Hotel Bertarif Rp 138 Juta Per Malam yang Tak Memiliki Toilet

Hotel biasanya menjadi opsi akomodasi yang nyaman untuk berlibur. Berbagai fasilitas pun kerap ditawarkan, mulai dari kamar yang nyaman dan dilengkapi beberapa perlengkapan, atau fasilitas penunjang lainnya macam telah menjadi standar. Namun apa jadinya bila sebuah hotel tak dilengkapi toilet untuk para pengunjungnya? Inilah yang ada di sebuah hotel di Jepang. Hotel bernama Nipponia Hotel Ozu Castle Town itu merupakan satu-satunya kastil di negeri sakura yang bisa dijadikan tempat menginap. Hal yang menarik lainnya, hotel ini dihargai seharga Rp 140 juta untuk sewa per malamnya.

Nipponia Hotel Ozu Castle Town menawarkan pengalaman yang berbeda untuk para pengunjungnya. Hotel tersebut memungkinkan pelancong untuk menikmati sensasi tinggal di kastil layaknya keluarga kerajaan.

Dilansir dari CNN, kastil yang terletak di Kota Ozu Prefektur Ehime itu merupakan satu-satunya kastil di Jepang yang dapat digunakan para wisatawan untuk menginap. Kastil Ozu diketahui dibangun pada tahun 1617, bangunan tersebut juga menjadi salah satu dari sedikit kastil kayu yang masih bertahan di negeri sakura.

Alih fungsi Kastil Ozu menjadi hotel awalnya menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya kota Ozu merupakan kawasan pedesaan yang mengalami penyusutan jumlah penduduk. Sejak 1950, kota tersebut terus mengalami penurunan penduduk dari yang awalnya 79.000 orang hingga menjadi 42.000 orang di tahun 2020. Maka pengalihan fungsi Kastil Ozu menjadi hotel semata untuk menjalani misi menghidupkan kawasan pertanian tersebut.

Pembukaan dan Fasilitas

Kastil Ozu mulai membuka gerbangnya bagi wisatawan pada bulan Juli lalu. Tempat ini memberikan kesempatan pada pengunjung untuk menjelajahi bangunan kastil secara pribadi setelah kunjungan umum ditutup pada jam 5 sore. Untuk tahun pertama pembukaannya, Kastil Ozu hanya memperbolehkan 30 kali kunjungan untuk menginap. Adapun maksimal tamu yang diizinkan untuk menginap hanya enam orang pada satu masa inap.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mendatangi kastil tersebut harus merogoh kocek yang luamayan dalam. Tarif yang dipatok untuk per malamnya adalah sekitar satu juta yen atau sekitar Rp 138 juta untuk dua orang. Atau tambahan biaya sekitar seratus ribu yen untuk setiap tamu tambahan.

Layaknya bagunan kastil, bangunan ini tidak dilengkapi toilet, AC, maupun minimarket seperti hotel pada umumnya. Namun Kastil Ozu memiliki sebuah bak mandi mewah dan sebuah lounge di salah satu sudut yang tersembunyi yang dikhususkan untuk tamu hotel.

NIPPONIA HOTEL Ozu Castle Town, Ōzu, Japan - Booking.com
Penampakan Bak Mandi di Nipponia Hotel Ozu Castle Town. Sumber: booking.com

Lebih lanjut, tamu yang mendatangi Kastil Ozu bisa memilih untuk mengenakan pakaian tradisional kimono atau pakaian tentara abad pertengahan. Para tamu juga akan disambut dengan suara terompet kerang, bendera yang dilambaikan, serta lemparan bubuk mesiu.

Setelah disambut dengan prosesi tersebut, para tamu akan disuguhi dengan pertunjukan kagura, sebuah tari tradisional yang terdaftar sebagai properti budaya rakyat yang tidak berwujud di Jepang.

Sementara untuk sajian makan malam, para tamu akan dijamu di salah satu menara di kompleks Kastil Ozu. Ketika menyantap makanan, para tamu akan menjalani sesi melihat bulan sambil meminum sake. Paginya setelah bermalam di kastil, para tamu akan menikmati sarapan di Garyu Sanso, sebuah vila tepi tebing bersejarah dengan kedai teh yang menghadap ke Sungai Hiji yang ikonik.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba hotel yang unik ini, traveler?

Kredit foto: VMG Hotels & Unique Venues