Lab Rana Untuk Tren Kamera Analog Yang Kembali Semarak

Kemajuan teknologi yang membuah beragam alat-alat termuthakir dengan ragam fitur yang diletakan pada satu benda nampaknya tidak selalu jadi daya tarik semua kalangan. Dalam ranah fotografi contohnya. Kembalinya tren kamera analog seolah membuktikan banyaknya orang yang lelah mengikuti arus kencang teknologi terbaru. Atau mungkin sebagian ingin kembali merasakan masa di mana setiap shutter yang ditekan begitu berharga. Untuk itu Labrana Kemang hadir, menawarkan jasa develop dan scan untuk para pengguna tustel dengan film negatifnya.

Hampir semua remaja hari ini tahu bagaimana teknik dasar mencipta frame-frame indah dari olah cahaya pada kamera digital. Olah cahaya yang lalu melahirkan foto-foto berbentuk digital yang rapih tertata dalam memori SD kameranya. Tidak ada batasan kuantitas dalam ekspolarasi kreatifnya di luar masalah sepele akan daya baterai dan sisa byte-byte kosong pada memori yang menancap pada badan kamera.

Mari mundur beberapa tahun ke belakang, ketika setiap shutter yang ditekan wajib dilandasi pertimbangan penuh. Ketika kreatifitas dibatasi oleh gulungan negatif dalam canister sepanjang 32 frame. Ketika tidak sengaja cahaya masuk menembus ruang film jadi masalah terfatal. Serta ketika semua keyakinan akurasi terang dihitung dari sensitivitas meteran cahaya rapuh yang tertanam pada badan kamera. Juga  sensasi berbeda ketika harus membelai tuas pengokang film tiap frame per framenya. Semua usaha yang tidak ditemukan lagi pada teknologi digital tersebut ada pada kamera analog yang pamornya kembali naik di dekade ini.

Film negatif harus diproses terlebih dahulu untuk bisa dilihat hasilnya. Lab (Rana) pun hadir untuk memenuhi kebutuhan Develop dan Scan tersebut. Berlokasi di dalam Aksara Kemang, Jalan Kemang Raya No.8A, Jakarta Selatan, Lab Rana tidak hanya menyediakan jasa cuci-scan. Tempat ini selain sebagai laboratorium juga jadi tempat berkumpul para penggiat hobi kamera analog untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Pengerjaan yang dilakukan Lab Rana juga terbilang cepat. Untuk cuci-scan film berwarna di Lab Rana hanya membutuhkan waktu 1 jam pengerjaan dan hasilnya bisa kirim melalui email. Selain itu Lab Rana juga menjual aneka film-film berwarna dan hitam putih dari ragam merk seperti Agfa, Fuji, Lomo, Kodak, Ilford, Fomapan dan lainnya.