Melihat Keindahan Maratua yang Dijuluki “Maldives” nya Indonesia

Indonesia tak kehabisan dalam destinasi tempat wisata. Setiap daerah di tanah air memiliki kawasan yang memiliki daya tarik dan keindahan yang memanjakan mata. Pariwisata Indonesia pun telah dikenal luas di luar negeri seperti Bali yang sering mendapatkan penghargaan Internasional. Ada pula kawasan Maratua yang mulai menarik perhatian para traveler. Pulau yang terletak di kepulauan Derawan, Kalimantan Timur itu dijuluki sebagai Maldives-nya Indonesia.

Kalimantan Timur memiliki pesona bahari yang menawan. Sudah terkenal dengan Kepulauan Derawan, disana juga menyimpan sebuah surga yang tersembunyi di Pulau Maratua. Pulau ini juga telah populer di kalangan wisatawan. Dilansir dari laman Wonderful Indonesia, banyak wisatawan dari China yang telah memesan penerbangan sewaan langsung ke Tarakan, Kalimantan Utara untuk menuju kawasan Pulau Maratua. 

Lantas apa yang ditawarkan oleh Pulau Maratua?

Mengutip dari laman Wonderful Indonesia, Pulau Maratua adalah pulau tropis besar yang mengelilingi laguna besar di satu bagian dan dibatasi oleh gugusan batu dan terumbu karang. Pulau yang berbentuk huruf “U” ini memiliki luas sekitar 384 meter persegi pantar berpasir putih dan dilengkapi dengan hutan bakau.

Pulau yang satu ini menyajikan hamparan laut biru yang menyatu dengan pasir putih yang sangat bersih. Tak hanya itu, Maratua juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang begitu luar biasa.

Keindahan Maratua didukung dengan jernihnya air laut dan masih terjaganya kebersihan di sepanjang garis pantai. Alam bawah lautnya juga masih memiliki terumbu karang yang masih asri. Pulau Maratua memiliki terumbu karang indah bertipe fringing reef. Keindahan ini ditambah dengan beragamnya jenis ikan yang ada. Hal ini membuat alam bawah laut Pulau Maratua menjadi surganya para penyelam.

Wisatawan yang datang kesana juga bisa menjajal pengalaman untuk berenang bersama ratusan ubur-ubur di pulau Maratua. Meski begitu para traveler tak perlu khawatir untuk tersengat oleh binatang tersebut karena ubur-ubur yang ada disana adalah jenis yang tidak menyengat, sehingga para wisatawan bisa berenang dengan aman dan nyaman. Pengalaman ini bisa ditemui di kawasan Pulau Kakaban yang berjarak 15-30 menit dari Maratua.

Lake Kakaban, a Unique Tourist Attraction in Indonesia ...
Berenang bersama ubur-ubur di Pulau Maratua. Sumber: indepedia.com

Bukan itu saja, Maratua juga menyajikan pemandangan senja yang indah. Suasana yang tenang dan ditemani deburan ombak yang menyapu saat air pasang di sore hari. Momen matahari terbit juga tak kalah indahnya karena menyajikan cahaya hingga yang begitu cantik. 

Untuk mencapai Maratua, para wisatawan telah dimudahkan dengan jalur penerbangan yang telah mencapai Tarakan apabila berangkat dari Jakarta. Opsi lain bisa melalui jalur laut dengan memulai perjalanan dari pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau. Bahkan saat ini telah tersedia penerbangan langsung ke Maratua dengan menaiki maskapai Garuda Indonesia dari kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Untuk segi akomodasi, Maratua telah memiliki banyak penginapan berupa resort dan cottage yang bisa menjadi pilihan para traveler. Mayoritas penginapan tersebut telah berstandar Internasional yang menjamin kenyamanan dan keamanan selama berlibur di Pulau Maratua.