Sensasi Kuliner Malam Hari Kebayoran Baru

Jakarta Selatan tidak hanya terkenal oleh club-club youngster-nya, di sana juga memiliki beberapa andalan kuliner malam, alias tempat makan yang baru buka pada malam hari, dan memiliki loyalis dengan jumlah yang tidak main-main. Omset per malam masing-masing tempat dapat dipastikan melebihi standar pemasukan tempat kuliner lain. Datang saja langsung dan buktikan sendiri, kalau penggemar tempat-tempat kuliner malam Selatan Jakarta di bawah ini memang banyak.

Kebayoran Baru memiliki beberapa tempat makan legendaris yang sering dikunjungi clubbers saat mereka pulang clubbing, seperti Gulai Mayestik. Tempat ini buka jam 12 malam.

Letaknya kalau dari arah Blok M, sebelum Pasar Sepatu Taman Puring, ada di sebelah kanan. Rasa kuah gulai mereka gurih dan nikmat, lalu porsi dagingnya pun tidak main-main alias banyak.

Ada dua macam pilihan: Gulai Campur dan Gulai Daging. Bagi yang tidak takut kolesterol, silahkan coba Gulai Campur-nya yang dipenuhi dengan jeroan. Maknyus sekali jika Anda termasuk golongan pemakan segala, alias segala macam daging bisa Anda makan, karena Anda tidak memiliki pantangan.

Namun, untuk teman-teman yang mulai khawatir terhadap balada stroke, sebaiknya memesan Gulai daging. Rasanya juga enak, kok. Hanya kurang variatif saja saat masuk ke dalam perut.

Bergeser sedikit, kita akan bertemu Gulai Daul Gandaria, yang juga memiliki rasa sekelas Gulai Mayestik, hanya saja potongan daging serta jeroannya lebih besar serta tebal. Harganya pun lebih mahal. Namun mereka buka lebih awal, sekitar jam 7 malam, dan usai di subuh hari. Letaknya di sebelah pom bensin Gandaria. Atau kalau Anda ingat bekas Camden Beer House, nah, Gulai Gandaria berada persis di sebelah bekas bangunan Beer House legendaris tersebut.

Empat kilometer dari situ, kita akan menemukan Nasi Uduk depan Fedex, terletak persis di depan Gedung Fedex Jl. Raya Ciputat yang menuju ke arah Pondok Indah. Mereka mulai beroperasi pada pukul 12 malam. Anda bisa memesan nasi uduk, dengan lauk pauk seperti: Empal, Paru, Ayam Goreng, Perkedel, Tempe Goreng, Bala-Bala, dan Perkedel. Enak banget, sih. Ini pengalaman saya sendiri, yang cukup adiksi dengan nasi uduk ini.

Jika Anda bosan dengan makanan di atas, coba Pecel Pincuk Boma yang sedang jadi perbincangan hangat warga Jakarta Selatan, karena beberapa seleb kondang pernah mampir ke situ, dan membantu memviralkan kenikmatan pecel tersebut melalui Instagram maupun YouTube.

Letaknya di Jl. Raya Fatmawati. Kalau dari arah Lebak Bulus, posisinya setelah Lotte Mart, dan sebelum belokan Jl. Kramat Batu. Pokoknya tempat itu nampak stand out dari tempat-tempat makan pinggir jalan lainnya. Patokannya cukup melihat untaian ularan orang yang mengantri di sebuah tempat makan di pinggir jalan setelah Lotte Mart. Nah, sudah dapat dipastikan 100 persen, tempat tersebut adalah Pecel Pincuk Boma.

Menunya standar saja, sih. Nasi dikasih tempat pincuk daun pisang, lalu dibanjur bumbu kacang, dan ditaburi goreng larong teri. Anda juga bisa memilih lauknya, seperti: sate kulit sapi, sate jeroan ayam, sate ampela, tempe orek, dan bala-bala. Mereka buka jam setengah 7 malam, dan tutup sekitar jam 2 atau 3 pagi.

Selain itu ada lesehan Angel Fatmawati, terletak persis di samping Jl. Kebon Besar Fatmawati. Dulu, sebelum ada Pecel Pincuk Boma, tempat ini merupakan kuliner malam yang paling laris di Jl. Fatmawati. Namun, sejak kehadiran Pincuk Boma, pengunjung Lesehan Angel agak sedikit berkurang tapi tidak dalam jumlah yang drastis.

Mereka menawarkan menu seperti: Nasi Uduk, Pecel Ayam, Ati Ampela, Ikan Bakar, Pecel Lele. Standar warung Lele pinggir jalan, hanya memang rasanya lebih gurih saja dari yang lain, hingga mereka disemat sebagai salah satu lesehan uduk ter-enak di Jakarta selatan. Buka dari jam setengah tujuh malam dan tutup jam dua pagi.

Beberapa deretan nama lainnya ada Sate Sambas, Sate Panglima Polim, dan Nasi Kebuli Panglima Polim. Namun mereka tutup lebih awal dibanding nama-nama di atas barusan, sekitar jam 12 malam atau jam 1 pagi. Yuk, kelana kuliner malam hari di sekitaran Kebayoran Baru. Jika Anda masih single, siapa tahu bisa bertemu jodoh di salah satu tempat tersebut. Haha.