Bosan di Rumah? Coba Jalan-Jalan dengan Google Arts & Culture

Pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk berdiam diri di rumah. Banyak aktivitas yang akhirnya harus tertunda, salah satunya adalah berwisata. Para traveler harus menahan hasratnya untuk melancong ke destinasi impiannya. Namun ada solusi yang bisa dicoba untuk melawan rasa bosan ketika tak bisa berpergian. Google telah menciptakan salah satu aplikasi yang bernama Google Art & Culture. Aplikasi tersebut memungkinkan para penggunanya untuk menjelajahi berbagai museum di belahan dunia secara online.

Google Arts & Culture sebenarnya bukan aplikasi baru yang dikeluarkan oleh Google. Aplikasi tersebut telah dirilis sejak tahun 2011 silam. Menurut laman resminya, Google Arts & Culture telah bekerja sama dengan lebih dari 2000 museum dan galeri diseluruh dunia.

Sesuai namanya, Google Arts & Culture memang dikhususkan bagi para pencinta seni dan budaya. Dengan aplikasi ini, Anda dimungkinkan untuk menyambangi tempat-tempat terkenal di dunia. Seperti Taj Mahal di India dan Patung Liberty di Amerika Serikat. Sedangkan di Indonesia, bangunan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta dan Agung Rai Museum of Art (ARMA) di Bali bisa Anda jumpai di Google Arts & Culture.

Untuk memulai perjalanan, Anda bisa memilih salah satu tempat yang anda inginkan. Misal Taj Mahal di India dan anda bisa mengeksplorasi seolah Anda berada disana. Bila anda sering menggunakan Google Maps maka tak akan asing dengan cara kerja dari Google Arts & Culture. Anda hanya perlu mengikuti tanda panah dan ketuk layar satu kali untuk berjalan maju, mundur, atau belok kanan maupun ke kiri.

Serupa dengan teknologi yang diterapkan pada Google Street View, dengan menggunakan Google Arts & Culture, Anda dapat menjelajahi seluk beluk museum atau tempat terkenal baik interior maupun eksteriornya.

Selain menjelajahi tempat terkenal di dunia, Google Arts & Culture juga menyediakan koleksi dari seniman ternama dunia. Layaknya pameran, Anda disuguhkan oleh karya-karya legendaris dari Vincent van Gogh, Leonardo da Vinci, dan seniman kenamaan lainnya.

Google Arts & Culture juga memiliki fitur yang dapat mencocokan foto selfie Anda dengan wajah yang ada di karya seni yang tersedia di aplikasi tersebut. Fitur unik ini bernama Art Selfie. Jadi itulah paket lengkap yang diberikan oleh Google Arts & Culture. Tak hanya jalan-jalan, anda pun bisa mengabadikan foto selfie saat tur virtual dengan fitur Art Selfie.

Aplikasi Google Arts & Culture dapat akses melalui laman resminya di artsandculture.google.com atau diunduh melalui Google Play dan Apple App Store.