperkirakan akan menempuh waktu selama dua jam untuk mencapai ketinggian 100.000 kaki (30.000 meter). Setelah sampai diketinggian tersebut, para wisatawan akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk melihat pemandangan di luar angkasa, dan kembali kembali ke bumi dengan durasi yang sama.

Sementara untuk wisatawan yang ingin mencicipi pengalaman melihat luar angkasa akan dikenakan biaya tiket yang cukup mahal. Dilansir dari space.com, tiket untuk menaiki Spaceship Neptune ditaksir mencapai US$ 125.000 atau setara Rp 1,8 Miliar. Kedepannya Space Perspective juga ingin meluncurkan balon raksasanya dari Cecil Spaceport di Florida dan berencana untuk mengembangkan fasilitias peluncuran tambahan di kawasan lain.

Jadi, apa Anda tertarik untuk pergi ke luar angkasa? Siapkan dulu ongkosnya ya!

Kredit foto: space.com