Tentang Mural Street Gallery di Solo yang Hanya Bisa Dilihat Pada Malam Hari

Indonesia memang terkenal dengan aneka destinasi wisata yang memukau. Setiap daerah memiliki keunggulan tersendiri yang memiliki daya tarik bagi para traveler. Salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata menarik adalah kota Solo. Kampung halaman Presiden Jokowi ini memiliki satu destinasi bernama Mural Street Gallery. Berisikan banyak gambar mural, nyatanya tempat ini memiliki keunikan yakni mural yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Kota Solo, Jawa Tengah selalu menarik hati para wisatawan untuk datang ke kota legendaris itu. Terkenal dengan para penduduknya yang ramah, Solo memiliki satu destinasi wisata yang sarat akan nilai seni berkelas. Tempat itu adalah Mural Street Gallery. Seperti namanya, destinasi tersebut memiliki beragam gambar mural yang memenuhi sisi Jalan Gatot Subroto, Solo. 

Yang menjadi daya tarik dari Mural Street Gallery di Solo ini adalah, galeri mural yang ada di sana hanya bisa dilihat secara keseluruhan di malam hari. Siang harinya Jalan Gatot Subroto adalah kawasan pertokoan yang selalu ramai dipadati pembeli. Namun bila toko-toko tersebut telah tutup, pemandangan di sana seketika berubah menjadi galeri seni yang dipenuhi gambar sarat artistik.

Layaknya galeri seni, Mural Street Gallery Solo dipenuhi oleh beragam bentuk gambar. Mural yang ada juga memiliki temanya sendiri. Dikutip dari detik.com, berbagai mural dengan tema perjuangan, budaya Jawa, hingga budaya kekinian seperti pop culture turut menghiasi kawasan Gatot Subroto.

Galeri Street Art Mural, Ikon Baru Wisata Solo | Sironline.id
Gambar Presiden Jokowi di Mural Street Gallery Solo. Sumber: sironline.id

Sebagian besar gambar mural terdapat di dinding atau pintu pertokoan. Bahkan ada mural yang berada di toko bertingkat dan gang-gang sempit. Beberapa sosok terkenal juga ikut digambarkan pada galeri seni tersebut. Nama-nama tenar seperti Presiden Joko Widodo, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, tokoh keagamaan Gus Mus, hingga artis legendaris macam Kurt Cobain dan Nike Ardila.

Mural Street Gallery Solo ini merupakan bagian dari program dari “Solo is Solo”, sebuah program dari Pemerintah Kota Solo untuk menghadirkan ikon atau destinasi wisata baru bagi masyarakat Solo. Gambar mural yang ada di galeri tersebut juga hasil kreasi dari para seniman-seniman asal Kota Solo. 

Kawasan tersebut juga kerap dikunjungi oleh warga yang mayoritas kalangan anak muda. Barisan mural cantik tersebut menjadi tempat yang ideal untuk berburu foto yang Instagramable. Mural Street Gallery Solo menjadi bukti nyata bahwa karya seniman jalanan bisa diterima dengan baik dan memiliki manfaat yang positif.

Kredit foto: Pinterest