Ketika Gordon Ramsay Terkesima dengan Cita Rasa Rendang Indonesia

Nama Gordon Ramsay tentu tak bisa luput dari pecinta kuliner di berbagai belahan dunia. Sosoknya telah masyhur sebagai celebrity chef dengan segudang prestasi dan pengalaman yang panjang di dunia kuliner. Tak terhitung sudah acara televisi yang dibintanginya dan meraih sukses besar. Kini ia pun kembali membintangi acara yang bertajuk “Uncharted”. Menariknya dalam salah satu episodenya, peraih 12 bintang Michelin itu berkunjung ke Indonesia dan mencoba memasak makanan terbaik dunia, Rendang.

Gordon Ramsay seketika menjadi pusat perhatian netizen Indonesia beberapa hari ini. Hal itu terjadi karena dirinya berkunjung ke Indonesia dalam lanjutan program “Gordon Ramsay: Uncharted”. Juri Masterchef US itu mendatangi Sumatera Barat untuk menelusuri sisi lain dari Rendang. Dalam episode itu, Ramsay juga ditantang untuk memasak Rendang oleh pakar kuliner Indonesia, Wiliam Wongso. Menariknya tantangan ini dinilai langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Dari situlah perjalanan Ramsay di Minangkabau dimulai. Setelah mendapatkan sambutan dengan upacara adat di Tanah Datar. Pria berusia 53 tahun itu menjelajahi beberapa tempat untuk mencari bahan makanan terbaik untuk memasak rendang. Ramsay mencari daging sapi, bumbu dapur, ikan, dan udang guna dijadikan menu yang disajikan untuk sang Gubernur.

Dalam perjalanannya, Ramsay dipandu beberapa orang yang mengantarnya untuk mengenai seluk beluk rendang. Salah satunya adalah Ade Putri Paramadita, seorang food storyteller. Bersama Ade, Gordon Ramsay diajak untuk mencicipi kudapan khas Sumatera Barat, Bika. Setelah itu Ramsay juga diajak untuk mencoba buah Durian. Namun sayangnya Ia tak sanggup memakan buah tersebut karena penampilan unik dan baunya yang begitu menyengat.

“Ini (Durian) terlihat seperti otak manusia,” ujar Ramsay saat melihat buah durian.

Tak sampai disitu saja, Ramsay sempat menjajal pacu jawi yang merupakan sejenis balapan sapi jantan khas Minang di sebuah sawah yang penuh lumpur. Ia pun sempat memancing ikan di laut dan mengeksplor sebuah goa yang penuh dengan kelelawar guna mencari menangkap udang segar.

Petualangan Ramsay juga dilengkapi dengan aksinya dalam membuat bumbu rendang di sebuah pasar. Ia pun sempat kesulitan menghaluskan berbagai bahan masakan dengan menggunakan ulekan.

Hingga sampailah momen dimana Ramsay memulai adu masaknya dengan William Wongso. Dalam proses memasak itu, Ramsay banyak mendapat masukan dari William tentang teknik memasak rendang yang tepat. Disana Ramsay memasak rendang versi dirinya dan Willam berlomba dengan versi tradisional.

Gordon Ramsay 'can't wait' to put beef 'rendang' on his ...
Gordon Ramsay memasak rendang bersama William Wongso. Sumber: The Jakarta Post

Meski dalam prosesnya sempat terkendala hujan, Ramsay berhasil menyajikan rendang untuk Gubernur Sumatera Barat. Melengkapi menunya, ia juga membuat sambal terung dan sajian penutup berupa yoghurt susu kerbau yang kerap disebu dadiah dengan dilengkapi ketan dan durian. Sajian yang diberikan Ramsey pun mendapat pujian dari Gubernur Sumatera Barat yang menyantap menu tersebut bersama keluarganya.

Setelah menyelesaikan tantangannya, Ramsay menyatakan jika dirinya merasa senang bisa menjelajahi Sumatera Barat dan memasak rendang. Menurutnya masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kompleks.

“Masakan Indonesia kadang sulit untuk di mengerti, dan mereka kadang tertutupi dengan keindahan alam yang begitu luar biasa. Tetatpi sebelum Anda datang kesini, Anda tidak mengerti bagaimana masing-masing kuliner tersebut. Saya tak menyangka jika rendang memiliki 200 jenis berbeda. Kami tak memiliki hidangan tersebut di Inggris, Kami memang memiliki hotpop Lancashire di utara, namun versinya tak sebanyak seperti halnya rendang,” ujar Ramsay dikutip dari The Jakarta Post.

Dalam kunjungan perdananya di Indonesia, Ramsay memiliki kesan mendalam tentang tanah air. Ia menggambarkan negara ini sebagai negara yang luar biasa dan sangat cantik meski ia menemukan beberapa fenomena yang sedikit gila.

“Saya sulit mencerna ketika saya melewati sebuah motor yang dinaiki oleh empat orang diatasnya dan tak ada orang satupun yang memakai helm. Bagaimanapun, Indonesia memiliki kultur yang luar biasa, sangat tradisional, sangat mandiri. Setiap orang mengerti bahwa ini bangsa yang terus bekerja dan tidak ada satupun yang terlalu dikomersialisasi, itu adalah hal yang luar biasa,” tambah Ramsay.

Kredit foto: YouTube Gordon Ramsay