Usai Dilanda Covid-19, Rumah-Rumah di Italia Dijual Seharga 16.000 Rupiah

Seperti yang diketahui bersama pandemi Covid-19 telah mengganggu perekonomian di banyak negara. Italia sebagai salah satu negara yang terdampak cukup parah ikut merasakan akibatnya. Bahkan di sana terdapat kawasan yang menjual rumah dengan harga yang sangat miring, yakni sebesar 1 euro atau sekitar Rp 16.000. Ya, Anda tak salah baca. Rumah seharga 16 ribu rupiah.

Sebuah kawasan bernama Cinquefrondi, Italia yang terletak di provinsi Calabria mengklaim kawasannya sebagai “desa yang bebas Covid-19”. Klaim ini muncul karena menurut data yang dilansir otoritas setempat, desa tersebut memang tercatat sebagai kawasan yang memiliki angka infeksi covid-19 yang rendah di Italia. Klaim tersebut juga sebagai bagian dari upaya untuk menarik penduduk baru ke kawasan Calabria dengan menjual rumah seharga satu euro atau setara dengan 16 ribu rupiah.

Dikutip dari CNN, Cinquefrondi mengalami depopulasi penduduk karena penduduk generasi mudanya berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan. Walikota Cinquefrondi, Michele Conia menjadikan usaha untuk menarik penduduk baru ini sebagai sebuah operasi yang disebut “Operation Beauty”.

“Mencari pemilik baru untuk banyak rumah yang ditelantarkan adalah bagian terpenting dari operasi ini (Operation Beauty), untuk memulihkan bagian kota yang tak terurus sebelumnya,” ujar Conia dikutip dari CNN.

Sebelumnya Italia telah membuka perbatasan untuk para pendatang setelah mengalami penurunan kasus virus corona. Hal ini membuat penjualan rumah di negara itu kembali menggeliat. Cinquefrondi dengan operasinya menawarkan kesepakatan yang cukup berbeda untuk pembelian rumah.

Ketika di daerah lain rumah akan dijual dengan kesepakatan untuk pembayaran uang muka minimal sebesar 5.000 euro atau sekita 80 juta rupiah dan pembeli diharuskan untuk menyelesaikan renovasi selama tiga tahun. Bila tidak menyelesaikannya sesuai tenggat waktu, pembeli akan dikenakan denda yang cukup besar.

Sedangkan Cinquefrondi menawarkan keringanan yang lebih, di mana pemerintah setempat hanya membebani pembeli rumah dengan biaya asuransi sebesar 250 euro atau sekitar 4 juta rupiah. 

Lebih lanjut, untuk rumah yang dipasarkan seharga satu euro itu tersedia dalam ukuran yang tergolong kecil sekitar 40-50 meter persegi. Rumah-rumah tersebut terletak di kawasan bersejarah di Cinquefrondi yang kebanyakan memiliki balkon dengan pemandangan lumayan indah.

Jadi, dengan penawaran menarik tersebut apakah Anda tertarik untuk pindah di Cinquefrondi?